Sponsors Link

9 Cara Menata Dapur Kecil Tanpa Kitchen Set agar Tetap Rapi

Dapur rapi, bersih, dan indah adalah keinginan setiap orang. Perabotan yang diperlukan untuk diletakkan di sana sangat banyak sehingga memerlukan tempat yang cukup untuk menatanya yang disebut juga dengan kitchen set. Luas dapur juga sangat berpengaruh pada pola penataan dan keindahan dapur dengan perabot yang banyak. Kitchen set adalah furniture dapur yang berfungsi sebagai tempat untuk meletakkan dan menata berbagai peralatan dapur agar terlihat rapi dan indah. Lalu, bagaimana cara menata dapur kecil tanpa kitchen set?

Anda tentu merasa kesulitan jika dapur anda sempit sedangkan perabotan anda banyak, dan tidak memiliki tempat yang sesuai untuk meletakkan perabotan dapur. Padahal, kebersihan dan kerapihan dapur merupakan salah satu penerapan dari cara menjaga kebersihan rumah dan lingkungan. Dapur sangat penting dijaga kerapihannya karena berhubungan dengan tingkat higienitas makanan.

Selain itu, dapur Anda tentu tidak ingin dapur terlihat kurang menarik dan menjenuhkan karena cat dinding penuh dengan cipratan bahan-bahan makanan. Berikut beberapa tips menata dapur kecil tanpa  kerangka kitchen set yang perlu disimak saat anda kebingunan mencari cara untuk menata ruang dapur dengan luas dan tempat terbatas.

  1. Jangan membeli peralatan dapur yang tidak diperlukan

Ibu-ibu rumah tangga yang hobi memasak pasti memiliki perabotan dapur yang banyak dan lengkap. Kebutuhan memasak memang menjadi satu hal yang harus dipenuhi. Tetapi berbeda lagi jika ada beberapa orang memiliki hobi mengoleksi perabotan memasak, entah karena motif dan desainnya yang menarik atau karena berkeinginan memiliki panci dengan berbagai model. Apalagi di saat adanya diskon besar-besaran pada iklan produk masakan, pasti dijadikan sebagai ajang rebutan.

Namun, apa jadinya jika perabotan memasak yang terlalu banyak ternyata tidak terlalu dibutuhkan untuk sehari-hari? Sedangkan dapur memiliki luas yang sempit, serta tidak ada tempat yang memadai? Jangan terlalu berlebihan jika membeli perabotan yang nantinya justru tidak dibutuhkan dan hanya membuat dapur anda semakin sempit dan berantakan, prioritaskanlah barang yang lebih penting agar dapat menerapkan cara menata perabot rumah yang baik dan benar.

  1. Pasang wallpaper dinding dengan warna atau motif menarik

Pilihlah Wallpaper dinding yang memiliki berbagai warna dan motif dengan cara memilih beberapa jenis wallpaper terbaik. Wallpaper dinding  memiliki variasi motif yang indah, selain itu harganya lebih murah dan dapat diubah dengan mudah sesuai keinginan tanpa perawatan secara intensif. Dari segi keindahan, baca dulu tips memilih wallpaper untuk ruangan sempit di rumah seperti dapur. Warna wallpaper yang dipilih sebaiknya disesuaikan dengan nada warna yang mendominasi perabot rumah tangga.

Pilih wallpaper dinding yang terbuat dari bahan anti air untuk menghindari kerusakan. Tidak perlu perawatan khusus agar keindahan dinding dapur tetap terjaga. Hanya beberapa hal yang harus dilakukan saat wallpaper dinding dipasang untuk pertama kali. Selanjutnya, untuk merawat Anda hanya perlu menerapkan cara merawat wallpaper dinding paling tepat.

  1. Pasang gantungan unik dan lucu

Untuk menambah keindahan dapur anda yang membosankan, pilihlah gantungan besi yang bermotif lucu dan unik, barang tersebut bisa ditemukan di berbagai toko furniture. Pasang dan atur gantungan sesuai dengan posisi yang anda inginkan di dinding yang telah dipasang wallpaper. Setelah gantungan terpasang, anda dapat meletakkan perabotan memasak di gantungan tersebut. Ikuti juga cara menata peralatan dapur agar rapi sehingga lebih terinspirasi.

