Sponsors Link

8 Tips Membeli AC untuk Kamar Tidur Terbaik

Penyejuk ruangan atau air conditioner yang biasa disebut dengan AC sudah menjadi salah satu komponen pelengkap dalam kamar tidur untuk memberikan kesejukan khususnya karena negara Indonesia memiliki iklim yang panas. Namun ketika berniat untuk membeli AC, ada beberapa hal penting yang juga harus dipikirkan agar tidak menyesal dan juga sesuai dengan kamar tidur anda. Agar tidak salah, berikut akan kami berikan beberapa tips membeli AC untuk kamar tidur yang bisa anda jadikan sebagai bahan pertimbangan.

1. Pilih AC Hemat Listrik

Tips membeli AC untuk kamar tidur yang pertama adalah memiliki AC yang hemat listrik. Banyak orang yang mengabaikan spesifikasi daya listrik AC yang akan dibeli sehingga lebih memilih AC yang murah namun sebenarnya penggunaan energinya boros.

Jika anda masih bingung untuk memilih AC yang hemat listrik, anda bisa memilih AC yang memiliki fitur inverter di mana sudah digunakan oleh beberapa produsen. AC dengan fitur inverter ini bisa mendinginkan shu di ruangan seperti kamar tidur dalam waktu yang cepat. Sedangkan untuk penggunaan listrik pertama hanya 1/3 lebih rendah dibandingkan dengan AC yang tidak dilengkap inverter. Menggunakan AC dengan fitur inverter ini bisa menghemat sekitar 30 persen sumber daya yang jauh lebih kecil dibandingkan AC lainnya.

2. Pertimbangkan Aspek Kesehatan

Semakin berkembangnya zaman, banyak perusahaan elektronik yang juga memberikan teknologi yang bisa membunuh virus serta bakteri yang dinamakan dengan plasmacluster termasuk juga pada pendingin ruangan pengganti AC lainnya. Hal ini juga sudah terbukti dari serangkaian uji coba yang dilakukan yakni pada ruangan dengan luas 320 meter dengan kelembaban rata rata 80 persen. Hasilnya, ion negatif dan juga positif pada plasmacluster tersebut memang bisa menghilangkan bakteri dan juga jamur dalam waktu 6 jam sehingga pastikan AC untuk kamar tidur anda memiliki fitur tersebut.

3. Sesuaikan Dengan Luas Kamar

Beberapa orang berpikir jika AC ½ PK cocok untuk ruangan yang berukuran kecil seperti kamar tidur, sedangkan untuk ruangan besar butuh kapasitas 2 PK. Namun sebenarnya, ada rumus untuk menentukan luas ruangan dan unit AC yang diperlukan untuk menghindari masalah pada AC seperti AC tidak dingin hanya keluar angin.

Beberapa dari anda mungkn sudah mengetahui jika AC juga mempunyai PK (Paard Kracht). Ukuran tersebut nantinya akan menerangkan tingkat satuan kapasitas pendingin AC. Selain itu, ada juga istilah BTU (British Thermal Unit) akan menerangkan ukuran dari kemampuan pendinginan.

AC dengan PK berbeda akan emmpunyai nilai BTU yang juga berbeda. Untuk itu ukuran standar yang biasa digunakan adalah AC ½ PK = ±5.000 BTU/h, AC ¾ PK = ± 7.000 BTU/h, AC 1 PK = ± 9.000 BTU/h, AC 1½ PK = ±12.000 BTU/h, dan AC 2 PK = ±18.000 BTU/h.

Sebagai contoh menghitungnya adalah kamar tidur berukuran 3 x 3 perhitungannya adalah 3 x 3, maka cara menghitungnya adalah 3 x 3 x 500 BTU sehingga hasilnya adalah 4.500 BTU dan kapasitas AC yang dibutuhkan adalah 0.5 PK. Namun jika luas kamar tidur adalah 5m x 4m dan menghasilkan jumlah 10.000 BTU, maka AC yang anda butuhkan adalah 1 PK.

