Sponsors Link

23 Bahan Bahan Dalam Membangun Rumah

Berniat memiliki rumah sendiri? Jika anda telah memiliki sepetak lahan kosong, ada baiknya jika anda memilih opsi membangun rumah sendiri. Tips Membuat Rumah Sederhana dengan membangun rumah sendiri, anda dapat menentukan kualitas bahan bangunan yang akan anda pakai dalam membuat rumah impian anda. Jika pun anda memiliki budget yang relatif pas-pas an, dengan membangun rumah sendiri anda dapat melakukan proses pembangunan secara bertahap.

ads

Bahan-bahan dalam membangun rumah yang anda perlu persiapan dalam pembangunan rumah antara lain :

1. Batu kali

Tahapan awal pembuatan rumah adalah membuat pondasi. Tips Membuat Rumah Minimalis Modern dengan pondasi jalur biasa diterapkan untuk pembangunan rumah satu lantai dan pondasi cakar ayam diterapkan untuk pembangunan rumah bertingkat. Pada pondasi jalur biasa, pembangunannya merupakan susunan batu kali yang disatukan dengan adukan semen dan pasir. Batu kali kerap kali dipilih sebagai bahan pondasi karena lebih kuat dibandingkan bahan pondasi lainnya. Pilihan bahan pembuat pondasi lain untuk menggantikan batu kali antaralain batu bata, batu putih, dan batu gunung.

2. Semen

Semen berfungsi sebagai perekat dalam pembangunan rumah. Baik dari pembuatan pondasi, dinding rumah, beton, plesteran dinding dan beragam pengerjaan rumah lain pasti memerlukan banyak semen.  Cara Mengatasi Tembok Retak yaitu dengan memilih semen dan pasir yang memiliki kualitas bagus.

3. Pasir

Pasir digunakan sebagai campuran semen. Pasir yang baik adalah pasir yang memiliki kandungan lumpur yang sedikit. Hal tersebut dikarenakan kandungan lumpur yang ada di dalam semen akan menghambat ikatan antara semen dan pasir.

4. Gamping

Gamping digunakan sebagai campuran pasir dan semen. Meski kadang gamping tidak digunakan dalam adukan semen dan pasir. Gamping berfungsi sebagai penghemat semen.

5. Baja

Baja merupakan bahan penguat dari sebuah rumah. Bagian dari rumah yang memerlukan baja antara lain pada bagian sloof padabagian atas pondasi, kolom sebagai penguat dinding (dipasang vertical, sering kali dibagia pojokan, pertemuan antara dua dinding), dan ring balok yang pembuatannya dibagian paling atas dinding yang berfungsi sebagai pengunci kolom paling atas, serta untuk memperkuat dinding dalam menahan beban atap.

6. Krikil

Krikil merupakan batu kecil-kecil. Krikil digunakan dalam pembuatan beton bersamaan dengan semen, pasir untuk mengisi kolom. Krikil yang baik adalah krikil yang keras dan berat. Hindari pemilihan  batu apung yang banyak berongga dan sangat enteng. Krikil dari pecahan batu yang besar termasuk kerikil kualitas bagus. Kerikil juga bisa di manfaatkan sebagai Cara Membuat Taman di Rumah.

7. Batu bata merah

Batu bata berfungsi dalam pembuatan dinding rumah. Batu bata yang baik memiliki ciri-ciri keras, tidak mudah pecah, dan ukurannya sama antara satu bata dengan bata yang lain.

Dewasa ini para pembuat batu bata semakin pandai menyiasati pembuatan batu bata, mereka mulai menaburi garam pada tahap finishingnya. Penambahan garam bertujuan agar bata cepat kering dan cepat matang ketika dibakar. Kekurangan dari penambahan garam adalah bata menjadi mudah pecah.


8. Batako

Alternatif bahan batu bata merah dalam pembuatan dinding adalah batako. Terbuat dari campuran pasir dan semen dengan perbandingan 8:1. Pembuatannya relatif lebih mudah dibanding pembuatan bata merah karena tidak memerlukan pembakaran. Harganya juga lebih terjangkau. Kelemahan batako adalah lebih menyerap panas, sehingga rumah yang memakai batako sebagai dinding akan lebih panas ketika siang hari.

8. Kayu

Kayu sering digunakan dalam gawang, reng genteng, kusen pintu jendela, serta sebagian rumah yang mempunyai ccurah hujan relatif tinggi, ada pula yang menggunakan kayu sebagai lantai dan tembok  untuk sebagai cara mengatasi dinding lembab dan berjamur. Kayu yang bagus adalah kayu yang cukup kering. Jika kayu masih basah, setelah beberapa bulan pemasangan kayu pada bangunan maka kayu akan melengkung.

9. Genteng

Genteng berfungsi sebagai atap rumah.  Genteng yang banyak dipilih adalah genteng yang terbuat dari tanah liat dan beton karena genteng dari bahan tersebut membuat rumah lebih dingin di siang hari. Genteng yang lebih ringan sebagai alternatif adalah genteng metal serta asbes. Beratnya yang lebih ringan dapat mengurangi penggunaan katu sebagai kerangkanya.

