Sponsors Link

9 Cara Mengkilapkan Perabot Kayu di Rumah

perabot kayuPerabot yang terbuat dari kayu adalah salah satu jenis perabot yang paling banyak diminati dan bahkan hampir semua orang memilikinya. Selain berfungsi sebagai bahan-bahan dalam membangun rumah, kayu yang dimanfaatkan sebagai perabot ini dinilai dapat memberikan kesan alami dan natural. Maka dari itu, tidak heran perabot kayu menjadi sangat populer di kalangan sekitar. Namun permasalahan yang sering dihadapi jika memiliki perabot kayu yang pertama adalah takut dimakan rayap. Untuk mengatasinya Anda dapat mengenali jenis kayu yang tidak dimakan rayap. Permasalahan lainnya adalah penggunaan perabot kayu dalam jangka lama dapat memudarkan kilau dan kilap kayu. Sangat menyebalkan bukan? Namun jangan khawatir! Berikut ini adalah beberapa cara mengkilapkan perabot kayu yang dapat Anda lakukan. Simak!

ads
  1. Menggunakan biji kemiri

Biji kemiri dikenal memiliki nilai kandungan yang baik untuk digunakan sebagai perawatan rambut. Tetapi tidak hanya rambut, biji kemiri juga bagus untuk digunakan sebagai perawatan perabot kayu. Cara menggunakannya adalah dengan membakar lima buah biji kemiri hingga mengeluarkan minyak. Setelah itu, ambil biji kemiri dan bungkus dengan menggunakan kain kasa lalu hancurkan biji tersebut hingga membentuk bubuk. Gunakan biji yang masih terbungkus itu dan oleskan pada seruluh perabot kayu yang Anda miliki.

  1. Menggunakan tepung

Tepung juga dapat digunakan untuk membersihkan kayu jati. Tepung yang dimaksud ini adalah tepung sagu dan tepung maizena. Tepung ini dapat mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada kayu dengan cara menaburkan tepung-tepung tersebut pada perabot kayu Anda. Kemudian usap-usap permukaan kayu hingga kotoran tersebut terangkat. Jika sudah selesai, segera bersihkan tepung tersebut dan kayu akan terlihat lebih mengkilap.

  1. Menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun memang sering digunakan sebagai kecantikan, namun ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk merawat perabotan rumah tangga yang terbuat dari perabotan kayu. Minyak zaitun dapat masuk ke dalam pori-pori kayu tanpa merusak permukaan kayu yang sangat baik untuk melindungi perabot tersebut. Dengan mengoleskannya pada permukaan kayu dengan kain microfiber maka permukaan kayu akan jauh lebih mengkilap.

  1. Menggunakan air cuka

Sifat air cuka yang asam sangat baik untuk mengangkat kotoran-kotoran yang menempel pada permukaan kayu. Caranya adengan dengan mencampurkan dua sendok makan cuka ke dalam air. Aduk keduanya hingga merata dan gunakan campuran tersebut untuk mengelap permukaan kayu dengan kain atau tissue. Tunggu beberapa saat hingga terlihat kering, baru bilas dan dibersihkan kembali. Anda juga bisa mencampurkan cuka dengan minyak zaitun dengan cara yang sama namun menggunakan perbandingan 1 : 4.

  1. Menggunakan air teh

Tidak harus menggunakan bahan-bahan kimia, mengkilapkan kayu dapat menggunakan bahan-bahan sehari Anda, contohnya adalah air teh. Cukup dengan mengoleskan air teh pada perabot kayu yang ingin dibersihkan dengan menggunakan kain yang halus. Biarkan permukaan tersebut hingga mengering sebelum membersihkannya kembali.

Sponsors Link

  1. Menggunakan mineral oil

Mineral oil umumnya digunakan untuk melembabkan permukaan sebuah benda. Namun sifatnya yang bening, tidak memiliki bau dan tidak mudah untuk teroksidasi membuat minyak ini baik digunakan untuk mengkilapkan perabot kayu berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Khasiat yang dikandungnya dapat mengangkat kotoran di permukaan kayu dengan cara meneteskannya pada permukaan tersebut, lalu dioleskan dengan menggunakan busa halus. Untuk hasil yang maksimal Anda dapat melakukan proses ini sebanyak 2 sampai 3 kali.

  1. Menggunakan petroleum jelly

Pembersih furniture kayu yang dapat Anda gunakan lainnya adalah petroleum jelly. Sebenarnya petroleum ini hampir serupa dengan mineral oil. Yang menjadi pembeda hanyalah bentuknya saja. Kalau mineral oil berbentuk cair, petroleum jelly berbentuk padatan berupa gel. Oleh karena itu, sebelum hendak menggunakannya, petroleum jelly dicampurkan terlebih dahulu dengan air.

  1. Menggunakan mayones

Mayones mungkin sering Anda gunakan sebagai saus salad buah-buahan, namun ternyata fungsi mayones tidak hanya sebatas itu saja. Mayones juga dapat digunakan untuk membersihkan noda bercak pada permukaan perabot kayu. Cukup dengan mengoleskan mayones pada area-area yang terkena noda dan kotoran pun akan hilang. Jangan lupa untuk membersihkan kembali setelahnya.

Sponsors Link

  1. Menggunakan jeruk nipis

Kandungan asam yang dimiliki jeruk nipis dinilai baik untuk membersihkan perabot kayu secara alami. Dengan membelah jeruk menjadi dua bagian, peras jeruk tersebut dan teteskan pada perabotan yang terkena noda. Usap-usap permukaan tersebut hingga bersih dan perabot kayu Anda tidak hanya bersih namun juga mengkilap seperti semula.

Penggunaan perabot kayu memang banyak ditemukan karena dianggap sebagai salah satu cara menyulap ruamh biasa menjadi mewah. Namun kemewahannya itu sendiri dihasilkan dari warna natural dan kilapnya, oleh karenanya menaga kilap sangat penting pada perbot-perabot berbahan dasar kayu. Demikianlah cara mengkilapkan perabot kayu yang wajib Anda ketahui. Selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Tips & Trik