Sponsors Link

9 Cara Menata Dapur Sempit Sederhana

dapur kecilSiapa yang tidak ingin memiliki dapur sederhana dan rapi? Tentunya Anda pasti ingin bukan? Dapur merupakan salah satu rungan yang wajib ada di berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Pentingnya peranan dapur sederhana di dalam rumah tidak hanya ditentukan dari besar atau kecilnya daput tersebut, namun dapat berasal dari penataan dapur yang baik dan benar. Dapur dikenal sebagai salah satu ruangan yang memiliki banyak perabot, bahkan bisa jadi paling banyak. Cara menata peralatan dapur bisa dilakukan dengan mengelompokkan perabot sesuai dengan jenis dan fungsinya yang sama. Menata dapur tentunya akan lebih mudah dilakukan jika luasan dapur besar dan lenggang. Namun apa jadinya bila dapur tersebut ternyata kecil dan sempit? Tentunya Anda akan membutuhkan tenaga yang ekstra.

ads

Karena dapur menampung aktivitas yang justru dapat membuat dapur itu mudah kotor, maka penataan dapur dan kebersihannya menjadi perhatian yang lebih. Dapur yang sehat dan baik dapat menandakan rumah Anda tergolong kepada ciri-ciri rumah sehat. Kunci dalam menciptakan nuansa dapur yang sederhana dan rapi meskipun sempit yakni dengan melakukan pembersihan secara rutin. Membersihkan dapur minimal dilakukan satu kali sehari. Selain membersihkan ada beberapa tips dan trik lain yang perlu Anda lakukan sebagai cara menata dapur sempit sederhana. Mau tahu? Berikut ini adalah cara-caranya, simak!

  1. Menata desain awal dengan tepat

Pada proses awal sebelum memasukkan perabot ke dalam ruangan, Anda perlu merancang terlebih dahulu desain dapur ke depannya. Sebab dapur rumah Anda memiliki keterbatasan ruang, yang akan menuntut Anda berpikir lebih keras. Pilihlah desain yang sesuai dengan besaran dapur dan juga tata letak perabot yang memudahkan mobilasi pengguna di dalamnya. Jangan sampai dari segi desain saja sudah menyalahi besaran ruang yang nantinya akan merugikan Anda secara finansial.

  1. Membuat priotitas peratan yang dibutuhkan

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, di dalam dapur sangat terdapat banyak perabotan yang tersimpan. Karena ruang dapur Anda sempit, Anda tidak bisa serta merta memasukkan barang tersebut ke dalam dapur. Untuk itulah Anda akan membutuhkan skala prioritas. Barang mana saja yang dirasa perlu untuk dimasukkan ke dalam dapur dan barang mana saja yang tidak begitu dibutuhkan. Untuk peralatan makan seperti sendok dan garpu dapat diletakkan di area yang mudah ditemukan, atau juga disimpan di dalam kabinet agar lebih rapih. Begitu juga dengan perabot lainnya, penempatannya dikelompokkan sesuai dengan fungsi yang sama.

  1. Memilih furniture yang sesuai

Cara menata rumah kecil agar terlihat luas dengan menata dapur sempit sederhana sebenarnya serupa. Anda perlu menyesuaikan ukuran perabot dengan luasan ruang. Perabot yang digunakan cenderung lebih ringan dan juga ramping. Dengan begitu tampilan dapur terlihat lebih lenggang dan luas. Untuk kitchen setnya, Anda dapat menggunakan yang berbahan dasar stainless steel. Jangan lupa membaca cara membersihkan stainless steel untuk perawatannya. Anda juga dapat menggunakan kitchen set berbahan kayu. Namun pastikan Anda memilih jenis kayu yang tidak dimakan rayap.

  1. Mendesain tata pencahayaan dapur

Tata lampu di dalam dapur ternyata juga berpengaruh terhadap penataan dapur sempit. Cahaya yang cukup dan juga terang dapat memberikan ilusi dapur terlihat lebih lenggang. Selain itu pencahayaan yang cukup di dalam dapur juga diperlukan untuk menghindari bahaya-bahaya yang tidak diinginkan terjadi.  

Sponsors Link

  1. Menggunakan perabotan simpel

Perabotan yang simpel juga dibutuhkan pada dapur yang sempit. Salah satu contohnya adalah penggunaan single sink. Mengapa demikian? Dengan menggunakan perabot jenis ini Anda akan menghemat banyak tempat dan dapat dimanfaatkan kembali untuk peletakkan perabot lainnya.

  1. Menggunakan perabotan yang logis

Karena dapur menunjang aktivitas yang cukup pada, maka dari itu untuk menghemat waktu sekaligus menjaga kebersihan dapur, Anda perlu menempatkan benda dalam ruang secara berurutan. Misalnya adalah peletakkan bumbu dapur dekat dengan meja kerja supaya mudah apabila ingin digunakan.

  1. Mencuci segera sehabis digunakan

Ciri-ciri rumah sehat salah satunya adalah memiliki dapur yang kotor dan juga terdapat banyak tumpukkan sampah. Oleh karena itu, sehabis selesai makan ada baiknya Anda segera membersihkan piring dan peralatan makanan lainnya. Sebab menunda pekerjaan bukanlah perilaku yang baik dan memungkinkan Anda untuk lupa mengerjakan ke depannya.

Sponsors Link

  1. Mengembalikan kembali barang pada tempatnya

Tidak hanya berhenti sampai mencuci perabot, namun jangan lupa untuk mengembalikan perabot ke tempat semula. Apabila perabot dibiarkan menumpuk pada area cuci, kesan yang timbul justru membuat dapur tampak kotor dan tidak terawat. Selain itu kebiasaan mengembalikkan barang pada tempatnya dapat membuat dapur Anda lebih rapi.

  1. Menggunakan sistem gantung

Untuk menghemat ruangan yang ada di dalam dapur sempit, salah satu solusi yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggantung perabot di bagian langit-langit ruangan. Misalnya adalah perabotan panci, penggorengan, sodet dan sebagainya. Supaya lebih mudah ditemukan dan juga menghemat ruangan.

Demikianlah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebagai cara menata dapur sempit sederhana yang baik dan benar. Selamat mencoba!

, , ,
Oleh :
Kategori : Dapur