Sponsors Link

6 Pendingin Ruangan Pengganti AC Alternatif

Jaman sekarang teknologi semakin canggih, namun hal tersebut tak lain juga membawa dampak negatif bagi kehidupan manusia di muka bumi. Salah satunya adalah Global Warming. (Baca juga: Cara Membersihkan Debu di Rumah dengan Efektif)

ads

Global Warming atau sering kita dengar dengan pemanasan Global sangat merugikan kita. Karna semakin menipisnya lapisan ozon dan membuat udara semakin panas. Tak semua makhluk hidup bahkan manusia dapat hidup pada suhu yang relatif tinggi setiap saatnya. Untuk itu dengan perkembangan teknologi pula lah yang membuat manusia dapat menangani situasi tersebut. (Baca juga: Penyerap Lembab Ruangan Alami dan Siap Pakai)

Karena udara yang semakin panas, banyak masyarakat menggunakan AC (Air Conditioner) untuk mendinginkan ruangan rumah mereka. Karena faktanya harga sebuah AC saat ini relatif terjangkau. Banyak rumah – rumah di perkotaan, perkantoran, bahkan kota – kota kecil dan desa pun telah banyak yang mengaplikasikan AC pada rumah mereka untuk mendinginkan ruangan dari panasnya udara luar. (Baca juga: Cara Mengatasi Rumah Lembab dan Berjamur)

AC biasanya di pasang pada sebuah ruangan yang cukup besar dan lebar pada rumah atau perkantoran. Namun tak jarang AC juga di gunakan pada ruang – ruang kecil sesaui dengan kebutuhan orang yang menggunakan nya. AC bahkan telah di aplikasikan pada ruang ATM Machine meskipun tidak ada pegawai atau orang yang akan menetap di dalam nya. (Baca juga: Kriteria Rumah Sehat dan Bersih)

Meskipun harga AC telah sangat murah terjangkau saat ini, namun masih saja ada sebagian masyarakat yang belum memakai AC atau hanya menggunakan nya pada satu ruang tertentu di rumah mereka saja. Berbagai alasan di lontarkan seperti Budget yang tidak cukup, kapasitas daya tarik listrik yang lemah, dan berbagai alasan lain. Namun apakah itu berarti anda harus merasakan dan bertahan dengan suhu panas yang ada? Apakah ada alternatif lain? (Baca juga: Ciri-ciri Rumah Sehat dan Bersih)

Eits, jangan salah banyak sekali cara alternatif yang dapat anda laukan untuk membuat pendingin ruangan pengganti perangkat AC. Ada beberapa jenis pendingin ruangan yang dapat koita gunakan untuk menggantikan AC, pendingin ini juga cukup efesien karna memiliki harga yang lebih murah dan daya yang kecil. Meskipun tidak sedikit AC namun pendingin ini sudah dapat membuat kita merasa sejuk. Apa saja? Berikut ulasan nya mengenai Pendingin Ruangan Pengganti AC ! (Baca juga: Ciri-Ciri Lingkungan Sehat dan Bersih)

Cooling Pack

Collong pack merupakan pendingin ruangan pengganti AC yang berada pada urutan pertama. Bentuk cooling pack sekilas menyerupai bantal, namun sayangnya penggunaaan cooling pack hanya dapat digunakan pada Kipas Angin.

Baik kipas angin berdiri maupun portable, untuk mendapatkan udara sejuk dengan cara alternatif satu ini, anda hanya perlu meletakan Cooling Pack di belakang kipas angin. Sebelum menggunkan alat ini anda harus membekukan cooling dalam Freezer selama kurang lebih 4 jam terlebih dahulu. Barulah alat ini bisa di gunakan untuk menurunkan suhu 3-4 derajat celcius. (Baca juga: Cara Menjaga Kebersihan Halaman Rumah)

Kipas Angin

Siapa diantara anda yang masih belum mengenal kipas angin? Iya kipas angin memang kerap dijadikan alternatif paling utama untuk dijadikan pendingin ruangan selain AC. Kipas angin terdiri dari 2 jenis, yaitu kipas angin Standing dan kipas angin Portable. Kipas angin protable memang lebih mudah di bawa kemana saja karna bentuk nya yang lebih kecil dan menggunakan daya yang kecil pula. Lain hal nya dengan kipas angin standing, ukuran kipas angin ini memang jauh lebih tinggi. Itulah kenapa kipas angin standing sulit untuk dibawa kemana-mana dan juga memerlukan daya yang sedikit lebih besar untuk memeberikan kesejukan. (Baca juga: Tips Membuat Rumah Minimalis Modern)

