Sponsors Link

7 Cara Membuat Gantungan Peralatan Dapur Dari Bahan Sederhana

Dapur memang menjadi tempat yang menyenangkan untuk semua keluarga. Terutama untuk kaum perempuan yang memiliki tugas khusus untuk memasak berbagai hidangan. Karena itu bagian dapur selalu dirancang dengan baik untuk membuat proses memasak lebih menyenangkan.

ads

Masalahnya banyak rumah minimalis yang dibangun dengan dapur yang kecil. Meskipun umumnya dapur dilengkapi dengan lemari dapur dan kitchen set. Tapi Anda bisa menata dapur kecil tanpa kitchen set dengan sangat rapi dan mudah saat mencari peralatan memasak yang kecil. Rahasianya adalah melakukan cara membuat gantungan peralatan dapur dari bahan sederhana, seperti berikut ini.

1. Kawat tebal dengan desain papan catur

Jika Anda ingin melakukan cara menata peralatan dapur di ruangan sempit maka langkah ini bisa Anda lakukan. Model gantungan untuk peralatan dapur ini terbuat dari kawat tebal yang dirangkai seperti papan catur. Dengan banyak kotak maka Anda bisa menggantungkan peralatan dapur sesuai dengan jenis dan fungsinya.

Alat yang dibutuhkan adalah seperti kawat tebal yang khusus, gantungan yang bisa dibeli jadi di toko material, tang, kawat yang tipis, penggaris atau alat ukur, spidol, dan cat besi.

Cara Membuat

  • Cobalah mengukur kawat yang tebal dengan penggaris dan tandai dengan spidol. Anda bisa membuat ukuran sesuai dengan ruang di dapur dan kebutuhan Anda.
  • Potong kawat tebal dengan tang potong.
  • Cat kawat tebal dengan cat besi sampai kering.
  • Kemudian siapkan kawat kecil untuk mengikat rangkaian kawat tebal.
  • Rangkai dengan kawat kecil dengan bentuk kotak sesuai kebutuhan Anda.
  • Pasangkan gantungan pada kawat tebal sesuai kotak.
  • Pasang dengan paku di dinding dapur Anda.
  • Nah Anda bisa menggantungkan berbagai peralatan dapur Anda.

2. Gantungan dari papan kayu bekas

Salah satu  cara menata dapur sempit sederhana adalah dengan memanfaatkan papan kayu bekas yang sudah tidak terpakai. Selain bisa digunakan sebagai gantungan maka pada bagian atasnya bisa digunakan untuk meletakkan berbagai alat dapur yang tidak digantung. Berbagai alat yang perlu Anda siapkan seperti papan kayu bekas, amplas, cat kayu, penggaris, spidol, paku, palu dan gantungan.

Cara Membuat

  • Amplas papan kayu sampai halus kemudian beri gambar sesuai motif kesukaan Anda, atau hanya dengan diberi cat kayu biasa. Tunggu sampai kering dan aroma cat hilang.
  • Ukur papan kayu dan beri tanda untuk memasang paku dan gantungan.
  • Pasang pada dinding dapur Anda sesuai kebutuhan.
  • Nah, papan gantungan dari kayu bekas siap digunakan.

3. Pipa Stainless Steel Bekas

Jika Anda memiliki stainless steel, maka bahan ini bisa menjadi gantungan peralatan dapur yang sangat menawan. Tentu saja dengan bahan baja anti karat maka cukup memerlukan cara perawatan dapur yang mudah dilakukan. Selain itu karena bahan besi baja maka kekuatan untuk menahan beban peralatan dapur juga lebih baik dibandingkan bahan yang lain.

Alat yang dibutuhkan seperti Pipa stainless steel, paku besi, kait besi, gantungan, bor listrik, dan baut.

Cara Membuat

Pertama Anda harus memasang kaitan besi yang sudah dibeli dalam bentuk jadi sesuai ukuran pipa. Pasang dengan baut menggunakan bor listrik ke dinding sesuai posisi di dapur. Kemudian pasang gantungan di pipa tersebut dan akhirnya gantungan ini siap untuk di gunakan.

4. Gantungan dari tempat handuk di kamar mandi

Kita semua tahu ada tempat khusus untuk handuk di kamar mandi. Gantungan handuk yang terbuat dari besi atau stainless steel yang dibor pada dinding. Ternyata jika gantungan handuk sudah usang bisa digunakan untuk tempat gantungan peralatan dapur.

Caranya adalah dengan mengaitkan gantungan tersebut di dinding dapur sesuai kebutuhan dan posisi yang nyaman untuk Anda. Lengkapi dengan pengait untuk gantungan dan susun gantungan sesuai kebutuhan. Jangan lupa untuk mengebor kuat pada dinding dapur dan sekarang gantungan ini sudah siap digunakan. Menggantungkan berbagai peralatan ini tentunya menjadi bagian dari tips merawat peralatan rumah tangga agar rumah tetap rapi.

5. Gantungan dari papan tulis bekas

Jika Anda pernah melihat papan tulis bekas yang digunakan untuk menulis menu di cafe atau warung kopi, maka sebenarnya papan ini bisa digunakan. Idenya adalah dengan memasang gantungan pada titik-titik di papan sesuai kebutuhan Anda.

Cara Membuat

  • Pasang papan tulis bekas di dinding dengan penggunakan pasak paku yang lebih kuat pada dua bagian kaitan di atas. Jika masih kurang kuat maka tahan dengan dua atau empat paku pada bagian bawah.
  • Beri lubang pada papan tulis bekas tersebut sesuai dengan kebutuhan, namun lebih baik dibuat banyak lubang sesuai dengan ukuran yang Anda inginkan.
  • Pasangi dengan kaitan gantungan yang biasanya bisa dibeli toko perlengkapan rumah tangga.
  • Nah, susun berbagai perlengkapan dapur Anda sesuai kebutuhan. Anda juga bisa menghias papan dengan hiasan gantungan diantara gantungan peralatan dapur.

6. Gantungan panci dari papan kayu

Jika Anda memiliki satu papan kayu yang tebal maka Anda bisa memanfaatkan papan ini menjadi gantungan yang sempurna. Caranya juga sangat mudah namun bisa berfungsi ganda. Idenya adalah menyatukan satu papan sebagai tempat untuk meletakkan berbagai peralatan dapur secara horizontal kemudian pada bagian bawahnya dipasang paku dan gantungan untuk meletakkan berbagai jenis panci dan wajan.

Cara membuat

  • Pasang papan kayu dengan bantuan baut dan bor listrik pada dinding secara horizontal. Tambahkan paku atau penahan L pada bagian bawah jika dirasa kuat.
  • Anda bisa memberi cat kayu pada papan sesuai kebutuhan atau dibiarkan secara alami saja.
  • Kemudian pasang paku-paku kecil pada papan kayu tersebut sehingga bisa digunakan untuk gantung tempat panci atau wajan.

7. Almari khusus gantungan perlengkapan dapur

Idenya adalah dengan membuat papan lemari bekas yang ditempelkan pada dinding dapur. Kemudian pasang paku pada lemari sesuai dengan kebutuhan Anda. Gunakan paku ini untuk menggantung berbagai perlengkapan dapur sesuai dengan koleksi perlengkapan dapur Anda.

Itulah beberapa cara membuat gantungan peralatan dapur dari bahan sederhana. Anda bisa memilih sesuai bahan yang tersedia dari rumah Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Perawatan Dapur