Sponsors Link

8 Cara Menata Dapur Kecil Memanjang Terlihat Luas Dan Mewah

Bisa melakukan cara menata dapur sempit sederhana pasti akan membuat pemilik dapur merasa sangat senang. Terlebih karena dapur kecil biasanya terlihat membosankan dan tidak nyaman untuk memasak. Sementara ketika Anda di dapur maka Anda harus melakukan berbagai gerakan cepat untuk memasak. Semua peralatan dapur juga membutuhkan ruangan khusus agar tetap bersih.

ads

Hal yang sangat penting adalah interior dapur yang selaras dengan fungsinya. Bentuk dapur yang kecil biasanya dibuat memanjang untuk memberi kesan luas dan nyaman. Namun meski sudah dibuat dengan bentuk memanjang maka harus ditata dengan baik. Berikut ini adalah cara menata dapur kecil memanjang terlihat luas dan mewah.

1. Manfaatkan ruang penyimpan bawah dan atas

Jika Anda memiliki dapur kecil dengan bentuk memanjang maka pastikan Anda memiliki kitchen set pada bagian atas dan laci dapur pada bagian bawah. Jangan sampai memilih menata dapur kecil tanpa kitchen set karena akan membuat dapur berkesan tidak rapi. Semua perlengkapan dapur harus ditata rapi pada kitchen set. Pisahkan peralatan dapur harian dan yang jarang digunakan, sehingga Anda mudah dalam menggunakan atau saat mencarinya. Model dapur ini akan terlihat sangat rapi karena pada bagian atas hanya tampak alat memasak dan wastafel saja.

2. Meja dan kabinet berkilau

Salah satu cara menata peralatan dapur adalah dengan menggunakan kitchen set dan kabinet. Termasuk untuk jenis dapur yang berukuran memanjang. Hanya saja selain memasukkan semua peralatan dapur ke dalam kabinet maka Anda bisa mencoba untuk menerapkan pemilihan material dapur. Usahakan untuk menggunakan meja dapur dan wastafel yang berkilau. Kemudian bahan kabinet dan kitchen set juga harus dibuat berkilau dengan lapisan khusus. Fungsinya adalah kilau dari alat ini akan memancarkan sinar dan memberi kesan lebih nyaman. Jika ada beberapa perlengkapan yang diletakkan di atas meja dapur maka pilih yang simpel dan sering digunakan seperti pisau, sendok, garpu dan alat lain.

3. Rak kayu untuk penyimpanan atas

Tempat penyimpanan sangat penting untuk model dapur yang dibentuk memanjang. Jangan sampai Anda menyimpan berbagai perlengkapan dapur dengan model biasa karena akan terlihat berantakan. Tapi jika Anda tidak mau menggunakan kitchen set maka Anda bisa menggunakan rak penyimpan yang terbuat dari kayu. Pilih kayu yang kuat seperti kayu jati. Kemudian pasang bersusun pada bagian atas meja dapur. Anda bisa jumlah rak kayu sesuai kebutuhan tapi pastikan susunan rak kayu berukuran sama sehingga tampak menarik. Anda bisa menyusun piring, gelas, cangkir dan peralatan dapur pada rak ini. Jangan lupa untuk memainkan warna interior dapur sehingga lebih berkesan.

4. Manfaatkan gantungan dan rak kayu

Memiliki dapur memanjang dengan ukuran yang kecil bisa menjadi tantangan yang sangat besar. Pada dasarnya Anda harus cerdas untuk memanfaatkan semua ruangan untuk tempat penyimpanan. Namun ruangan harus didesain dengan baik sehingga tidak berdampak buruk untuk interior dapur. Selain itu jangan sampai menumpuk benda-benda di dapur agar memudahkan cara perawatan dapur. Caranya adalah menempatkan rak kayu untuk tempat gelas dan botol kaca penyimpan rempah atau bumbu memasak. Kemudian pada sisi samping pasang gantungan dari panel besi. Jadi Anda tetap bisa memajang panci dan peralatan memasak lain meskipun dapur sempit.

5. Pasang lemari dapur multi fungsi

Tentunya bentuk dapur yang memanjang memang harus dimanfaatkan dengan cerdas. Banyak orang yang memiliki dapur model seperti ini di rumah minimalis sederhana. Kuncinya adalah dengan menempatkan lemari penyimpan pada bagian dekat pintu. Lemari penyimpan bisa dipilih dari bahan yang sama dengan kitchen set. Hal yang sangat penting adalah jika Anda bisa memilih lemari dari bahan yang tahan terhadap rayap dan panas. Karena dapur yang kecil pasti suhunya lebih panas dibandingkan dapur biasa. Jadi meskipun dengan dapur yang kecil memanjang tapi semua peralatan dapur bisa dimasukkan dalam lemari dapur. Jika masih ada ruang maka lengkapi dengan kitchen set.

6. Konsep rak dinding tanpa kitchen set

Bentuk dapur yang memanjang juga bisa diakali dengan menggunakan rak dinding daripada kitchen set. Idenya adalah bahwa kitchen set dilengkapi dengan sekat yang bisa menyebabkan ruang bagian atas terlihat lebih sempit. Jadi Anda bisa memasang rak dinding memanjang dengan dua atau tiga susun sesuai kebutuhan. Gunakan rak untuk meletakkan berbagai alat dapur yang sering digunakan. Tambahkan dengan hiasan seperti miniatur makanan atau bunga sintetis. Pasang lampu atas yang mengarah pada rak dinding tersebut sehingga saat malam hari terlihat lebih indah.

7. Lengkapi dengan kabinet bertingkat

Kabinet atau kitchen set bertingkat bisa menjadi solusi yang sangat menarik untuk dapur memanjang dan sempit. Anda bisa menyimpan semua peralatan dapur dalam kabinet sementara di bagian atas meja dapur hanya ada perlengkapan minimalis. Kemudian pada kabinet bawah hanya digunakan untuk menyimpan peralatan dapur yang sering digunakan. Pastikan Anda menyusun berbagai peralatan dapur sesuai dengan fungsinya sehingga memudahkan pencarian. Jika pada ujung ruangan ada jendela maka gunakan bagian ini untuk meja makan kecil dengan dua kursi. Anda bisa menikmati kopi dengan santai di ruangan ini.

8. Dapur minimalis seperti cafe

Anda juga bisa mendesain dapur rumahan dengan ukuran yang memanjang seperti cafe. Konsepnya sangat sederhana karena Anda tidak perlu memajang semua perlengkapan dapur. Jadi intinya hanya perlengkapan dapur minimalis saja seperti kompor, wastafel sederhana, alat kopi, set perlengkapan makan, cangkir kopi dan gelas untuk air mineral. Lengkapi dengan rak dinding dari kayu yang tebal untuk tempat beberapa jenis makanan, alat makanan atau hiasan. Tentu saja Anda masih bisa menyimpan berbagai peralatan dapur di bagian laci bawah.

Nah itulah inspirasi cara menata dapur kecil memanjang terlihat luas dan mewah. Anda bisa memilih model penataan dapur sesuai konsep minimalis namun tetap nyaman untuk digunakan.

, ,



Oleh :
Kategori : Perawatan Dapur