Sponsors Link

10 Tips Menata Dapur Agar Lebih Rapi dan Nyaman Paling Mudah

Dapur menjadi salah satu bagian rumah yang sangat penting. Meskipun dapur biasanya terletak di bagian belakang tapi memiliki posisi terdepan seperti ruang tamu, khusus untuk penghuni rumah. Dapur biasanya sangat diperhatikan oleh ibu rumah tangga dimana dapur seperti kantor pribadinya. Ruangan dapur bisa digunakan untuk memasak, menyiapkan makanan dan dilengkapi dengan meja makan untuk makan bersama keluarga.

ads

Karena itu pertimbangan desain dapur memang tidak boleh diremehkan. Sejak awal membuat rencana pembangunan rumah maka dapur harus diperhitungkan. Ada beberapa elemen yang sangat penting seperti dalam feng shui rumah agar rejeki lancar. Kemudian penataan dapur harus sesuai dengan tujuan dan dibuat sangat efektif. Berikut ini adalah tips menata dapur agar lebih rapi dan nyaman paling mudah.

1. Pertimbangkan langkah di dapur

Sangat penting untuk mempertimbangkan langkah di dapur baik itu ketika Anda memasak atau mencari beberapa keperluan di dapur. Anda juga harus mempertimbangkan langkah ini untuk diri sendiri dan bagaimana jika ada orang lain di dapur. Intinya sama seperti ketika menentukan menata dapur kecil tanpa kitchen set. Jadi coba untuk memilih perabot yang mudah untuk menyimpan barang seperti bumbu dapur, peralatan makan dan benda lain yang biasanya ada di dapur.

2. Bentuk dapur dan meja dapur

Kemudian pertimbangan lain adalah dengan memilih bentuk dan meja dapur yang harus sesuai. Setidaknya luas jalan antara meja dan bentuk dapur sendiri bisa digunakan untuk dua orang yang bersimpangan. Kemudian Anda bisa menentukan desain meja dapur dengan bentuk L, I atau bentuk yang lain. Pertimbangan yang sangat penting untuk menentukan masalah ini adalah ukuran dapur. Karena pasti ukuran dapur yang luas dan sempit pasti juga berbeda. Jadi jangan sampai ruangan dapur sia-sia saja.

3. Tema dapur

Anda juga harus menentukan tema dapur yang bisa digunakan untuk semua penghuni rumah. Misalnya dapur yang bisa dimasuki anak-anak dan cukup aman juga untuk orang lanjut usia. Anda harus mengatur tinggi meja kompor, tinggi kitchen set, tinggi wastafel dan tata letak perabot yang lain. Dengan cara ini dapur Anda jadi lebih aman dan mudah diakses oleh semua penghuni rumah. Pikirkan juga tentang cara menata perabot rumah.

4. Perhitungkan jarak antar perabot

Tata letak perabot dalam dapur memang harus diperhitungkan dengan baik. Jangan sampai perabot ketika dibuka atau digunakan saling bertabrakan. Aturan ini juga sesuai dengan tata letak pintu dapur yang tidak boleh dihalangi oleh perabot. Misalnya ketika Anda mau meletakkan kulkas maka lihat apakah arah buka pintu kulkas sudah sesuai dengan tata letak atau belum. Kemudian pertimbangkan juga kondisi pintu lemari yang digunakan untuk menyimpan beberapa peralatan. Dengan memperhitungkan semua ini maka dapur akan terlihat rapi meskipun ada di  rumah minimalis sederhana.

5. Arah cahaya

Tidak hanya ruangan lain di rumah yang harus memiliki arah cahaya yang baik dan tepat. Dapur juga harus memiliki arah cahaya yang baik agar rumah terlihat bersih. Cahaya bisa dipertimbangkan dari dua arah yaitu cahaya ketika malam hari dan cahaya ketika siang hari. Jika untuk malam hari maka cahaya harus didapatkan dari lampu. Karena itu pertimbangkan dengan tata letak lampu. Lampu harus cukup terang dan bisa membuat proses memasak lebih lancar. Karena itu letak lampu biasanya menerangi area kompor dan juga meja makan. Kemudian saat siang hari maka Anda bisa mengandalkan cahaya dari jendela atau ventilasi. Dengan langkah ini Anda sudah mempertimbangkan ciri-ciri rumah sehat.

6. Kitchen Set

Sebuah dapur tentu akan jadi lebih rapi jika dilengkapi dengan kitchen set. Mungkin Anda berpikir bahwa kitchen set bisa digunakan untuk menyimpan semua perlengkapan dapur sehingga dapur lebih rapi. Tapi dalam memilih atau merancang kitchen set memang tidak bisa begitu. Anda harus mengukut area untuk menempatkan perabot ini. Kemudian pastikan Anda juga memilih tema dapur sehingga perabotan lebih sesuai. Perabot ini sebaiknya juga mudah diakses dan digunakan sesuai dengan keperluan.

7. Perabot tambahan

Jika kita berbicara mengenai dapur maka pasti ada banyak peralatan makan di ruangan ini. Misalnya saja berbagai macam jenis sendok, pisau, garpu dan juga sumpit. Kemudian ada juga piring dan gelas. Dengan begitu maka Anda harus mempertimbangkan agar peralatan ini bisa memiliki tata letak yang sesuai dan tidak berantakan. Jadi tambahkan lagi beberapa perabot untuk menyimpan semua alat ini.


8. Tata letak perabot

Tata letak perabot bisa memberi kesan dapur menjadi lebih luas atau lebih sempit. Kondisi ini yang bisa menyebabkan Anda harus menentukan desain tata letak perabot sejak awal. Jika Anda memiliki ukuran dapur yang cukup sempit maka cobalah untuk meletakkan perabot bertumpuk. Misalnya dengan menggunakan lemari bertumpuk yang memiliki celah. Jadi Anda bisa meletakkan kulkas mini, microwave, atau perlengkapan lain tanpa harus membutuhkan ruang banyak.

9. Pertimbangkan tema dan warna dapur

Mempertimbangkan tema dan warna dapur memang sangat penting karena itu langkah ini dilakukan sejak awal. Anda harus mencoba memilih tema dapur dulu. Apakah Anda ingin dapur dengan kesan mewah, sederhana, minimalis, kuno atau tema yang lain. Kemudian dari langkah ini maka bisa mempertimbangkan warna untuk lantai, dinding, wastafel, dan perabot di dapur. Dengan cara ini maka Anda bisa membuat dapur yang kecil lebih nyaman.

10. Manajemen dapur

Jika Anda memiliki dapur hanya untuk keperluan di rumah sendiri maka penting untuk menjaga tata letak dan kerapian dapur. Untuk itu Anda bisa menerapkan sistem untuk menjaga kebersihan dan kerapian dapur, yaitu dengan langkah dibawah ini:

  • Pastikan wastafel selalu bersih, tidak ada cucian perlengkapan dapur kotor yang menumpuk, dan segera cuci semua perlengkapan setelah digunakan .
  • Membersihkan dapur sambil mengerjakan pekerjaan dapur yang lain, misalnya saat menunggu sayuran yang dimasak matang.
  • Pastikan dapur memiliki alat pembersih yang dibutuhkan dan bisa membersihkan dapur sesuai dengan keperluan.
  • Kembalikan semua perlengkapan dapur sesuai letaknya sehingga dapur selalu terlihat rapi dan indah.

Itulah semua tips menata dapur agar lebih rapi dan nyaman paling mudah. Dengan mengikuti langkah tersebut maka dapur menjadi sangat menarik dan selalu nyaman untuk digunakan.

, ,



Oleh :
Kategori : Dapur