Sponsors Link

8 Tips Membeli Rumah di Jakarta yang Tepat dan Murah

Rumah menjadi salah satu kebutuhan pokok setiap orang khususnya bagi yang sudah berkeluarga. Namun membeli rumah tidak bisa dilakukan secara asal asalan. Membeli rumah khususnya di area Jakarta dan sekitarnya harus dipikirkan dengan sangat baik tidak hanya dari segi harga, namun juga beberapa faktor lainnya. Agar anda tidak menyesal dan membuang uang percuma, silahkan simak tips membeli rumah di Jakarta yang akan kami berikan berikut ini.

1. Cari Sendiri Tanpa Makelar

Tips membeli rumah di Jakarta yang bisa anda lakukan adalah mencarinya secara langsung tanpa melewati makelar. Memang akan ada banyak info rumah murah di Jakarta yang bisa ditemukan dengan mudah di internet. Namun ketika anda membeli rumah dari makelar atau agen, maka harga yang anda dapatkan tentunya jadi lebih mahal.

Hal ini disebabkan karena ada fee tambahan untuk jasa yang mereka berikan yakni minimal 2 persen dari harga transaksi. Ini juga belum termasuk dengan biaya surat surat rumah seperti untuk balik nama. Biaya nantinya bisa lebih ditekan jika anda mencari rumah sendiri langsung ke lapangan atau bisa juga mencari mencari di internet yang memasang pemberitahuan TP atau dengan kata lain tanpa perantara dan pelajari juga tentang cara nego rumah bekas ataupun baru.

2. Mencari ke Pameran Properti

Jika anda ingin mendapatkan rumah dengan harga yang murah di Jakarta, maka sebaiknya anda lebih rajin untuk pergi ke pameran properti. Pameran akan selalu menghadirkan harga yang lebih murah termasuk juga pada pameran properti. Selain bisa mendapatkan harga yang lebih murah karena ada diskon, anda mungkin juga bisa mendapatkan potongan biaya administrasi atau provisi KPR berbeda dengan tips membeli rumah bekas dengan KPR.

Potongan yang bisa anda dapatkan juga cukup lumayan yakni sekitar 5 Juta Rupiah dan bahkan lebih dari itu. Selain itu, proses KPR juga akan lebih mudah jika pembelian dilakukan dalam pameran. Untuk itu, pastikan anda membaca tentang berita properti sehingga bisa mengetahui jadwal pameran properti pada masing masing area di Jakarta.

3. Beli Rumah di Lelang Bank

Tips berikutnya yang bisa anda gunakan ketika ingin membeli rumah vs apartemen di Jakarta adalah lewat lelang di bank. Bank memiliki daftar rumah yang akan mereka lelang dari orang orang yang mengalami macet kredit. Rumah lelang tersebut umumnya juga memiliki harga yang lebih rumah sebab bank cenderung mau menjual rumah secara cepat untuk mendapatkan uang.

Untuk membeli rumah di lelan bank, anda bisa memeriksa di situs bank dan melihat sendiri daftar rumah yang tersedia. Beberapa bank juga sudah memiliki aplikasi info lelang mereka yang bisa anda download di Playstore yang tidak hanya melelang rumah namun juga info lelang tentang kendaraan dan beberapa barang lain dengan harga yang tentu lebih murah jika dibandingkan dengan harga pasaran.

4. Beli Rumah Inden atau Masih Dibangun

Rumah inden area Jakarta umumnya juga lebih murah jika dibandingkan dengan rumah yang sudah jadi karena developer membutuhkan dana investasi agar bisa menggerakkan bisnis properti miliknya. Namun, anda juga harus lebih sabar karena proses menunggu rumah hingga jadi sampai siap dihuni juga tidak sebentar sekaligus memastikan reputasi pengembang berbeda dengan cara membeli tanah.

Beli rumah inden juga bisa menjadi pilihan. Namun, pastikan anda memilih pengembang yang tepat sebab jika salah memilih pengembang, risikonya rumah anda tidak akan pernah jadi atau mangkrak di tengah jalan. Hal ini nantinya bisa menyebabkan anda rugi dari segi uang dan kerepotan karena harus mengurus perkara rumah inden tersebut.

5. Beli Rumah Bekas

Alternatif lain ketika anda ingin membeli rumah di Jakarta ataupun cara membeli rumah cash adalah membeli rumah bekas yang harganya tentu jauh lebih ramah kantong dibandingkan ketika anda membeli rumah baru khususnya jika penjual juga butuh dana cepat. Anda bisa melihat situs jual beli rumah di internet atau bisa mencari sendiri ke kompleks perumahan yang anda inginkan. Yang harus diperhatikan saat membeli rumah second adalah kondisinya. Selama kondisi rumah yang anda inginkan masih bagus, maka tidak ada salahnya membeli rumah yang sudah pernah dihuni tersebut.

6. Lakukan Pendekatan ke Special Assets Bank

Cara berikutnya agar anda bisa mendapatkan rumah murah di Jakarta adalah dengan jaringan luas. Ini sebenarnya tidak hanya berlaku ketika anda mencari rumah di Jakarta, namun juga di area lainnya. Jika anda mudah bergaul, maka cobalah untuk mendekati salah satu petugas special assets bank tersebut.

Pegawai bank yang mengelola aset yang macet seperti kredit tanpa agunan dan juga KPR bisa membantu anda untuk mendapatkan rumah di Jakarta. Rumah seringkali dijadikan sebagai agunan kredit dan tidak sedikit juga yang gagal dalam pembayaran yang akhirnya membuat pihak bank menyita rumah tersebut. Agunan ini kemudian akan dijual kembali atau dilelang untuk menutup semua kerugian bank. Umumnya, nilai rumah sitaan bank tersebut akan jauh di bawah harga pasaran sebab pihak bank ingin secepat mungkin mencairkan aset tersebut dalam bentuk uang.

7. Pilih Model Rumah Kecil

Tips memilih rumah di perumahan agar anda bisa mendapatkan rumah di Jakarta dengan harga terjangkau, maka pastikan anda memilih model rumah yang kecil. Hal yang sering menjadi masalah ketika ingin membeli rumah di area Jakarta adalah karena harga tanah yang sangat tinggi dibandingkan area luar Jakarta dan inilah yang membuat harga rumah juga ikut melambung tinggi.

Jika anda ingin mendapatkan rumah di Jakarta, maka pastikan untuk memilih rumah yang tidak terlalu banyak memakan lahan seperti contohnya tipe 36. Jika memang anda ingin menambah bangunan, maka nantinya anda bias menambahnya ke atas atau meningkat rumah sehingga rumah yang anda miliki juga lebih besar.

8. Pilih yang Dekat Dengan Akses Transportasi

Tips membeli rumah berikutnya, pastikan juga anda memilih rumah yang memiliki akses transportasi mudah. Jika anda memilih rumah yang jauh dari segala akses transportasi, maka hanya akan membuat anda mengeluarkan uang lebih banyak untuk aktivitas sehari hari khususnya jika rumah tersebut letaknya jauh dari lokasi kantor anda.

Sebenarnya, masih banyak tips membeli rumah di Jakarta lainnya, namun beberapa tips di atas menjadi yang terpenting jika anda ingin mendapatkan rumah dengan harga lebih terjangkau di Jakarta. Semoga bisa bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Lokasi