Sponsors Link

16 Model Teras Rumah Minimalis dan Elegan

Setiap rumah yang dibangun dengan model yang menarik pasti akan membuat penghuni rumah lebih nyaman lagi. Pada dasarnya rumah di Indonesia memiliki bentuk dasar seperti teras, ruang tamu, ruang keluarga, ruang tidur, kamar mandi dan dapur. Semua ketersediaan ruangan dan jumlahnya sangat tergantung dengan luas rumah dan anggaran yang tersedia. Kemudian juga berhubungan dengan jenis rumah itu sendiri misalnya rumah yang dirancang dan dibangun sendiri atau model perumahan.

ads

Apapun jenis atau model rumah yang dibuat maka salah satu bagian penting rumah yang tidak boleh terlewat adalah bagian teras. Semua jenis-jenis rumah tinggal sebaiknya memiliki bagian teras yang berfungsi untuk area kecil diluar rumah yang nyaman. Ada banyak hal yang bisa dilakukan di teras seperti menerima tamu sambil bersantai di luar rumah, tempat menunggu dan bahkan menikmati cuaca yang sejuk. Karena itu bentuk teras memang sangat penting untuk dipertimbangkan. Berikut ini kami berikan beberapa model teras rumah minimalis dan elegan.

1. Teras minimalis sangat sederhana

Jika Anda memiliki rumah dengan model perumahan bertipe kecil maka jangan lupa untuk tetap melakukan cara membuat teras rumah sederhana. Model teras ini memang memiliki ukuran yang sangat kecil dan kira-kira hanya bisa menyediakan dua kursi dan satu meja santai kecil saja. Teras tetap dilindungi oleh atap kecil yang sederhana. Agar memberi kesan yang lebih luas maka teras tidak perlu diberi tiang penyangga. Kemudian berikan hiasan sederhana pada tembok di teras seperti tanaman hias gantung atau menempel di tembok dekat pintu utama.

2. Teras minimalis mewah dan elegan

Meskipun Anda memiliki ukuran teras yang tidak terlalu luas, namun Anda tetap bisa memilih konsep mewah dan elegan. Caranya adalah membuat ruangan teras tidak memiliki tembok yang menyatu dengan ruangan yang lain. Teras benar-benar ada di depan pintu utama. Kemudian tempatkan sofa yang konsep mewah sehingga berkesan sangat elegan. Akan lebih baik lagi jika jalan menuju teras dilengkapi dengan dua atau tiga anak tangga. Lalu pasang lampu dinding di kedua sisi tiang penyangga utama. Pasti teras seperti ini akan tampak sangat nyaman.

3. Teras konsep batu alam

Jika Anda melihat beberapa desain rumah minimalis maka sebenarnya masih bisa diberi sentuhan yang agak mewah. Salah satunya adalah dengan memasang batu alam pada dinding atau lantai atau taman di sekitar rumah. Konsep ini juga bisa diterapkan di bagian teras, dimana semua dinding di bagian dekat pintu utama diberi batu alam. Kemudian batu alam juga dipasang pada tiang penyangga utama. Agar memberi kesan yang lebih mewah lagi maka pasang lampu redup di kedua sisi tiang. Juga tambahkan anak tangga menuju teras dan pasang beberapa kursi dan meja kopi dengan warna yang lebih gelap.

4. Teras dinding kaca

Sebenarnya untuk merancang teras maka Anda juga bisa menantang desain yang sudah sering digunakan. Salah satunya adalah membuat teras di dalam ruang kaca yang ada di bagian depan rumah. Sepenuhnya bagian teras dari empat sisi dikelilingi oleh kaca.

Kemudian satu pintu besar diletakkan di dinding kaca utama dimana pintu ini selalu terbuka. Lengkapi bagian sekitar teras dengan tanaman dalam pot, dan tempatkan sofa nyaman di dalam teras.

