Sponsors Link

10 Cara Menggambar Desain Rumah dengan Pensil Seperti Arsitek

Sebelum mulai membangun sebuah rumah maka alangkah lebih baik jika Anda membuat sketsa atau desain rumah. Langkah ini memang tidak mudah karena biasanya pekerjaan ini dilakukan oleh seorang arsitek. Tapi tidak ada salahnya juga jika Anda mau mencoba untuk membuat sendiri. Denah sebuah rumah harus dibuat secara akurat sehingga hasilnya pas dan tepat. Ketika Anda merancang desain rumah minimalis atau rumah dengan konsep yang lebih luas maka ada keuntungan yang memuaskan.

Anda bisa memanfaatkan semua luas tanah dan memikirkan bentuk bangunan yang paling sesuai. Anda tidak merasa rugi karena semua luas ruangan diperhitungkan dengan tepat. Langkah ini biasanya dilakukan lewat sesi konsultasi dengan arsitek. Tapi jika Anda melakukannya sendiri maka Anda hanya perlu memberi gambar desain itu pada arsitek dan mereka yang akan mengoreksi. Berikut ini adalah cara menggambar desain rumah dengan pensil seperti arsitek.

  • Siapkan alat

Jika Anda ingin bekerja seperti arsitek maka ada banyak alat yang harus dibutuhkan untuk membuat sebuah gambar. Tapi jika Anda ingin cara yang sederhana maka sebenarnya hanya membutuhkan alat utama yaitu kertas grafik, pensil mekanik dan penghapus. Namun jika Anda ingin memiliki hasil yang lebih baik maka cobalah untuk menyiapkan alat lain seperti penggaris, penggaris segitiga, penggaris pararel, kertas putih kosong untuk alas kerja, meja yang nyaman dan kertas lain jika nanti diperlukan.

  • Tentukan skala bangunan seperti arsitek.

Sebenarnya untuk menentukan skala bangunan seperti hasil rancangan arsitek ternyata tidak memerlukan perhitungan yang rumit. Intinya Anda hanya perlu membuat perbandingan skala bangunan untuk 0,635 : 30,48 atau dibulatkan menjadi 1 banding 30 dalam sentimeter. Setelah itu untuk membuat semua jenis-jenis rumah tinggal Anda perlu membentang ukuran di kertas grafik. Beri tanda untuk semua titik ukuran dari rumah.

  • Mulai membuat dinding terluar

Garis pertama yang perlu digambarkan di kertas grafik adalah dinding terluar rumah. Dinding terluar rumah juga berarti menjadi bagian lantai namun belum terencana. Mulai menggambar denah dengan arah searah jarum jam. Saat itu Anda harus memiliki rancangan bagian pintu terluar dari dinding rumah. Biasanya adalah pada bagian pintu utama untuk masuk rumah dan pintu samping atau pintu belakang. Setelah proses ini selesai maka lanjutkan dengan membuat garis dinding interior atau dalam rumah. Bagian pintu juga harus memiliki garis eksterior. Bagian ini juga menjadi ciri rumah tropis.

  • Mulai menggambar dinding interior

Setelah selesai pada tahap diatas maka cobalah untuk membuat dinding interior. Cara ini dilakukan dengan membuat bingkai pada dinding interior dengan ketebalan garis yang sama. Setelah itu rancang area yang harus ada di rumah, perhatikan juga jika Anda akan menambah anak tangga untuk lantai kedua. Pada bagian ini visualisasi pintu pada setiap ruang tidur, ruang keluarga, dapur dan kamar mandi harus ditentukan. Bagian ini biasanya juga ada pada rumah minimalis sederhana.

  • Mulai menentukan titik pintu dan jendela

Setelah denah lantai dan interior selesai maka lanjutkan dengan memilih titik pintu dan jendela. Cara yang paling mudah untuk menentukan dimana letak pintu dan jendela maka perhatikan skala ukuran rumah yang sudah dibuat. Jangan sampai posisi pintu terlalu jauh atau saling berdekatan. Buat simbol pintu dan jendela dengan jelas sehingga tahu mana yang pintu dan jendela. Tata letak juga harus diperhatikan jika mengikuti feng shui rumah agar rejeki lancar.

  • Tulis label untuk setiap ruangan

Anda juga harus melengkapi gambar dengan label yang sesuai. Label bisa diberi singkatan agar lebh mudah dibaca. Misalnya seperti ruang tidur menjadi R. tidur, ruang tamu menjadi R. tamu, dan lainnya. Dalam hal ini semua harus memiliki label agar jelas termasuk posisi almari,toilet, dan pintu masuk. Jangan sampai melewatkan satu ruangan karena biasanya akan membingungkan tukang yang mengerjakan rumah Anda.

  • Lengkapi simbol isi ruangan

Lalu Anda juga harus melengkapi ruangan dengan simbol yang lengkap. Kamar mandi harus diisi dengan kloset, wastafel, bak mandi dan titik shower. Kemudian buat ruang tidur lengkap dengan kamar tidur, almari, meja rias dan perabot lain. Lalu ruang tamu lengkapi dengan meja tamu dan perabot lain. Buat juga simbol untuk meja makan, taman garasi, dan perabot lain. Perhatikan arah buka pintu saat membuat simbol-simbol ini.

  • Lengkapi detail lantai

Untuk lantai maka Anda harus melengkapi pada desain ini juga. Misalnya jika Anda ingin mengkombinasikan lantai marmer, lantai keramik dan lantai kayu. Termasuk juga jika Anda melengkapi lantai dengan karpet. Detail rancangan lantai sangat penting untuk memberi kesan bahwa ruangan dalam rumah direncanakan dengan baik.

  • Perhitungan dimensi

Perhitungan dimensi sangat penting dalam membuat rancangan sebuah rumah. Dimensi akan menjaga agar tidak terjadi kesalahan perhitungan skala terutama oleh tukang yang akan membangun rumah dengan material yang sebenarnya. Dimensi ini juga sangat penting untuk memperhitungkan jarak setiap ruangan, perabot seperti lemari, kabinet dapur, jarak antara dinding ke toilet, ukuran bak mandi, dan celah ruangan yang lain. Bahkan untuk bagian jendela dan pintu sebaiknya dibuat dengan dimensi yang tepat.

  • Penambahan perabot

Sebenarnya perabot memang tidak wajib untuk dimasukkan dalam rancangan desain rumah. Namun jika anda ingin melihat rancangan rumah memiliki desain dengan skala yang tepat dan Anda bisa membayangkan desain rumah dengan lengkap, maka boleh saja menambahkan simbol perabot. Dengan begini rancangan rumah menjadi semakin lengkap.

Sebenarnya selain membuat desain rumah dengan pensil maka Anda juga bisa membuat desain rumah dengan software. Cara ini dianggap lebih cepat karena ada banyak software praktis yang bisa digunakan untuk pemula. Namun membuat desain dengan pensil secara langsung dianggap lebih baik karena Anda ingat struktur rancangan rumah dengan baik. Hanya saja memang membutuhkan kesabaran dan tingkat keakuratan ukuran yang tepat.

Begitulah semua cara menggambar desain rumah dengan pensil seperti arsitek. Langkah ini memang tidak mudah dan membutuhkan keterampilan dan kesabaran yang cukup baik. Tapi jika Anda mempelajari sejak awal maka pasti bisa membuat.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Desain