Sponsors Link

Mengintip 6 Perbedaan TV LCD dan LED

tv lcd dan ledSudah berpuluh-puluh tahun menjadi perangkat elektronik favorit keluarga, TV tabung kini semakin tenggelam dikarenakan maraknya perangkat TV digital baru seperti TV plasma, TV pcd serta TV LED. Berbagai keunggulan ditawarkan untuk melambungkan kegunaan TV datar pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Contohnya adalah ukuran layar yang tipis serta bobot yang ringan. TV digital ini juga lebih fleksibel karena dapat diletakan pada meja atau pada material penutup dinding. Jika sekarang Anda berkunjung pada rumah minimalis sederhana atau desain rumah minimalis lainnya, pasti TV inilah yang digunakan.

ads

TV digital ini juga memiliki ukuran yang besar, sehingga jadi daya tarik sendiri bagi para penggemar TV. Meskipun demikian, membeli televisi digital nampaknya sedikit menyulitkan bagi sebagian orang. Sebab munculnya teknologi baru yang membingungkan dan juga terdapat berbagai macam label yang berbeda-beda antara tiap produsen tidak begitu diiringi dengan baik oleh konsumen. Salah satu produk TV digital yang seringkali membingungkan adalah untuk membedakan antara TV LCD dengan TV LED. Meskipun memiliki bentuk yang serupa, yakni tipis, keduanya tetap memiliki perbedaan masing-masing. Penasaran? Berikut ini adalah beberapa perbedaan TV LCD dan LED yang wajib Anda ketahui, simak!

  1. Tingkat konsumsi listrik

Penggunaan televisi di dalam rumah memang membutuhkan pasokan listrik yang cukup besar. Terlebih jika TV baru saja dinyalakan, akan membutuhkan tarikan listrik yang cukup besar. Hal inilah yang terjadi pada TV tabung. Namun bagaimana dengan TV LCD dan TV LED? Perlu Anda ketahui bahwa TV LCD pada dasarnya menggunakan material dasar berupa liquid crystal display, sementara TV LED menggunakan light emiting diode.

Kedua material tersebut menyebabkan TV ini tidak membutuhkan banyak daya listrik hanya untuk sekedar aktif. Bisa dikatakan, konsumsinya pun cukup rendah. Namun jika keduanya dibandingkan, TV LED masih dikatakan lebih hemat dibandingan dengan TV LCD. Penghematan ini bisa sebesar 20% hingga 30%, lebih tepatnya baca di cara merawat TV LED.

  1. Tingkat kontras gambar

Tingkat kontras gambar yang dimiliki oleh TV LED jauh lebih baik jika dibandingkan dengan TV LCD. Hal ini dapat dipastikan langsung dengan cara menjajarkan kedua TV tersebut secara berdampingan. Maka akan segera terlihat bahwa kontras yang dimiliki oleh TV LED jauh lebih baik. Mengapa demikian? Sebab TV LED menggunakan light emiting code yang cenderung memiliki warna gelap pada bagian belakangnya. Cahaya yang terlihat pada TV LED pun tidak hanya tinggi tapi lebih kaya warna karena proses pemilihannya yang lebih kompleks.

TV LCD tidak dapat menghalangi semua cahaya yang berasal dari daerah backlight, sementara TV LED justru sebaliknya. Dengan pemanfaatan yang berguna dapat menghasilkan tingkat kontras yang tinggi serta kejernihan yang baik.

  1. Ketebalan layar

Karena kedua jenis TV ini termasuk ke dalam TV datar, maka ketebalannya pun menjadi tidak terlalu terlihat. Namun apabila Anda memperhatikan lebih teliti, maka hal ini dapat diketahui. Layar TV LED sebenarnya jauh lebih tipis dibandingkan dengan TV LCD. Kembali lagi kepada material yang digunakan pada TV LED-lah yang menjadi alasannya. Material TV LED memang lebih tipis dibandingkan dengan TV LCD karena bahan dasar utama cairan yang membutuhkan tempat lebih luas. Perbedaan material ini akhirnya menyebabkan pembuatan wadah tampung yang berbeda pula. Hasil akhir TV LCD akan sedikit lebih tepat dan berat dibandingkan dengan TV LED.

Sponsors Link

  1. Back lightning technology

Bicara soal TV LED dan LCD, hal ini adalah yang paling utama. Sebab kedua jenis TV ini menggunakan teknik back light atau penyinaran dari belakang. Yang menjadi pembeda adalah pada TV LCD penyinaran dilakukan oleh cold cathode fluorescent lamps (CCFL), sedangkan TV LED yang digunakan adalah light emiting diode (LED). Kedua hal tersebutlah yang menyebabkan mengapa konsumsi listrik TV LED lebih rendah dibandingkan dengan konsumsi TV LCD.

  1. Daya tahan dan keawetan

Selain beberapa poin diatas, hal lain yang selalu menjadi perbedaan antara TV LED dengan TV LCD adalah daya tahannya. TV LED memiliki kemampuan kerja yang jauh lebih lama jikan dibandingkan dengan TV LCD. Hal ini disebabkan oleh pencahayaannya yang tidak membutuhkan konsumsi energi listrik yang cukup besar.

  1. Harga jual

Dari segala kelebihan yang dimiliki oleh TV LED, maka jangan heran apabila kisaran harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan TV LCD. Perbandingan harganya dapat mencapai hingga 5%-7%. Hal ini perlu dipertimbangkan apabila Anda hendak membeli sebuah TV di rumah. Meskipun kualitas dan daya tahan sangat menjanjikan, namun apabila harga ternyata tidak sesuai dengan budget yang Anda miliki, tentunya ini juga menjadi suatu masalah bukan?

Demikianlah beberapa perbedaan TV LCD dan LED yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,