Perabot Anda sudah tidak membosankan lagi karena dihiasi berbagai macam gantungan bermotif karakter lucu. Selain itu, anda bisa menambahkan berbagai hiasan dinding di atas gantungan dari yang terbuat dari bahan yang terjangkau. Sentuhan kreatif dapat dijadikan sebagai pemanis ruangan rumah minimalis sederhana.

  1. Manfaatkan meja atau lemari kecil yang tidak terpakai

Pilih beberapa meja yang ukurannya sesuai untuk meletakkan kompor, dan perabotan dapur lainnya, kedua barang tersebut berfungsi sebagai pengganti kitchen set. Jika tidak ada meja, anda bisa menggunakan lemari kecil yang tidak terpakai. Anda bisa meletakkan sisa perabotan dapur yang tidak terlalu dibutuhkan di bawah meja atau lemari kecil anda. Ikuti juga cara menata dapur sempit sederhana untuk memaksimalkan pengaturan di rumah Anda.

Jangan bingung apabila di bawah meja tidak terdapat rak, anda bisa menambahkan rak menggunakan alas triplek yang sudah dicat dengan menarik.  Jika anda kurang menyukai gagasan tersebut, anda dapat berinovasi untuk membuat sendiri meja dari bahan granit yang elegan. Anda juga dapat menerapkan cara membuat meja dapur granit.

  1. Pasang tirai dengan motif menarik untuk penutup di bawah meja

Tirai digunakan untuk menutupi pemandangan yang isinya perabotan agar terlihat indah dan menarik. Tirai dapat digunakan di bawah meja dan dipasang sesuai dengan posisi terbaik untuk anda. Jika anda tidak menyukai konsep tirai, anda juga boleh menerapkan cara membuat pintu aluminium kaca minimalis sederhana. Namun, jika dari awal sudah menggunakan lemari minimalis, maka tidak perlu tirai, anda dapat  menggunakan beberapa hiasan seperti stiker atau taplak bermotif yang menghiasi lemari anda.

  1. Pilih prioritas perabot dapur yang sedang anda miliki dan gunakan

Setelah tempat minimalis selesai dibuat secara manual, pilih perabotan utama yang lebih penting digunakan untuk sehari-hari. Letakkan kompor gas tanam dan peralatan utama yang digunakan untuk memasak di atas meja atau di atas lemari sesuai kebutuhan. Sisanya dapat anda letakkan di bawah meja yang sudah dipasang tirai, atau di dalam lemari yang sudah anda siapkan.

  1. Letakkan peralatan memasak yang tidak terlalu dibutuhkan ke ruangan lain selain dapur

Jika terdapat sisa perabotan yang sudah tidak memiliki tempat di bawah meja dan di dalam lemari. Letakkan perabotan tersebut di ruangan yang lebih luas dan di tempat yang memadai selain di dapur. Bersihkan secara rutin peralatan memasak yang diletakkan di dapur maupun yang terdapat di ruangan yang telah anda pilih sebagai tempat penyimpanan peralatan memasak. Selain untuk menjaga keindahan dan kebersihan ruangan, juga berfungsi sebagai penerapan cara perawatan dapur agar bisa lebih rapi dalam jangka waktu yang lama.

  1. Rapikan perabotan utama dengan cara digantung

Setelah gantungan yang dipasang di dinding tertancap dengan kuat, saatnya menggantung beberapa perabotan memasak yang selalu digunakan memasak setiap hari. Perabotan dapat ditata dan digantung sesuai dengan keinginan anda. Hal itu juga bermanfaat untuk mengingat setiap peralatan yang sering dipakai dengan menggantungkannya di tempat yang biasanya terlihat.

  1. Letakkan barang pada tempatnya setelah dipakai

Perabotan rumah yang sudah ditata dengan rapi, usahakan untuk tetap rapi dengan cara mengembalikan bekas barang-barang yang telah dipakai ke tempatnya kembali. Jika usai menggunakan perabotan memasak, maka kembalikan ke tempatnya semula. Jika terdapat noda yang merusak pemandangan dapur anda seperti wajan gosong yang digantung, maka hilangkan gosong pada wajan dengan mengimplementasikan tips merawat peralatan rumah tangga.

Demikian beberapa cara menata dapur kecil tanpa kitchen set. Semoga bermanfaat.

, ,



Oleh :
Kategori : Dapur