Sponsors Link

9 Tanaman Hias Merambat untuk Kanopi

tanaman rambat kanopi

ads

Menjadi berbagai jenis-jenis rumah tinggal terlihat asri dan rimbun dapat dilakukan dengan berbagai cara lho! Salah satunya adalah dengan menanam berbagai jenis bunga untuk taman. Namun tidak hanya bunga yang menapak di tanah, tren tanaman rambat sebagai tanaman hias kini mulai menyerebak. Salah satunya adalah berbagai jenis tanaman rambat untuk atap yang dibisa dimanfaatkan dan disesuaikan dengan jenis-jenis atap rumah. Namun tidak hanya itu saja! Tanaman rambat juga dapat digunakan untuk menghias berbagai jenis-jenis kanopi rumah. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa daftar tanaman hias merambat untuk kanopi yang dapat digunakan di rumah Anda. Simak!

  1. Melati Irian

Tanaman Melati Irian memiliki dua versi warna bunga yang berbeda. Ada yang berwarna oranye kemerah-merahan serta terdapat juga yang berwarna biru. Dinamakan Melati Irian sebab bunga ini memiliki untaian yang cukup besar serta menggeromboi indah. Tanaman Melati Irian tergolong ke dalam jenis langka sehingga harganya terbilang cukup mahal. Namun proses pertumbuhannya termasuk cepat serta proses perawatannya pun mudah dan sederhana.

  1. Wisteria

Seperti tanaman Melati Irian, jenis tanaman Wisteria juga tergolong ke dalam tanaman langka. Sebab tanaman ini sangat sulit dikembang biakkan sehingga jarang beredar di pasaran. Oleh karena itu tidak heran jika harga jualnya sangatlah mahal. Tanaman Wisteria tergolong kepada tanaman subtropis sehingga untuk di tanam di negara seperti Indonesia akan menjadi cukup sulit. Jika dirawat dengan baik, tanaman ini dikatakan dapat tumbuh sepanjang 20 meter.

  1. Air Mata Pengantin

Air Mata Pengantin merupakan salah satu tanaman hias merambat untuk kanopi yang memiliki daun bercabang serta sistem perakaran umbi. Daunnya nampak tersusun bergantian serta bunga tanaman dapat keluar melalui bagian ujung batangnya. Warna bunga yang dihasilkan biasanya berupa pink ataupun keungunan. Namun terkadang bisa juga berwarna kekuningan ataupun putih. Selain indah dan menarik ketika digunakan, tanaman Air Mata Pengantin juga dipercaya ampuh untuk menyembuhkan beberapa penyakit seperti batuk dan juga diabetes.

  1. Petrea

Tanaman Petrea juga termasuk ke dalam jenis yang patut dipertimbangkan sebagai tanaman hias merambat untuk kanopi. Memiliki bunga yang lebat serta merata keseluruh bagian batang menjadikannya sebagai salah satu alasan mengapa Petrea wajib ada di rumah Anda. Selain itu tanaman ini juga hadir dalam dua versi warna, yakni warna ungu dan warna putih sehingga dapat disesuaikan dengan selera. Meskipun tanaman ini bersalah dari Amerika Latin, namun Petrea juga dapat tumbuh subur di iklim Negara Indonesia.

Sponsors Link

  1. Mandevilla

Tanaman Mandivella juga dapat digunakan sebagai salah satu alternative tanaman. Namun pertumbuhan jenis tanaman ini termasuk liar karena agak sulit untuk mengikuti sulurnya. Untuk memastikan tanaman Mandevilla tetap mengikuti bentukan pergola, langkah yang perlu dilakukan adalah menahannya dengan menggunakan tali raffia. Mandevilla sangat karena memiliki banyak warna berupa warna merah, merah muda, putih, kuning dan masih banyak lagi. Selain itu tanaman ini juga sangat cocok tumbuh di iklim tropis. Jika Anda menanam Mandevilla di rumah, Anda tidak perlu mengkhawatirkan soal hama dan penyakit karena ternyata tanaman ini sangat kebal akan keduanya.

  1. Morning Glory

Morning Glory merupakan salah satu tanaman yang dapat tumbuh dengan baik pada berbagai iklim. Baik iklim tropis, subtropis, panas, dingin dan sebagainya, tanaman Morning Glory dapat tetap tumbuh. Pada negara-negera Eropa, jenis tanaman ini justru lebih banyak digunakan sebagai tanaman vertical garden. Jika Anda tertarik untuk membuat vertical garden, Anda dapat membaca cara membuat vertical garden dari paralon.

  1. Dollar Rambat

Dollar Rambat merupakan salah satu tanaman hias yang rambat yang populer di Indonesia sebab memiliki warna hijau sejuk yang khas. Tanaman ini juga bisa dirambatkan pada bagian dinding rumah, supaya dinding lebih terlindung dan tampak lebih asri serta sejuk. Namun tanaman Dollar Rambat tidak memiliki bunga sama sekali, hanya berupa daun saja. Pada saat masa pertumbuhan, Anda perlu memperhatikan dengan seksama sebab tanaman ini memiliki akar yang sangat kuat sehingga dapat bersifat merusak jika tidak dirawat dengan benar.

Sponsors Link

  1. Alamanda

Alamanda atau yang bisa juga dikenal dengan naman Allamanda Cathartica ini disebut juga dengan bunga terompet emas. Bunga yang berasal dari negara Amerika Tengah dan Selatan ini memiliki bentuk bunga yang indah dan menarik. Sehingga tak jarang tanaman Alamanda sering digunakan sebagai tanaman hias merambat untuk kanopi.

  1. Thunbergia

Ciri khas dari tanaman ini adalah memiliki bunga yang sangat menawan. Salah satu spesies dari bungan ini adalah Thunbergia Grandiflora yang memiliki warna ungu menawan yang sangat indah. Tidak hanya digunakan untuk kanopi atau pun pergola, tanaman ini juga biasa digunakan pada pagar rumah.

Demikianlah beberapa tanaman hias merambat untuk kanopi yang dapat Anda gunakan. Selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Atap