Sponsors Link

3 Cara Memperbaiki Televisi yang Tidak Bisa Menyala

tv tidak menyalaTips memilih furniture rumah yang tepat adalah menyesuaikannya dengan kebutuhan yang dimiliki. Televisi merupakan salah satu perabot rumah yang digunakan untuk membantu penghuni menghabiskan waktu senggang di berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Setelah beres membersihkan rumah dengan alat kebersihan rumah, rasanya sangat menyenangkan apabila dihibur dengan menonton tv. Maka dari itu, terlepas dari dekorasi rumah apa yang digunakan, entah dekorasi rumah scandinavian atau dekorasi rumah vintage, kehadiran televisi di dalam rumah rasanya wajib.

ads

Seperti halnya barang elektronik pada umumnya, terkadang televisi juga dapat mengalami kerusakan. Entah tiba-tiba layar tv mengalami kerusakan gambar atau ada warna-warna yang hilang. Atau terkadang juga gambarnya buram. Namun jangan khawatir, Anda dapat melakukan cara memperbaiki tv yang rusak warnanya sebagai solusi. Namun selain itu, ada masalah lain yang kerap kali hadir pada televisi. Yakni ketika tv tidak bisa menyala sama sekali. Televisi yang tidak bisa menyala sama sekali sebenarnya dapat disebabkan oleh berbagai faktor, yakni adanya kerusakan karena protek, tidak terdapat arus tegangan sama sekali atau bisa juga disebabkan oleh adanya kerusakan pada komponen vital. Hal ini tentunya sangat menyebalkan bukan? Untuk mengatasi hal tersebut, Anda membutuhkan tips dan trik khusus. Ingin tahu? Berikut ini adalah cara memperbaiki televisi yang tidak bisa menyala dengan baik dan benar, simak!

  1. Memeriksa kondisi fisik komponen

Terjadinya perubahan kondisi fisik komponen pada TV tentunya akan memberikan pengaruhi terhadap daya kerjanya. Contohnya adalah apabila elco mengembung atau kering dikarenakan umurnya yang sudah lama atau juga karena posisinya dekat dengan suhu yang panas. Hal ini dapat menyebabkan resistor terbakar dikarenakan adanya arus balik, short atau terkena beban berat. Apabila komponen tersebut terletak di blok regulator, maka regulator tidak dapat berfungsi dengan baik. Bahkan dapat menyebabkan seluruh tegangan output berubah menjadi 0 volt.

  1. Memeriksa kondisi tegangan output regulator

Apabila tahap pengecekan sudah selesai dilakukan dan tidak ditemukan masalah di dalamnya, maka Anda dapat melanjutkan proses pemeriksaan pada seluruh bagian tegangan dari output regulator. Regulator memiliki fungsi sebagai pensupply semua tegangan yang dibutuhkan. Tegangan tersebut diantaranya adalah:

  • 5-12 volt digunakan untuk mensupply blok IC croma serta IC micro control (untuk kebutuhan 5-8 volt).
  • 24-30 volt digunakan untuk mensupply blok IC vertikal serta turner dan juga power radio.
  • 90-185 volt digunakan untuk mensupply blok horizontal, serta flyback dan juga CRT (tabung).

Kondisi tv yang tidak dapat menyala sama sekali dapat disebabkan oleh sistem regulator yang tidak bisa bekerja dengan baik. Akhirnya tegangan pun tidak dapat menghasilkan tegangan yang ditemukan. Kerusakan utama regulator biasanya terletak pada bagian transistor, feta atau juga pada IC STR. Apabila memang pada tahap ini Anda tidak menemukan masalah, maka Anda dapat melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Sponsors Link

  1. Memeriksa beberapa area atau blok TV

Tahap ini adalah proses melakukan pemeriksaan pada beberapa area atau blok TV. Komponen TV terbagi atas berbagai bagian penting. Hal inilah yang harus digaris bawahi. Memahami bagian-bagian penting yang terdapat di dalam TV dapat mempermudah Anda melakukan proses perbaikan. Area-area penting tersebut terbagi atas:

  • Regulator
  • Flyback
  • Horizontal
  • Vertikal
  • Control atau program atau chroma
  • Audio power
  • Tuner dan lainnya.

Apabila memang pada langkah diatas masih belum dapat mengatasi kerusakan pada televisi yang tidak menyala, maka cobalah untuk melepas satu persatu komponen yang terdapat pada blok atau area yang sudah disebutkan tadi, terlebih pada bagian komponen yang dirasa mengalami kerusakan. Kebanyakan orang malas untuk melakukan hal ini karena dianggap dapat menyita waktu. Namun jika Anda ingin membetulkan televisi secepat mungkin, hal ini perlu Anda lakukan. Apabila memang kerusakan masih belum bisa ditemukan juga, Anda dapat membawa tv Anda kepada tukang yang lebih ahli.

Sponsors Link

Televisi dalam rumah tinggal memiliki peranan yang penting sebagai hiburan untuk penghuni. Sebagai salah satu bahan elektronik, tv juga butuh perawatan dan pemakaian yang baik supaya tetap awet dan memiliki daya tahan lama. Hal ini juga dilakukan untuk menghindari masalah-masalah yang tidak diinginkan seperti kaca layar yang rusak, warna yang tidak lengkap dan tv tidak menyala sama sekali. Apabila Anda menemukan kerusakan-kerusakan pada tv, sebaiknya pelajari dulu penyebab-penyebab yang dapat menjadi pemicu tv menjadi rusak. Setelah itu, kenali komponen bagian tv supaya kerusakan dapat diatasi dengan mudah dan tepat. Dengan begitu Anda tidak perlu repot-repot membawa tv ke tukang servis karena dapat membetulkannya sendiri. Demikianlah beberapa tips dan trik dari cara memperbaiki televisi yang tidak bisa menyala yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Elektronik