Sponsors Link

9 Tips Memilih DVD Player yang Baik dan Benar

dvd playerSeiring dengan perkembangan zaman, banyak teknologi yang semakin berkembang. Jika kita melihat dari pembangunan jenis-jenis rumah tinggal, bahan-bahan dalam membangun rumah akan semakin berkembang. Begitu juga dengan macam-macam konsep bangunan yang digunakan. Jika bicara soal pembangunan teknologi, dahulunya TV tabung merupakan TV paling populer, namun saat ini justru TV Plasma, LED dan TV LCD-lah yang menjadi bintangnya. Meskipun terdapat kelebihan dan kekurangan TV plasma serta perbedaan TV LCD dan LED, namun persamaan yang dimiliki oleh ketiga jenis TV ini adalah bentuknya yang ramping.

ads

Tidak hanya TV saja yang mengalami perkembangan, namun fitur TV juga demkian. Salah satunya kita mengenal dengan DVD player. Dulu, kita mengenal CD (compact disc) sebagai media untuk menyimpan data digital. Teknologi CD semakin berkembang pada masa kini, hingga akhirnya dikenal dengan istilah DVD. DVD merupakan sebuah produk keluaran berupa media optical disc yang sama dengan CD dan LD dengan fungsi utama untuk menyimpan data. Namun seiring dengan perkembangan pesat teknologi, DVD tidak hanya dapat menyimpan data, namun kapasitasnya jauh lebih besar.  Bahkan kini DVD dikenal sebagai media untuk menyimpan film dan diputar dalam DVD player.

Teknologi DVD player biasanya akan dapat langsung dihubungkan pada TV sehingga penggunanya dapat menikmati suguhan film baru melalui DVD yang diputar. Terdapat banyak produsen yang menciptakan produk DVD player dengan berbagai macam fitur yang menarik. Untuk membelinya, Anda perlu memperhatikan dengan seksama. Terdapat beberapa tips memilih DVD player yang wajib Anda pertimbangkan menurut dengan fitur-fitur yang dimiliki oleh DVD player tersebut. Berikut ini adalah daftarnya, simak!

  1. Compatible Media yang Ada

Pertama-tama Anda perlu memperhatikan kompatibel DVD tersebut. Apakah dapat terhubung dengan fasilitas DVD Video, DVD Audio, Video CDs, Audio CDs, CD-Rs, CD-RWs, HDCDs dan SACDs.

  1. Jenis DCD Player

Seperti halnya produk teknologi lain, terdapat pula berbagai jenis DVD player yang perlu Anda pertimbangkan. Umumnya DVD player tersedia dalam model single disc serta multi-disc player. Beberapa model lainnya juga dapat berupa penyatuan player dengan layar LCD, dengan bentuk mini sehingga mudah untuk dibawa kemana-mana. Ada juga tipe DVD player yang dapat dihubungkan dengan hometheater, DVD-TV atau juga DVD Games yang serupa dengan PlayStation dan Xbox. Semua tipe ini dapat menyesuaikan dengan kebutuhan yang Anda inginkan.

  1. Jenis Video Features

Pada DVD Player tersedia berbagai macam fitur, yakni video features. Agar kualitas gambar menjadi tinggi, Anda perlu memperhatikan alur pemrosesan video. Anda juga perlu memperhatikan secara teliti kemampuan efek-efek khusus apa saja yang dimiliki oleh DVD player tersebut. Contohnya dapat berupa pembesaran atau zoom, progressive scan  dan susunan video outputnya.

Sponsors Link

  1. Jenis Video Processing

Agar DVD player dapat menghasilkan reproduksi gambar dengan kualitas yang baik, biasanya produk ini menggunakan video converter digital to analog (DAC) 10-bit agar dapat menyerupai gradasi cahaya yang baik serta ketelitian warna dari sumber film. Namun juga dapat menggunakan chips video processing yang pada beroperasi pada 27 MHz untuk menghasilkan gambar yanmg jauh berbeda jika dilihat dari segi kualitas serta karakteristiknya. Hal ini perlu Anda pertimbangkan.  

  1. Efek-efek Khusus yang Dimiliki

Efek-efek yang dimiliki oleh DVD player biasanya berupa pause, scan, slow motion, frame by frame, rewind, fast forward dan sebagainya. Jika ada produk DVD player yang menyediakan fitur lain, Anda perlu mempertimbangkannya.

  1. Zoom

Fitur zoom dimiliki oleh DVD player untuk dapat memperbesar suatu gambar agar dapat mempelajari suatu adegan dengan teliti. Namun beberapa DVD player juga dapat menggerakan pada bagian atas atau bawah serta ke kiri dan kanan. Fitur ini juga perlu diperhatikan jika Anda suka meneliti video atau film.

Sponsors Link

  1. Progressive Scan

Fitur ini merupakan sebuah kemampuan agar dapat menghasilkan gambar dalam satu lintasan. Untuk metode interlaced biasanya akan membutuhkan dua lintasan agar dapat menghasilkan gambar. Progressive scan dapat digunakan pada jenis TV konvensional maupun modern.

  1. Komponen Video Outputs

Anda perlu memastikan bahwa DVD player yang Anda inginkan memiliki fitur komponen video output yang baik. Komponen ini dapat menentukan hasil gambar serta reproduksi warna pada layar TV. Apabila tidak terdapat komponen ini, Anda perlu memastikan apakah terdapat S-video output sebagai pilihannya. Jika memang tidak, Anda dapat memilih jenis DVD lainnya.

  1. Fasilitas Audio

Apabila di rumah Anda menggunakan fasilitas sistem theater surround sound atau pada masa yang akan datang Anda mungkin akan menggunakannya, Anda perlu memastikan bahwa jenis DVD player yang Anda pilih memiliki fitur converter digital to analog, yakni berupa fasilitas suara surround serta audio output.

Demikianlah beberapa tips memilih dvd player berdasarkan fitur yang baik dan benar, serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , ,
Oleh :
Kategori : Elektronik