5. Teras super minimalis

Pada dasarnya membangun sebuah teras juga bisa mengikuti macam-macam konsep bangunan. Karena bagian teras termasuk bagian utama yang tidak selalu digunakan maka Anda bisa membuat teras dengan konsep yang super minimalis. Artinya teras dibuat dengan sangat sederhana hanya memanfaatkan ruang sisa di depan pintu utama.

Anda bisa memasang konsep dinding hiasan di bagian teras untuk menutupi sedikit bagian depan rumah. Kemudian tambahkan dua anak tangga menuju teras sehingga ruangan tampak sangat nyaman.

6. Teras lorong batu alam

Sebenarnya membuat teras rumah tidak hanya bagian yang langsung terlihat dari luar rumah. Anda bisa memadukan sebuah konsep teras tersembunyi. Teras berada di bagian lorong rumah menuju pintu utama. Ini juga bisa mengalahkan konsep pintu utama yang tersembunyi.

Untuk memberi kemudahan pada tamu maka jalan setapak menuju teras harus jelas. Selanjutnya dinding di bagian teras bisa dipasangi batu alam atau dinding biasa. Dan lengkapi teras dengan kursi agar tamu Anda bisa menunggu sebelum Anda membuka pintu.


7. Teras minimalis gaya rustic

Teras minimalis dengan gaya rustic sangat sesuai untuk rumah yang ada di perkotaan. Teras ini menggunakan kayu sebagai tiang penyangga utama dan juga atap. Karena itu harus memilih bahan kayi dari jenis kayu yang tidak dimakan rayap. Teras yang sederhana ini sangat sesuai untuk rumah dengan dinding kayu atau batu alam. Kemudian tempatkan dua sofa yang saling berhadapan dan meja kopi dari kayu dengan ukuran yang kecil. Pasangi lampu redup malam untuk setiap sudut tiang yang sama. Tentu saja model teras ini sangat cocok untuk bersantai saat lelah.

8. Teras rumah panggung

Jika Anda memang memiliki rumah panggung maka lengkapi dengan teras rumah panggung. Untuk bagian rumah panggung bisa dibuat bersatu dengan ruangan tamu atau dibuat terpisah dengan jembatan penghubung yang kecil. Lantai teras bisa dibuat dari bahan kayu, tiang penyangga diperlukan untuk menyangga bagian atap teras dan berikan penerangan berwarna senada seperti kuning atau putih redup. Untuk melindungi sisi teras maka pasang pagar pembatas dari kayu dan buat dua anak tangga menuju teras.

9. Konsep teras di dalam rumah

Memang teras adalah bagian yang ada di luar rumah. Ketika tamu datang ke rumah maka mereka sementara waktu bisa menunggu duduk di teras dulu. Namun teras sebenarnya tidak selalu ada di luar rumah. Anda bisa membangun teras yang seolah-olah seperti di dalam rumah. teras dilengkapi dengan atap yang penuh. Kemudian dinding teras dibuat tertutup, namun ada pintu besar yang terbuka lebar untuk masuk ke teras. Lengkapi dengan sofa santai, hiasan dinding dan meja kopi.

10. Teras model jembatan di tepi kolam

Konsep desain teras minimalis selanjutnya adalah dengan membuat teras sederhana yang langsung terhubung dengan pintu utama untuk masuk ke rumah. Satu tiang penyangga utama bisa dijadikan hiasan sehingga teras terlihat tidak terlalu polos.

Batu alam masih bisa dipasang untuk dinding teras sehingga memberi kesan yang tidak terlalu sederhana. Lalu buat kolam minimalis di sisi teras. Kolam dengan air mancur kecil akan memberi kesejukan pada teras dan bagian dalam ruang tamu rumah Anda. Pastikan untuk rutin membersihkan kolamnya dan pilih batu alam yang sesuai selera Anda.

