Sponsors Link

4 Cara Mendinginkan Ruangan dengan Air

mendinginkan ruanganMaterial penutup dinding panas pada siang hari merupakan salah satu isu yang sudah sering terjadi. Terlebih pada negara beriklim tropis seperti Indonesia, yang memiliki musim panas dengan suhu yang cukup tinggi. Panas yang melanda berbagai jenis-jenis rumah tinggal tentunya menjadi kendala tersendiri, karena dapat mengganggu aktivitas yang seharusnya dilakukan. Namun ketahuilah bahwa faktor-faktor yang menyebabkan ruangan terasa panas bukan hanya berasal dari sinar matahari saja. Namun ada beberapa penyebab lainnya yang perlu Anda ketahui, diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Lokasi rumah. Ketahuilah bahwa lokasi rumah dapat menentukan rumah tersebut panas atau tidak. Pembangunan rumah menghadap ke barat timur biasanya cenderung dihindari karena intensitas terik matahari yang tinggi.
  • Warna dinding yang digunakan. Penggunaan warna-warna gelap dapat membantu ruangan terasa lebih panas dari sebelumnya. Maka dari itu, pada rumah tinggal biasanya lebih direkomendasikan menggunakan warna cat rumah yang indah dan sejuk seperti warna putih, krem, kuning, biru langit dan sebagainya.
  • Tidak adanya ventilasi. Ventilasi juga memiliki peranan penting dalam membuat rumah segar. Sebab fungsi ventilasi rumah membuat sirkulasi udara di dalam ruangan tetap berjalan dengan baik.

Ruangan yang panas harus segera didinginkan sesegera mungkin. Terdapat cara-cara sederhana yang dapat Anda lakukan, lho! Ingin tahu? Berikut ini adalah beberapa tips dan trik dari cara mendingin ruangan dengan air yang dapat Anda lakukan, yakni:

  1. Membuat kipas angin ac sederhana

Cara mendingankan ruangan dengan air pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan membuat kipas angin ac sederhana. Cara membuat kipas angin ac terbilang mudah dan tidak rumit, asalkan Anda teliti dalam proses pembuatannya. Dengan memanfaatkan kipas angin yang sudah tidak terpakai serta air es batu, nantinya Anda akan mendapatkan kipas angin yang memberikan udara sejuk layaknya ac rumah. Hal ini sangat efektif dilakukan dan jauh lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan penggunaan ac itu sendiri.

  1. Membahasi lantai dengan air

Tahukah Anda bahwa membasahi lantai dengan air dinilai ampuh sebagai cara mendinginkan kamar yang panas. Dengan membasahi lantai dengan air, hawa panas yang teredam di dalam lantai akan menurun secara perlahan. Maka suhu udara di dalam ruangan pun akan semakin menurun. Selain itu cara ini juga dilakukan agar kamar tidak panas dan pengap. Air yang dibasahi ini dapat membantu menghilangkan debu yang melekat pada lantai. Gunakanlah alat kebersihan rumah untuk membantu meratakan air ke permukaan lantai.

  1. Menggunakan handuk basah

Cara lain yang dapat Anda lakukan adalah dengan menggunakan handuk basah. Cukup basahi handuk yang Anda miliki dengan air bersih, kemudian gantungkan handuk tersebut di depan jendela rumah yang terbuka. Handuk ini akan bertindak sebagai pendingin alami bagi hawa panas yang berada di dalam ruangan. Meskipun cara ini masih terdengar diragukan, Anda dapat mencobanya sendiri.

  1. Merendam kaki dengan air dingin

Cara terakhir yang dapat digunakan untuk mendinginkan ruangan dengan air adalah dengan redam kaki Anda menggunakan air es batu. Beberapa memaparkan bahwa pendinginan pada kaki dapat menimbulkan reaksi yang membantu memperkuat sirkulasi menuju bagian bawah tubuh, sehingga tetap hangat. Selain itu, cara ini juga memberikan efek santai yang menenangkan pada tubuh Anda. Menarik bukan?

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara mendinginkan ruangan dengan air yang baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik