Sponsors Link

30 Tips Merawat Peralatan Rumah Tangga

Hobi beli barang baru? sudah biasa ya. Setelah membeli beraneka macam barang-barang, pastinya barang-barang anda menumpuk di rumah. Termasuk peralatan rumah tangga anda. Selain mamakai barang-barang tersebut sesuai keperluan, perawatan peralatan rumah tangga tersebut sangat penting agar peralatan rumah tangga yang anda punya awet dan tidak cepat rusak.

ads

Berikut beberapa tips merawat peralatan rumah tangga yang layak anda ketahui :

1. Merawat piring gelas agar tidak mudah pecah

Ketika akan digunakan untuk pertama kalinnya, rebus terlebih dahulu gelas maupun piring bersama sepanci air. Setalah air mendidih, anda dapat mendinginkannya danmemakai gelas maupun piring tersebut seperti biasanya. Gelas piring akan lebih tahan panas dan benturan.

2. Membersihkan panci gosong

Jika panci anda gosong ketika memasak, anda cukup memakainya untuk mendidihkan air kembali dengan menambahkan citrun ke dalam air tersebut. Tunggu hingga mendidih lalu gosok panci. Maka bekas gosong lebih mudah hilang.

3. Membersihkan wajan gosong

Untuk wajan yang gosng, anda dapat menggunakan garam. Barigaram secukupnya, tambahkan sedikitair lalu gosok-gosok wajan yang gosong. Bilas dan lihatlah hasilnya.

4. Membersihkan blender

Untuk membersihkan blender, anda tak perlu repit-repot. Cukup tung air ke dalam belender beri sedikit sabun lalu tutup jalankan blender yang anda isi dengan air dan sabun. Bilas dan blender anda bersih.

5. Membersihkan pemanggang

Seringkali setelah acara memanggang ikan atau kegiatan barbeque alat pemanggang menjadi menghitam, gosok pemanggang tersebut  dengan alumunium foil maka sisa pemanggangan yang hitam akan mudah hilang.

Baca juga :

6. Mengusir bau pada kulkas

Terkadang karena kesibukan anda, kulkas terbengkalai begitu saja. Untuk menghilangkan bau tidak enak pada kulkas yang lama tak dibersihkan, anda dapat menaruh baking soda yang ditempatkan di wadah yang tutupnya terbuka. Maka bau tidak sedap pada kulkas anda akan segera hilang.

7. Membersihkan teko teh/cangkir bekas kopi atau teh

Jika anda sering meminum teh atau kopi, pastinyateko maupun cangkir anda warnanya kerap kali ternoda akibat bekas the maupun kopi tersebut. Anda dapat menghilangkan noda tersebut dengan bantuan cuka. Siram cuka ke tempat-tempat teko maupun cangkiryang bernoda. Tunggu beberapa saat dan anda bisa menggosok bagian noda tersebut.

8. Merawat meja kayu

Jika anda mempunyai furniture yang terbuat dari kayu. Jangan menaruh sesuatu yang panas langsung diatas meja kayu tanpa di alasi. Misalnya gelas yang berisi air panas. Hal tersebut akan meninggakan noda putih pada furniture kayu anda.

Baca juga :

9. Menghilangkan noda putih pada meja kayu

Untuk membersihkan goresan putih-putih pada meja kayu, anda dapat menggunakan campuran cuka dan minyak olive oil. Sapukan rata pada meja. Alternatif lainnya anda dapat menggunakan kain yang anda celup pada minyak goreng lalu beri sedikit abu rokok pada meja yang memutih lalu gosok-gosok meja.

Sponsors Link

10. Menghilangkan stiker pada meja atau lemari

Menghilangkan stiker pada meja kayu atau pada lemari dapat anda lakukan dengan mudah dengan menggunakan minyak goreng. Tuang minyak kelapa pada stiker, biarkan meresap, lalu stiker dapat anda lepas dengan  mudah.

11. Membersihkan coretan spidol pada meja kayu

Untuk membersihkan tulisan yang memakai spidol permanen, anda dapat menggunakan alcohol.

12. Merawat sapu

Jika anda menaruh sapu dengan cara diandarkan begitu saja, pasti bagian ijuk sapu sering menekuk dan cepat rusak. Setelah sapu dipakai anda lebih baik menggantungnya, pasti sapu anda lebih awet.

13. Membersihkan kaca jendela

Cara biasa membersihkan jendela adalah dengan mengelap jendela tersebut dengan lap yang di beri sabun. Ganti lap tersebut dengan kain koran. Maka kaca akan lebih bersih.

14. Membersihkan dinding

Membersihkan dinding yang kotor dapat anda lakukan dengan campuran tepung maizena dan air. Gosok perlahan dinding/wallpaper dengan campuran tepung maizena tersebut. Alternative lainnya adalah dengan menggunakan baking soda murni. Untuk noda spidol anda dapat menggunakan pasta gigi.

