Sponsors Link

Mengintip 10 Tanaman Rambat untuk Atap

tanaman rambat atapMenata rumah agar terlihat lebih indah tidak hanya dengan menggunakan permainan material fasade bangunan atau dengan warna cat rumah elegan. Cara ini memang marak digunakan, namun menerapkan konsep yang sama berulang kali tentu bukanlah hal yang menarik bukan? Karena untuk menghias rumah Anda, teradapat banyak alternatif yang dapat dituju. Salah satunya adalah dengan bermain dengan atap rumah Anda. Bagaimana caranya? Yakni dengan menambahkan tanaman rambat tidak hanya pada berbagai jenis-jenis atap rumah namun juga pada berbagai jenis-jenis kanopi rumah.

ads

Tanaman rambat biasanya digunakan sebagai penghias cara membuat pagar tanaman. Padahal tanaman rambat juga dapat dimanfaatkan untuk menghias atap dan kanopi rumah Anda. Tenang saja, terobosan desain ini tidak akan membuat rumah Anda ketinggalan zaman! Ada beberapa jenis tanaman rambat untuk atap yang dapat Anda gunakan. Berikut ini adalah daftarnya, simak!

  1. Tanaman Mandevilla

Mandevilla atau Mandevilla Sanderi merupakan jenis tanaman yang jika dilihat sekilas menyerupai tanaman Alamanda. Tanaman ini dapat merambat sepanjang 3 meter bahkan lebih. Ciri khas tanaman ini adalah memiliki daun yang tebal dan kuat, selain itu Madevilla juga dapat berbunga indah dengan bentuk yang menyerupai terompet. Warna bunga yang dimiliki dapat berupa merah muda, merah tua serta putih. Mandevilla dapat tumbut menyandar pada media rambatan jika Anda ingin menerapkannya selain pada atap atau pun kanopi. Anda dapat membaca cara membuat media rambatan tanaman.

  1. Tanaman Jade Vine

Tanaman yang dikenal dengan nama latin Strongylodon Macrobotrys ini merupakan tanaman rambat dengan bunga yang panjang bergelantungan berwarna hijau kebiruan. Gayanya yang khas sangat menyita perhatian karena memiliki daya tarik sendiri. Jade Vine bahkan dikatakan mampu merambat hingga 20 meter dengan batanya yang berkayu serta liat.

  1. Tanaman Flame Vine

Bunga ini sangat mencolok sehingga dari jarak pandang jauh Anda dapat mengetahui kalau itu adalah Flame Vine. Flame Vine atau Pyrostegia Venusta ini merupakan tanaman rambat yang memiliki jangka waktu pertumbuhan sangat pesat. Bentuk bunga yang seperti terompet ini tersedia dalam warna oranye atau merah tua.

  1. Tanaman Passion Flower

Tanaman dengan bunga merah berah membentuk bintang dengan diameter 7-19 cm ini dikenal dengan nama lain yakni Marisa Lokal. Dalam bahasa latin, tanaman Passion Flower dikenal dengan nama Passiflora Vitifolia. Jenis tanaman ini memiliki daun yang lebar serta besar yang sangat cocok digunakan sebagai tanaman rambat untuk atap.

  1. Tanaman Bignonia

Tanaman merambat dengan nama latin Bignoniaceae ini memiliki aroma harum khas yang dihasilkan oleh bunga. Bentuk bunga yang menyerupai terompet serta bagian tengahnya bergaris sampai ke dasar merupakan ciri khas dari tanaman bignonia. Tanaman ini juga memiliki daun tebal yang cantik serta mengkilap dengan bentuknya yang oval.

Sponsors Link

  1. Tanaman Dipladenia

Jenis tanaman rambat ini masih masuk ke dalam satu famili yang sama dengan Mandevilla. Nama lain dari Dipladenia juga dikenal dengan Mandevilla Red Riding Hood, dimana yang menjadi pembeda dari tanaman ini adalah bentuknya yang lebih kecil. bunga yang tumbuh dari tanaman ini sangatlah indah dan segar, sekilas bunga ini menyerupai bunga adenium. Tanaman berwarna merah ini sangat cocok diletakkan di tempat dengan intesitas sinar matahari yang cukup.

  1. Tanaman Morning Glory

Tanaman dengan ciri khas tidak berbatang ini memiliki bobot yang sangat ringan dan simple. Yang menjadi keunggulan dari tanaman ini adalah jika bunga diletakan pada area yang banyak terkena sinar matahari, maka warna kelopak bunga akan berubah menjadi ungu. Sedangkan jika Morning Glory diletakan pada area yang jarang terkena sinar matahari maka warnanya akan berubah menjadi biru. Selain itu perawatannya pun mudah, hanya melalui pemupukan serta penyiraman secara rutin.

  1. Tanaman Air Terjun Pengantin

Tanaman air terjun pengantin sangat direkomendasikan karena perawatannya yang sangat mudah dan sederhana. Selain itu, jenis tanaman ini sangat mudah ditemukan di Indonesia. Air terjun pengantin memiliki mahkota bunga yang terbagi menjadi warna merah muda dan putih masing masing lima lembar.

Sponsors Link

  1. Tanaman Hedera

Tanaman dengan daun berwarna hijau ini memiliki tampilan yang sangat menarik. Karena warna daun dapat mengkilap serta terkadang ada yang bercorak warna putih. Umumnya Hedera digunakan sebagai tanaman gantung yang diletakan pada dinding rumah. Namun hedera juga dapat dimanfaatkan sebagai tanaman rambat untuk atap dan kanopi.

  1. Tanaman Alamanda

Keunggulan dari tanaman ini adalah dapat berbunga sepanjang waktu. Selain itu bunganya juga dapat berkembang mekar dengan warna kuning yang indah dan cantik. Alamanda akan tumbuh dengan baik jika mendapatkan udara serta sinar matahari secara langsung. Oleh karena itu, tanaman jenis ini sering kali digunakan sebagai penghias atap.

Demikianlah beberapa jenis tanaman rambat untuk atap yang dapat Anda gunakan. Selamat mencoba!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Atap