Jangan lupa membeli beberapa genteng yang terbuat dari kaca agar rumah menjadi terang disiang hari, karena cahaya matahari dapat masuk melalui genteng kaca ini. Pemasangan genteng kaca juga sebagai salah satu cara mencegah dan mengatasi dinding rumah menjadi lembab dan berjamur.

10. Kusen

Kusen tempat pemasangan pintu, jendela serta ventilasi rumah. Pemasangan kusen yang menancap mati dengan dinding membuat kita harus pintar memilih kayu sebagai bahan pembuatnya. Pilih kayu yang benar-benar kering untuk kusen sehingga bentuknya tidak akan melengkung setelah beberapa bulan pemasangan dan terkena pancaran matahari setiap harinya. Cara Memasang Kusen Aluminium sangat berbeda dengan kusen kayu. Tepati keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan.

Ada baiknya jika anda membeli pohon dari orang yang anda kenal agar anda dapat memilih kayu yang benar-benar tua. Setelah kayu yang anda beli mengering, anda dapat meminta pembuat kusen membuatkan kusen yang bentuknya sesuai keinginan anda. Hal ini akan dapat menghemat pengeluaran serta kayu yang anda gunakan memang terjamin kualitasnya.

11. Pintu

Pintu berfungsi sebagai akses keluar masuk rumah. Seperti kusen pilih kayu yang tua dan benar-benar kering agar pintu tetap awet dan tidak melengkung. Ada banyak jenis pintu yang bisa anda temukan, tetapi kebanyak kita lihat jenis pintu geser. Cara Membuat Pintu Geser tentunya lebih mudah di bandingkan membuat pintu biasa.

12. Kunci Pintu

Kunci pintu juga sangat berperan dalam menjaga keamanan rumah. Pilih kunci pintu yang benar-benar berfungsi dengan baik. Hal tersebut juga merupakan salah satu cara mencegah dan menghindari rumah dari kemalingan.

13. Jendela

Jendela merupakan salah satu bentuk fentilasi yang digunakan udara keluar masuk rumah. Kayu yang dipilih juga harus tua dan kering. Anda dapat mempertimbangkan memasang teralis pada jendela sebagai salah satu cara mencegah rumah dari kemalingan. Jendela rumah juga dapat difungsikan sebagai ventilasi. Fungsi ventilasi rumah adalah tempat bertukarnya udara dari dalam rumah dan luar rumah.

14. Keramik

Keramik biasa digunakan untuk mempercantik tampilan lantai. Selain itu keramik juga seringkali dipasang di dinding kamar mandi agar dinding dibagian yang berlawanan dengan kamar mandi lebih awet serta dinding tersebut terbebas dari lumut dan jamur. Pemasangan keramik juga bisa mempermudah proses bersih-bersih lantai.  Tips Memilih Keramik, contohnya Tips Memilih Keramik Lantai Dapur dan Tips Memilih Keramik Kamar Mandi sangat berbeda.

15. Cat

Cat berfungsi sebagai pelapis dinding tembok. Dengan pemilihan warna cat yang sesuai, rumah akan terasa lebih indah dan penghuni rumah semakin nyaman berada di rumah. Selain pemilihan warna, yang harus anda ketahui adalah dengan pemilihan Cat Tembok Anti Lembab.


16. Wallpaper

Wallpaper adalah alternative lain dari penutup dinding rumah. Bentuknya yang berupa gulungan kertas lebih cepat pemasangannya di dinding dibandingkan dengan pengecatan rumah. Fungsi wallpaper rumah untuk menutupi kekurangan tembok atau cat tembok yang lama yang sudah usang. Dengan adanya wallpaper ruangan rumah anda menjadi

17. Pipa

Pipa merupakan bahan yang berfungsi mendistribusikan air, baik dari sumber air (PAM atau sumur) maupun sebagai saluran pembuangan air.

18. Kran air

Kran air berfungsi sebagai pengatur buka tutup aliran air. Untuk perawatan kran air, silahkan baca artikel tips merawat peralatan rumah tangga.

19. Kabel Listrik

Kabel digunakan sebagai pendistribusian aliran listrik ke seluruh rumah. Pilihlah kabel yang lumayan tebal dan berstandar SNI agar kabel rumah senantiasa awet.

20. Lampu

Lampu sebagai penerangan rumah di malam hari. Pilihlah lampu hemat energi agar lampu yang andapakai awet, tahan lama, dan hemat konsumsi listrik.

21. Dudukan WC

Salah satu ciri rumah yang tidak sehat adalah tidak adanya sarana MCK. Jika anda ingin rumah anda termasuk rumah sehat, maka anda harus membangun sarana MCK. Dudukan WC (baik dudukan untuk WC duduk maupun WC jongkok) adalah salah satu bahan bangunan yang wajib anda beli.

22. Paku

Untuk paku bukan merupakan bahan bangunan utama, tetapi fungsinya untuk memaku dan mengabungkan berbagai bahan bangunan seperti kayu dan bahan bangunan yang lainnya sangat diperlukan dalam kegiatan pembangunan.

23. Bambu

Bambu sering kali dipakai sebagai bahan tambahan dalam prosen pembangunan. Bambu sering digunakan sebagai tiang dan dudukan para tukang dalam membuat dinding serta sebagai tiang penyangga.

 

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Info Dasar