Sponsors Link

4 Fungsi Soda Ash Pada Kolam Renang untuk Perawatan

Kolam renang menjadi salah satu bagian rumah yang sangat menyenangkan. Hanya saja hanya rumah mewah saja yang biasanya memiliki kolam renang pribadi. Sementara bagi yang tidak memiliki bisa menggunakan fasilitas kolam renang umum. Atau jika memang Anda memiliki dana yang cukup bisa mencoba cara membuat kolam renang sendiri.

ads

Namun memiliki kolam renang ternyata juga tidak mudah. Tidak cukup hanya dengan mengisi airnya sampai penuh dan nyaman lalu menguras airnya tapi juga merawat kebersihan kolam renang. Salah satu hal yang sangat penting adalah cara untuk menjaga agar air di kolam renang tetap bersih sehingga tidak menyebabkan penyakit. Karena itu untuk membersihkan kolam renang biasanya menggunakan bahan yang dinamakan soda ash. Jika Anda masih belum paham, berikut ini fungsi soda ash pada kolam renang untuk perawatan.

Apa Itu Soda Ash?

Soda ash adalah salah satu bahan untuk membersihkan kolam renang dengan bentuk bubuk lembut berwarna putih. Soda ash memiliki nama kimia Na2CO3 yang terbuat dari bahan garam sodium dan asam karbonat. Sebenarnya soda ash sendiri sangat mirip dengan bahan pembersih kolam renang yang lain seperti tawas dan PAC. Hanya saja memiliki cara kerja yang sedikit berbeda. Pengunaan soda ash juga sangat umum untuk kolam renang pribadi atau kolam renang umum.

Fungsi Soda Ash

  • Membersihkan air di kolam renang

Salah satu cara merawat kolam renang di rumah adalah dengan menjaga kebersihan air di kolam renang. Caranya adalah dengan menggunakan soda ash yang bisa membuat semua kotoran di kolam renang mengendap di bawah kemudian bisa dihilangkan dengan memasukkan kotoran melewati filter air. Biasanya kolam renang memiliki banyak lumut yang tidak terlihat pada dinding dan lantai kolam renang. Dengan memberikan soda ash maka semua kotoran, lumut, dan bahan endapan lain akan menumpuk di dasar kolam renang. Jadi Anda bisa membersihkan kolam renang dengan mudah.

  • Menjaga dan meningkatkan pH air kolam renang

pH air di kolam renang memiliki peran yang sangat penting untuk kesehatan air di kolam renang. Biasanya pH air akan menurun dengan cepat ketika air di kolam renang terkena air hujan atau air tambahan termasuk dari sumber air, sumur dan air tanah. Untuk itu Anda memerlukan soda ash untuk meningkatkan pH air sehingga air kembali jernih dan bersih. Tapi jika pH air meningkat dengan cepat maka Anda perlu cara menurunkan ph air kolam renang.

  • Menyerap kelembapan dari udara

Soda ash yang memiliki sifat asam ternyata sangat baik untuk menjaga air dari kelempaban udara. Memang masalah kelembapan terkadang tidak terlalu dipikirkan tapi ternnyata ini sangat penting untuk kualitas air di kolam renang. Soda ash akan bekerja untuk menyerap kelembapan udara sehingga air di kolam renang tidak akan berbau atau kotor. Bahkan bahan ini juga sangat penting untuk menjaga tingkat alkali air sehingga pH tidak turun dengan cepat dan air tetap sehat. Jadi menggunakan soda ash juga merupakan cara merawat air kolam renang agar tetap jernih.

  • Melembutkan dan menjernihkan air

Sifat dari soda ash yang lain adalah bisa membuat air di kolam renang menjadi lembut dan nyaman untuk kulit. Hal ini sangat penting sekali agar air di kolam renang tidak merusak kulit. Jika air tidak terawat biasanya bisa membuat kulit sangat kasar dan bahkan kulit menjadi bercak putih lalu mudah lecet. Jadi dengan menggunakan alat kebersihan rumah khusus untuk kolam renang maka air di kolam renang Anda menjadi sangat bersih.

Efek Samping Soda Ash

  • Jika terkena mata maka biasanya soda ash akan menyebabkan rasa perih, panas dan mata merah. Kondisi ini bisa terjadi jika soda ash yang digunakan untuk kolam renang terlalu banyak. Cara mengatasi efek samping ini adalah dengan membersihkan mata menggunakan air mineral atau cairan pembersih mata khusus.
  • Jika terkena kulit maka bisa menyebabkan panas, gatal dan kasar.  Kondisi ini juga bisa terjadi ketika air di kolam renang baru saja diberi soda ash dan langsung digunakan untuk berenang. Karena itu harus menunggu selama beberapa jam sampai kotoran mengendap dan air menjadi bersih kembali. Untuk efek samping ini bisa diatasi dengan mandi menggunakan air yang bersih setelah berenang dan oleskan pelembab pada kulit.

Cara Menggunakan Soda Ash

  • Campur soda ash dengan air

Pertama Anda harus mencampur soda ash dengan air lalu aduk sampai merata. Setelah itu tuangkan ke kolam renang dengan cara sedikit demi sedikit saja. Saat menuangkan larutan soda ash ini sebaiknya filter diposisikan untuk sirkulasi sehingga soda as bisa menyebar ke semua bagian kolam renang.

  • Diamkan 24 jam

Setelah diberi soda ash sebaiknya air di kolam renang didiamkan selama 24 jam. Anda tidak boleh menggunakan untuk berenang atau mengaduk-aduk air di kolam renang. Kemudian setelah 24 jam maka air di kolam renang bagian bawah akan menjadi coklat. Ini artinya bahwa semua kotoran dan lumut di kolam renang sudah mengendap.

  • Sedot kotoran di bagian bawah

Untuk mengambil semua kotoran yang sudah mengendap di bagian bawah maka Anda bisa menggunakan vacuum atau dengan selang. Lakukan semua proses ini dengan hati-hati sehingga air di kolam renang menjadi bersih.

Jadi, Boleh Tidak Menggunakan Soda Ash untuk Kolam Renang?

Pada dasarnya tidak ada larangan untuk menggunakan soda ash. Jika dilihat dari manfaatnya memang soda ash sangat baik untuk membersihkan kolam renang dengan cara yang mudah. Hanya saja untuk mengatasi efek samping memang sebaiknya kolam renang tidak langsung digunakan tapi didiamkan selama 24 jam. Selain itu kolam renang sebaiknya dibersihkan secara teratur baik dengan soda ash atau pembersih lain seperti PAC, trussi atau chlorine.

Itulah berbagai fungsi soda ash pada kolam renang untuk perawatan agar kolam renang tetap bersih. Anda bisa menggunakan soda ash secara rutin sehingga air di kolam renang jernih dan bersih.

, ,



Oleh :
Kategori : Perawatan