11. Konsep teras kebun

Jika Anda ingin membuat teras yang nyaman dan santai serta dekat dengan alam, maka Anda bisa memilih konsep teras kebun. Teras kebun bisa membuat Anda merasa lebih dekat dengan alam. Caranya adalah dengan memanfaatkan teras kecil dilengkapi dengan kursi dan tanaman hijau. Tanaman dalam pot bisa diletakkan di sekitar teras. Kemudian beri taman horisontal pada dinding teras. Akhirnya Anda bisa memiliki teras yang hijau, sejuk dan dingin.

12. Teras minimalis di samping rumah

Pada dasarnya untuk membuat teras memang tidak selalu harus di bagian depan rumah. Anda bisa memilih sisi samping rumah yang dilengkapi dengan akses pintu masuk ke rumah. Model teras ini bisa digunakan jika Anda masih memiliki ruang sisa pada sisi samping rumah. Teras diberi aksen seperti kain untuk melindungi dari cahaya matahari. Kemudian dua atau empat kursi dan satu meja kopi diletakkan di teras. Untuk bagian bawah bisa dipasangi dengan karpet anti air. Dan jangan lupa menanam beberapa tanaman kecil dalam pot.

13. Teras minimalis klasik

Anda juga bisa membuat sebuah teras klasik untuk rumah minimalis. Hanya saja untuk membuat teras ini sebaiknya tidak menggunakan tiang penyangga untuk atap. Jadi atap bisa diambil dari atap rumah secara langsung. Kemudian buat lantai kayu khusus untuk bagian teras saja. Letakkan beberapa pagar kecil dari kayu untuk memberi hiasan teras. Pasangi dengan beberapa rumput hias di sepanjang pagar kayu tersebut. Agar lebih kuno lagi maka pasang dua kursi kayu yang dicat dengan warna lebih tua.

14. Teras klasik dan sederhana

Salah satu konsep teras yang masih banyak digunakan saat ini adalah jenis teras klasik dan sederhana. Pada dasarnya bentuk teras ini berukuran luas atau memanjang sesuai dengan luas rumah. Kemudian dinding setengahnya diberi hiasan batu.

Dua buah kursi dari rotan atau kayu dipasang di teras sehingga menunjukkan bahwa itu bagian teras. Biasanya dulu model teras ini hanya dimiliki oleh rumah yang luas dan ada kebun di sekitarnya.

15. Teras menyatu dengan taman

Jika Anda memiliki taman di dekat rumah maka Anda bisa membuat sebuah teras yang menyatu dengan taman. Tentu ini akan menjadi bagian yang sangat menarik dalam rumah Anda. Teras akan memiliki atap ke sebagian taman. Anda juga bisa menghilangkan atap ini dan meletakkan dua kursi dan meja kecil di bagian teras. Dengan konsep ini maka teras menjadi tempat yang nyaman untuk menerima tamu. Bahkan bunga-bunga dan tanaman di sekitar teras bisa membantu mengatasi lelah dan stress.  

16. Model teras di ruang atas

Membuat teras dengan model ada di ruang atas atau rooftop bisa menjadi ide yang sangat menarik. Pada dasarnya Anda bisa membangun sebuah teras yang sangat indah. Teras diberi atap kaca atau fiber yang akan menyerap panas matahari dan melindungi bagian bawahnya. Kemudian pasangl lantai kayu di bagian teras tersebut. Setelah itu pasang sofa santai berbentuk huruf L dengan model teras ini maka biasanya Anda bisa mengajak tamu untuk bersantai tanpa harus merasa canggung.  Pasangi hiasan seperti lukisan atau hiasan dinding yang tahan panas. Juga sebuah bel bambu yang jika tertiup angin akan mengeluarkan suara yang nyaman.

Nah itulah beberapa inspirasi model teras rumah minimalis dan elegan. Jenis teras yang ingin Anda bangun bisa menyesuaikan dengan bentuk dan kondisi rumah Anda.

, , ,



Oleh :
Kategori : Teras