4. Perhatikan Letak Pemasangan

Lokasi pemasangan AC di kamar tidur juga harus ditempatkan pada lokasi yang benar yang juga termasuk dalam tips membeli AC rumah. Hindari memasang AC di depan pintu sebab udara akan lebih mudah keluar ruangan. Selain itu, pemasangan juga tidak boleh terlalu rapat ke atas plafon agar udara yang keluar bisa lebih maksimal.

5. Pilih Unit dengan Kontrol yang Mudah Digunakan

Pilih juga AC dengan kontrol yang mudah digunakan untuk kenyamanan. Carilah tampilan LED besar dan mudah dibaca jika anda ingin mengetahui suhu ruangan dengan tepat secara sekilas. Temukan juga model dengan label yang jelas yang bisa anda pahami dan tombol tombol yang lebih tinggi dan berbagai bentuk yang nyaman untuk ditekan. Jika masalah keterjangkauan menjadi yang paling penting untuk anda, maka pilih model sederhana dengan kontrol mekanis dan tanpa layar LED.

6. Pilih AC dengan Ventilasi yang Bisa Disesuaikan

Pastikan anda memilih AC dengan ventilasi yang bisa disesuaikan sehingga anda bisa mengontrol aliran udara kecuali jika anda ingin membeli pendingin ruangan tanpa AC. Pendingin ruangan atau AC bisa mendinginkan kamar terbaik ketika meniupkan udara ke arah pusat ruangan. Menemukan unit dengan ventilasi yang bisa diatur atau kisi kisi untuk memastikan jika anda bisa memprogram unit anda. Baca deskripsi unit AC tertentu untuk melihat apakah ventilasi bisa disesuaikan atau tidak.

7. Gunakan Unit Split

Jika anda ingin mendinginkan beberapa kamar secara sekaligus, maka gunakan split ductless tunggal yang bisa mendinginkan beberapa kamar dengan tenang dan efisien. Unit slit ductless memang biasanya lebih mahal dibandingkan dengan unit window atau portable namun anda tidak perlu membeli beberapa AC untuk mendinginkan lebih dari satu kamar.

Jenis AC ini dikenal sebagai sistem split sebab terbagi antara unit dalam dan unit luar. Ini disebut dengan ductless sebab tidak butuh pemasangan saluran udara di rumah anda. Sebagai Gantinya, selang kecil akan mengalir melalui dinding anda dan menghubungkan unit tersebut dari dalam ke luar.

Unit dalam umumnya akan dipasang tinggi pada dinding dekat langit langit dan terlihat seperti kotak putih tipis yang panjang. Unit split ductless ini terbilang sulit untuk dipasang, sehingga anda mungkin butuh seorang profesional untuk melakukan instalasi AC tersebut di kamar anda.

8. Pertimbangkan Fitur Tambahan AC

Sebagian AC yang dijual saat ini dilengkapi dengan remote control yang bisa anda gunakan untuk mengontrol dari jauh, penghitung waktu yang memungkinkan anda untuk menyalakan AC dengan daya berbeda pada waktu yang berbeda atau menyalakan AC secara otomais sebelum pulang dari kantor dan juga filter yang bisa menghilangkan debu, bau atau sumber alergi lain. Ini semua sangat penting untuk diperhatikan khususnya jika anda atau anggota keluarga memiliki alergi tertentu.

Beberapa tips membeli AC untuk kamar tidur yang sudah kami berikan di atas bisa anda gunakan sebagai pedoman ketika ingin membeli AC. Pastikan juga AC yang anda beli memiliki garansi sehingga bisa ditukar sewaktu waktu jika terjadi kerusakan selama masa garansi tersebut masih berlaku dan juga memahami tentang cara membersihkan AC rumah sendiri untuk perawatannya.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Elektronik