Sponsors Link

10 Jenis Tanaman Bonsai pada Hunian

jenis tanaman bonsaiSalah satu cara menyulap rumah biasa menjadi mewah adalah dengan menggunakan elemen tanaman dan natural. Selain dengan menghias taman berbagai jenis-jenis rumah tinggal menggunakan jenis rumput taman serta berbagai jenis bunga untuk taman, unsur hijau ini juga dapat dihadirkan di dalam rumah. Salah satunya melalui bonsai. Bonsai merupakan salah satu tanaman yang bagian batangnya sengaja dibentuk hingga menghasilkan sudut yang simetris. Kerajinan tanaman ini sangat populer di Jepang, namun semakin marak di Indonesia. Terdapat beberapa jenis tanaman bonsai yang dapat digunakan. Namun sebelum itu, tanaman tersebut haruslah memenuhi beberapa syarat berikut ini:

  • Merupakan tanaman berkeping dua atau dikotil, yang memiliki tekstur kayu keras serta mengandung kambium.
  • Memiliki jangka umur yang panjang.
  • Dapat tahan hidup dengan kondisi pot yang kecil serta mendapatkan asupan nutrisi sedikit.
  • Dapat dibentuk dengan indah secara alami.
  • Dapat melakukan perlakukan khusus seperti dipahat dan sebagainya.

Dari beberapa kriteria diatas, terdapat sejumlah tanaman yang memenuhi kriteria tersebut. Berikut ini adalah beberapa jenis tanaman bonsai yang dapat digunakan di dalam rumah, yakni:

  1. Bonsai cemara udang

Casuarina equisetifolla atau yang lebih dikenal dengan istilah cemara udang, merupakan salah satu jenis bonsai terbaik yang sering dipamerkan dan memenangkan kejuaraan dalam pameran bonsai. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa jenis bonsai ini termasuk bonsai terbaik serta banyak diincar oleh banyak orang. Mengapa demikian? Karakteristik bonsai cemara udang yang besar serta melekuk-lekuk serta tekstur kayu yang keras sangatlah indah ketika diukir menjadi tanaman bonsai.

  1. Bonsai pinus

Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik di daerah dataran tinggi, yang dikatakan dapat mencapat hingga 250-2000 mdpl. Pinus merupakan salah satu jenis tanaman yang dapat ditemukan di alam luas. Pinus memiliki tekstur batang yang cukup keras serta ramping, dilengkapi dengan getah. Meski tingginya yang dapat mencapai 20-40 meter, pohon ini gemar digunakan sebagai tanaman bonsai di dalam rumah. Ciri khas daunnya yang berbentuk dedaunan hijau cerah, yang diselimuti oleh sisik tipis akan semakin mempercantik tampilan bonsai Anda.

  1. Bonsai bougenville

Tanaman bougenville yang juga akrab dengan sebutan bunga kertas ini merupakan salah satu jenis tanaman bonsai yang dapat Anda gunakan. Pada bagian batangnya, terdapat banyak duri yang runcing serta tajam. Meski demikian, bougenville tetap dapat hidup di daratan rendah meski kekurangan air. Pada penggunaan tanaman bonsai, ciri khas yang seringkali ditampilkan adalah keindahan bunganya.

  1. Bonsai boxus atau buxus

Tanaman lain yang dapat dimanfaatkan sebagai tanaman bonsai adalah tanaman boxus, dengan karakteristik batang yang mungil serta memiliki warna yang hijau. Pertumbuhan tanaman ini terbilang lambat, meski demikian umur tanamannya sangat panjang. Tekstur batang tanaman boxus sangat keras dan padat. Tanaman ini juga memiliki akar yang kokoh, yang menjadikannya alasan sebagai tanaman bonsai yang unik.

  1. Bonsai kemuning

Murraya panniculata atau yang dikenal dengan tumbuhan kemuning ini merupakan tanaman dengan ciri khas bunga-bunga kecil dan aroma sedap yang ditimbulkan. Jenis tanaman ini biasanya digunakan sebagai penghias pagar tanaman atau dapat juga diletakan di dalam pot bunga beton. Cara membuat pot bunga beton sendiri juga mudah, lho! Tanaman kemuning juga dapat berubah menjadi ukuran buah bulat kecil yang memiliki warna hijau ketika muda, namun akan berubah menjadi merah ketika tua.

  1. Bonsai jeruk

Beberapa jenis tanaman jeruk ternyata dapat pula dimanfaatkan sebagai tanaman bonsai. Diantara jenis ini adalah jeruk keprok (Citrus nobilis), jeruk bali (Citrus maxima) serta jeruk kingkit (Tripashia trifolia). Agar tampilan bonsai jeruk Anda terlihat lebih menawan, pilihlah jenis tanaman yang berbentuk pohon, bukan perdu maupun semak.

  1. Bonsai adenium

Tanaman adenium atau yang akrab dikenal dengan sebutan kamboja jepang ini memiliki akan dan bongol yang besar. Selain itu, tanaman ini juga memiliki daya tahan hidup yang tinggi, sehingga menjadikannya cocok sebagai tanaman bonsai. Terlebih lagi, adenium memiliki bunga berwarna-warna yang akan mempercantik tampilan bonsai Anda ketika tumbuh.

  1. Bonsai beringin

Bonsai beringin sepertinya sudah cukup akrab di dengar. Ya, tanaman Ficus benjamina ini memiliki beberapa keunggulan yang cocok digunakan sebagai tanaman bonsai. Salah saunya adalah tanaman ini sangat rimbun, serta bagian akarnya dapat dibentuk menjadi beberapa gaya. Anda dapat membaca cara menanam bonsai beringin untuk detailnya.

  1. Bonsai asam

Tidak hanya dapat tanam sebagai pohon besar, nyatanya tanaman asam juga dapat diubah menjadi bonsai mini. Ciri khas dari tanaman ini adalah batangnya yang berwarna cokelat kehitaman, dengan bentuk daun menyirip serta berjumlah genap.

  1. Bonsai kupa landak

Termasuk ke dalam tanaman dikotil, bonsai kupa landak juga dikenal dengan nama rukam. Tanaman ini memiliki batang kayu yang tegak, bulat dan terdapat duri-duri kecil. Selain itu, batangnya juga berwarna putih kusam.

Demikianlah beberapa jenis tanaman bonsai yang dapat Anda gunakan serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Taman