Untuk mengatasi dinding lembab dan berjamur baca : Cara mengatasi dinding tembok lembab

15. Membersihkan keramik kamar mandi

Anda dapat membersihkan keramik dinding  kamar mandi maupun keramik bak mandi dengan campuran cairan pemutih baju dan baking soda. (Baca : Tips Memilih Keramik Kamar Mandi)

16. Membersihkan lantai kamar mandi

Untuk membersihkan lantai kamar mandi, gunakan air yang baru saja mendidih yang dicampur dengan citrun . Tak perlu menunggu air mendingin, selagi panas tuangkan ke lantai kamar mandi dan langsung sikat lantai kamar mandi.(Baca :  Pembersih Lantai Kamar Mandi Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi)

ads

17. Membersihkan toilet

Plak yang membandel di toilet memang susah dihilangkan. Pembersih Toilet Paling Ampuh  bisa dengan menggunakan minuman softdrink sebagai pembersihnya. Tuang softdring langsung ke dalam toilet, biarkan beberapa menit lalu gosok toilet anda. Plak pada toilet akan mudah hilang dan toilet anda akan terlihat bersih.(Baca : Cara Mengatasi Toilet Mampet )

18. Membersihkan kran shower

Untuk membersihkan kran shower, anda dapat membungkus kran shower dengan plastik yang anda masukkan cuka sebelumnya. Bungkus pada malam hari ketika seluruh anggota keluarga telah mandi dan diamkan semalaman. Keesokan paginya buka plastic dan gosok sedikit maka kran shower anda akan bebas residu.

19. Memasang alat pengurang daya pada peralatan elektronik

Dengan memasang pengurang daya pada peralatan elektronik, proses mengangkat listrik pada saat menancapkan ke steker menjadi lebih stabil, maka tagihan listrik anda pun semakin hemat dan peralatan listrik anda juga lebih awet. Itulah, Cara Membuat Alat Penghemat Listrik untuk peralatan elektronik.

Baca :

20. Membersihkan mesin cuci

Untuk membersihkan plak yang menempel pada mesin cuci, anda dapat menggunakan baking soda. Tuang baking soda pada plak yang menempel, tunggu sebentar lalusikat bersihkan plak.

Info tips mesin cuci :

21. Merawat tabung pemadam kebakaran

Tahukan anda, tabung pemadam kebakaran ternyata memerlukan service secara berkala agar dapat tetap berfungsi dengan baik.

22. Merawat charge alat elektronik

Gunakan spiral yang ada di bolpoin yang sudah tak terpakai lagi pada kabel charge alat elektronik anda (misal charge hape) agar kabel charge menjadi awet dan tak mudah terkelupas maupun putus.

23. Merawat kendaraan anda

Service kendaraan anda secara berkala untuk kelipatan jarak yang ditempuh 2000km. Jangan lupa ganti olinya. Untuk mempertahankan kilap kendaraan anda jangan lupa rajin mencucinya (sesekali cuci di tempat pencucian kendaraan agar kilap kendaraan anda lebih lama kinclongnya). Jika anda tinggal di rumah yang dekat gardu listrik, maka groundkan mobil anda.

24. Membersihkan kaca lampu sorot kendaraan

Gunakan pasta gigi yang biasa anda gunakan untuk menggosok gigi anda pad kacalampu sorot kendaraan. Dan bilas. Maka kacalampu sorot akan kembali kinclong.

Sponsors Link

25. Membersihkan bagian bawah setlika dari plak yang membandel

Campur air cuka dengan garam. Oleskan campuran tersebut pada setlika yang sedikit hangat. Biarkan selitar 15 menit lalu gosok dengan spon kasar bagian plak yang ingin di hilangkan.

Alternatif lainnya anda dapat menggunakan garam. Taburkan garam diatas kain yang sudah using dan tak terpakai. Lalu setlika garam tersebut maka kotoran yang menempel pada setlika akan menempel pada kain using tersebut. Jadi pastikan kain yang digunakan sebagai alas benar-benar tak terpakai.

26. Merawat lantai

Untuk membuat lantai menjadi kinclong, campurkan cuka apel ke air yang ingin anda gunakan untuk mengepel. Lalu pel lantai anda. Untuk lantai yang sangat kotor anda dapat mendiamkan sebentar cuka apel pada lantai tersebut baru anda sikat.

Alternatif lainnya anda dapat menggunakan ampas kelapa. Ampas kelapa yang telah anda ambil santannya dapat anda pakai untuk menggosok-gosok lantai. Lalu bersihkan ampas kelapa da lantai anda akan menjadi lebih kinclong.

Demikian beberapa tips merawat peralatan rumah tangga. Semoga membentu anda.

Artikel Terkait :

, , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik