Sponsors Link

6 Cara Memperbaiki Kabel Speaker yang Putus

kabel speaker putusDalam kehidupan sehari-hari, kebutuhan elektronik tidak pernah lepas menghiasi berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Entah berbagai macam-macam konsep bangunan apa yang digunakan serta dekorasi apa yang Anda gunakan, apakah dekorasi rumah scandinavian atau dekorasi rumah vintage, alat elektronik selalu ada dan dibutuhkan. Salah satu alat elektronik tersebut adalah speaker, yang berfungsi sebagai pengeras suara. Speaker di rumah minimalis sederhana biasanya dimanfaatkan sebagai alat bantu pengeras suara pada acara-acara besar seperti acara keluarga, arisan dan sebagainya.

ads

Pada speaker rumah, terkadang kita seringkali menemukan berbagai masalah umum yang sering terjadi. Masalah tersebut adalah suara spekear yang terkadang terdengar lebih pelan bahkan terkadang tidak jelas atau putus-putus. Bahkan beberapa kasus juga ditemukan kalau speker sama sekali tidak mengeluarkan suara. Tidak keluarnya suara dari speaker ini sebenarnya dapat dipicu oleh berbagai faktor. Salah satunya adalah kabel yang putus maupun komponen elektronik yang sudah rusak dan perlu perbaikan. Untuk mengatasi masalah kabel putus ini, pertama-tama Anda perlu mencari sumber kabel yang bermasalah. Berikut ini adalah panduan memperbaiki speaker aktif yang rusak serta cara memperbaiki kabel speaker yang putus, yakni:

  1. Memeriksa bagian power supply

Apabila speaker aktif Anda tiba-tiba mati dan tidak bisa mengeluarkan suara, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memeriksa bagian power supply. Power supply pada speaker ini terdiri kombinasi beberapa komponen elektronik yang dapat memberikan asupan listrik ke seluruh komponen yang berada di dalam rangkaian speaker aktif ini. Pertama-tama Anda perlu menyalakan speker aktif, kemudian lihatlah apakah lampu indicator menyala atau tidak. Jika ditemukan lampu yang menyala, maka kemungkinan besar power supply masih dalam kondisi yang baik.

  1. Memeriksa bagian kabel audio

Apabila power supply telah dinyalakan, maka listrik akan masuk ke dalam rangkaian. Maka dari itu, bagian selanjutnya yang perlu diperiksa adalah kabel audio. Kabel audio merupakan kabel yang menjadi penghubung antara speaker aktif dengan sumbernya, yakni dapat berupa komputer maupun dvd player.

Apabila kabel penghubung output speaker aktif dengan sumber pada bagian ujungnya menggunakan soket RCA serta jack stereo berukuran kecil, maka Anda dapat mencoba mengganti kabel tersebut menggunakan kabel lain. Namun apabila kabel penghubung tersebut tidak dapat digantikan, maka Anda dapat membuka kotak speaker dan mengganti kabel tersebut dengan kabel sejenisnya. Apabila speaker Anda masih belum juga mengeluarkan suara, maka komponen yang perlu diperiksa selanjutnya adalah kabel speaker.

  1. Memeriksa kabel speaker

Proses pemeriksaan kabel speaker harus dilakukan secara berurutan dan penuh kehati-hatian. Pekerjaan dimulai dari pangkal kabel, yakni bagian yang menempel pada rangkaian sampai pada ujung kabel yang menempel pada speaker. Mengapa demikian? Karena kemungkinan besar speaker tidak dapat berfungsi dengan baik ini dipicu oleh kabel speaker yang tiba-tiba terputus akibat terhimpit atau juga karena digigit tikus. Apabila Anda menemukan kondisi kabel yang terputus, maka selanjutnya Anda perlu memeriksa bagian kotak speaker.

  1. Memeriksa jalur kabel

Setelah kotak speaker dibuka, Anda akan menemukan berbagai macam jalur kabel. Secara teliti, periksalah setiap kabel yang ada. Apakah ada yang tidak terhubung atau sudah terputus. Jika kabel tersebut sudah ditemukan, maka solder kabel tersebut secara hati-hati. Bagian sambungan kabel kemudian diisolasi. Apabila sisa kabel yang terdapat di kotak speaker masih dalam keadaan baik-baik saja, Anda dapat beralih memeriksa bagian tone control.

Sponsors Link

  1. Tone control

Tone control ini sebenarnya merupakan rangkaian elektronik yang terdapat di dalam kotak speaker. Tone control ini juga sudah terhubungan dengan potensio volume-base-trebel. Bisa dikatakan, tone control merupakan rangkaian yang pertama kali menerima sinyal audio dari sumber suara. Sinyal tersebut akan terhubung dengan potensio volume dan dapat diatur besar dan kecil suara keluarannya. Pemeriksaan pada bagian tone control ini dilakukan untuk memastikan apakah komponen ini masih berfungsi dengan baik atau tidak. Caranya adalah melihat komponen yang tertempel pada PCB. Apabila komponen tersebut terlihat rusak dan seperti habis terbakar, maka Anda perlu mengganti komponen tersebut dengan jenis yang serupa. Namun apabila dinyalakan dan tone control masih juga tidak mengeluarkan suara, maka Anda perlu memeriksa bagian power amply.

  1. Power amply

Bagian ini merupakan rangkaian terkahir pada komponen speaker yang memiliki fungsi berupa penguat sinyal audio yang dikirim dari tone control. Sinyal tersebut kemudian diteruskan pada speaker yang Anda miliki. Ciri khas dari power amply adalah bagian PCB ini terhubung langsung dengan jalur kaber speaker. Apabila ditemukan beberapa komponen yang terbakar, maka Anda perlu menggantinya dengan komponen yang sejenis.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara mengganti kabel speaker yang putus dengan baik dan benar serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Elektronik