Sponsors Link

8 Tips dan Trik Mengatasi Plafon Berjamur

plafon berjamurMemiliki berbagai jenis-jenis rumah tinggal yang bersih dan sehat tentunya menjadi idaman semua orang. Tidak terkecuali Anda bukan? Penggunaan berbagai jenis-jenis plafon rumah dapat digunakan untuk menyulap rumah biasa menjadi mewah. Namun bagaimana jika ternyata plafon rumah Anda terkena jamur? Plafon rumah berjamur bukanlah suatu pertanda yang menyenangkan. Selain tidak enak dipandang, jamur dapat mengindikasikan rumah Anda tergolong pada ciri-ciri rumah tidak sehat. Jika sudah begini, apa yang Anda lakukan? Tentu dengan mengatasi palfon berjamur tersebut! Menghilangkan jamur yang menempel pada plafon ternyata tidak selalu mudah. Ada beberapa tips dan trik yang perlu Anda lakukan agar jamur benar-benar hilang secara menyeluruh. Berikut ini adalah cara mengatasi plafon berjamur yang dapat Anda lakukan, simak!

ads
  1. Mengenali tanda masalah jamur

Langkah pertama yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi plafon berjamur yakni dengan cara mengenali masalah jamur tersebut. Bagaimana efek yang ditimbulkan dari adanya jamur pada plafon tersebut. Apakah cat plafon jadi mengelupas, warnanya pudar dan sebagainya.

  1. Menghilangkan jamur segera

Ketika Anda sudah menemukan jamur pada plafon, maka jangan tunda lagi proses membersihkan plafon tersebut. Sebab jika jamur dibiarkan dalam jangka waktu yang cukup lama, maka dapat berdampak pada kesehatan penghuni rumah. Pada masalah jangka panjang jamur juga dapat merusak plafon secara permanen. Proses menghilangkan jamur yang tadinya sederhana dan mudah menjadi sangat sulit.

  1. Mengecek material plafon

Ketika jamur sudah ditemukan, Anda perlu meneliti terlebih dahulu jenis plafon apa yang Anda gunakan di rumah. Apabila Anda menggunakan plafon yang berpori seperti plafon kayu, gypsum, dan sebagainya, Anda tidak dapat menghilangkan jamur pada plafon kecuali dengan mengganti plafon tersebut dengan yang baru. Sebab ketika sudah dibersihkan, plafon berpori cenderung memiliki kemungkinan yang cukup besar bagi jamur untuk tumbuh kembali.

  1. Buat larutan pembersih jamur

Jika plafon di rumah Anda bukan plafon berpori, maka untuk mengatasi plafon berjamur tersebut Anda dapat membuat larutan pembersih jamur. Untuk membuat larutan ini, Anda dapat menggunakan campuran boraks, cuka dan juga air jamur. Larutan ini dinilai sangat ampuh untuk membunuh jamur serta mengurangi peluang jamur akan tumbuh kembali di daerah plafon.

  1. Gunakan tangga

Larutan yang sudah siap kemudian dimasukkan ke dalam botol spray. Gunakan bantuan tangga lipat untuk memudahkan Anda menggapai plafon yang berjamur. Anda juga dapat meminta bantuan seseorang untuk memegangi tangga agar lebih aman. Apabila palfon rumah Anda sebelumnya sudah dicat, maka Anda perlu mengikis cat dengan menggunakan alat kebersihan rumah atau alat pembersih langit-langit rumah terlebih dahulu agar jamurnya terlihat.

  1. Semprotkan pada plafon

Setelah plafon di kikis, maka semprotkan campuran tersebut pada area yang terkena jamur. Semprot secukupnya saja dan tidak perlu berlebihan. Setelah itu tunggulah hingga beberapa waktu.

Sponsors Link

  1. Menggosok plafon

Kemudian gosok plafon yang terkena jamur tersebut menggunakan sikat. Bersihkan sampai jamur benar-benar hilang. Bilas dengan air bersih dan tunggu hingga plafon mengering.

  1. Finishing

Untuk proses akhirnya, Anda dapat mengampelas plafon yang memudar. Kemudian plafon tersebut dapat dicat kembali dengan menggunakan cat waterproof untuk mencegah jamur tumbuh kembali. Sebab pengembunan adalah salah satu faktor yang dapat memunculkan jamur pada plafon rumah tinggal.

Demikianlah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi plafon berjamur. Selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Atap