Bagus bukan? Kipas angin memang menjadi alternatif yang baik untu menggantikan AC, bahkan banyak saat ini perusahaan yang memperoduksi AC dengan energi yang kecil. Namun bagaimanapun kipas angin memang belum dapat memberikan kesejukan melebihi AC. (Baca juga: Cara Pengolahan Limbah Rumah Tangga yang Baik)


Air Cooler

Air cooler adalah bentuk lebih sederhana dari cooling pack. Air cooler bisa juga disebut dengan cooling pack yang telah di sempurnakan. Pendingin yang satu ini mampu memberi udara yang sejuk setara dengan AC. Memang pendingin yang satu ini masih menggunakan energi dari tenaga listrik. Meskipun begitu Air cooler tetap membutuhkan bahan bakar lain seperti air es atau es batu sebagai tambahann pada pendingin ini.(Baca juga: Fungsi Ruang Tamu Rumah yang Mengesankan)

Jika kapasitas penampung bahan bakar dibawah 10 liter, anda harus mengeluarkan sedikit tenaga untuk bolak balik mengisi bahan bakar lagi. Bagaimanapun, sampai saat ini air cooler masih menjadi andalan alternatif pendingin ruangan selain AC. Harga untuk pendingin ini pun beragam, mulai 500rb hingga 2jt. (Baca juga: Cat Tembok Anti Lembab dan Jamur)

Exhaust Fan

Exhaust Fan tergolong pendingin udara pengganti AC yang lebih hemat dan ekonomis. Exhaust fan memang merip seperti kipas angin. Exhaust Fan biasa di pasang pada ventilasi udara ataupun diatas jendela dan pintu rumah anda.

Cara kerja Exhaust Fan adalah dengan menyerap udara panas yang ada dlam ruangan dan mengeluarkan nya agar udara baru bisa masuk. Dengan cara itu udara baru dalam ruangan menjadi lebih segar. Jadi meskipun mirip dengan kipas angin namun Exhaust Fan tidak memancarkan angin langsung pada tubuh kita, jadi lebih baik untuk kesehatan. (Baca juga: Tips Menata Rumah Agar Rapi)


Ventilating Fan

Meskipun Terlihat sama, namun ventilating fan memiliki cara kerja yang jauh lebih baik dan lebih canggih dari pada Exhaust Fan. Ventilating Fan tidak hanya menarik udara panas dari dalam ruangan namun juga memungkinkan menarik udara dari luar ke dalam ruangan. Inilah yang membuat ventilating fan terasa lebih sejuk.

Meskipun cara kerja nya yang melebihi Exhaust Fan, namun alat ini memiliki daya tarik listrik yang sama. Jadi tetap lebih hemat energi meskipun anda membeli dengan kegunnaan yang lebih. (Baca juga: Cara Membuat Hiasan Dinding Ruangan dan Kamar)

Air Curtain

Apakah anda pernah melihat alat berbentuk seperti AC di pintu masuk mall, supermarket atau beberapa toko dan perkantoran lain nya? Apakah anda benar berfikir bahwa itu adalah AC? Jika iya, ini lah saat nya untuk anda tau faktanya. Alat yang biasa terdapat di mall atau pusat perbelanjaan lain itu bukanlah AC melain kan Air Curtain.

Alat ini memiliki Cara kerja yang berbeda dengan AC, Air curtain bekerja dengan menghembuskan udara dalam tekanan yang besar untuk mendinginkan ruangan dan mengusir serangga yang masuk. Alat ini memiliki tegangan yang sangat bsar untuk itu penggunaan nya banyak terdapat di bangunan besar saja. (Baca juga: Solusi Atap Rumah Bocor dan Cara Mencegahnya)

Nah itu tadi beberapa alternatif yang dapat anda gunakan untuk mendinginkan ruangan selain AC. Bagaimana? Apakah anda telah memilih salah satu untuk di coba? (Baca juga: Tips Memilih Partisi Ruangan Minimalis Modern dan Etnik)

, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik