Sponsors Link

5 Cara Menawarkan Tanah ke Developer yang Benar

Setelah kemarin kami sudah mengulas tuntas mengenai bisnis tanah kavling tanpa modal dan juga mengenai tips hemat membangun rumah, maka saat ini kami akan menjelaskan kepada anda tentang bagaimana cara menawarkan tanah ke developer yang memang harus anda perhatikan agar para developer tersebut percaya kepada semua hal yang anda tawarkan.

ads

Menjual tanah memang saat ini bisa dikatakan sebagai salah satu langkah tepat yang perlu dilakukan karena setiap tahun harga tanah cenderung mengalami kenaikan. Selain itu, pasar jual beli tanah pun setiap harinya tidak pernah surut dari transaksi sehingga memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa bisnis jual beli tanah merupakan salah satu bisnis yang menggiurkan.

Salah satu cara yang paling tepat untuk menjual tanah adalah dengan menjualnya ke developer yang nantinya akan memberikan keuntungan kepada anda, salah satunya harga tanah tersebut bisa mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Terlebih lagi jika tanah yang anda miliki memiliki luas yang besar maupun berlokasi di tempat yang strategis sehingga hal ini akan benar-benar memberikan keuntungan yang signifikan.

Akan tetapi, sebelum anda memutuskan untuk mulai menjual tanah ke developer, maka kami sarankan agar anda simak baik-baik paparan dari kami mengenai bagaimana cara menawarkan tanah ke developer karena meskipun sebenarnya tanah anda luas dan strategis, namun ketika anda tidak memiliki kemampuan untuk menawarkan tanah anda, kemungkinan developer akan menolak.

Sebaliknya, jika anda memiliki kemampuan untuk menawarkan dan bisa meyakinkan para developer tersebut, maka anda harus bersiap-siap karena anda akan menerima keuntungan yang melimpah dengan adanya transaksi jual beli tanah yang anda lakukan tersebut.

1. Mempersiapkan semua dokumen

Langkah awal yang harus anda lakukan ketika anda ingin melakukan penawaran tanah anda kepada developer adalah dengan mempersiapkan semua dokumen yang memang dibutuhkan untuk meyakinkan para developer tersebut. Tentu saja hal ini tidak boleh anda anggap enteng karena meskipun sebenarnya anda memiliki tanah yang luas maupun juga tempatnya strategis, namun karena anda tidak memiliki dokumen yang lengkap, developer kemungkinan besar akan menolak tawaran yang anda berikan.

Maka dari itu, penting bagi anda untuk mempersiapkan segala dokumen yang diperlukan. Tujuan dari mempersiapkan dokumen tersebut adalah untuk menghindarkan masalah dikemudian hari karena pihak developer tidak ingin mengalami masalah yang memang seharusnya tidak terjadi.

Sekedar informasi bagi anda yang ingin menjual tanah hibah ataupun tanah waris, maka anda jangan sampai lupa untuk menyerahkan bukti berupa prosedur balik nama dan juga pembayaran pajak yang telah anda lakukan. Hal ini tentu akan semakin menambah keyakinan para developer untuk membeli tanah anda.

2. Mengetahui potensi lokal

Setelah anda mempersiapkan seluruh dokumen yang dibutuhkan, maka langkah yang kedua yang harus anda lakukan adalah dengan mengetahui serta mempelajari apa saja potensi lokal yang ada di tanah anda tersebut agar pihak developer yakin untuk membeli tanah anda.

Biasanya pihak developer membeli tanah yang memiliki ukuran besar atau luas karena nantinya akan digunakan sebagai bisnis perumahan. Oleh sebab itu, anda harus memastikan bahwa tanah yang akan anda tawarkan kepada pihak developer benar-benar merupakan tanah yang cocok untuk bisnis perumahan.

Selain itu, hal yang lain yang tidak kalah penting adalah anda harus mengetahui bahwa tanah yang akan anda tawarkan tersebut dekat dengan lokasi-lokasi umum seperti sekolah, tempat ibadah, rumah sakit, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. Tentu saja dengan menjual tanah yang dekat dengan keperluan publik tersebut merupakan nilai lebih dan tambang emas karena anda akan menambahkan keuntungan yang mungkin tidak akan anda bayangkan sebelumnya.

3. Mengetahui struktur tanah

Hal lain yang tidak kalah penting yang harus anda pahami adalah mengenai struktur tanah yang akan anda tawarkan kepada pihak developer. Perlu anda tahu bahwa struktur tanah merupakan salah satu bagian yang tidak kalah penting yang akan dilihat oleh developer sebelum ia membeli tanah anda. Mereka akan bertanya kepada anda apakah sebelumnya tanah anda tersebut merupakan bekas rawa, sawah, atau ia juga akan bertanya apakah tanah yang anda miliki tersebut merupakan tanah dengan kontur yang miring.

Sponsors Link

Jika tanah anda merupakan bekas rawa maupu tanah dengan kontur yang miring, maka biasanya pihak developer kurang tertarik terhadap tanah yang anda tawarkan tersebut. Namun anda jangan khawatir karena bukan berarti semua developer akan menolak dan tidak ingin membeli tanah anda tersebut.

Mereka akan melakukan hal lain terhadap tanah anda tersebut yakni dengan cara menimbunnya karena seperti yang telah kami jelaskan sebelumnya bahwa kebanyakan pihak developer mencari tanah karena mereka ingin menjadikannya sebagai lokasi perumahan.

4. Mengetahui bentuk tanah

Mengetahui bentuk tanah yang kami maksud adalah anda wajib mengetahui seluruh batas-batas yang ada di tanah anda tersebut. Biasanya penjual tidak paham mengenai batas-batas tanah yang ingin ditawarkan dan bahkan ia tidak paham apakah tanah tersebut merupakan tanah waris atau tanah hibah.

Tanay dengan kondisi seperti ini tentunya akan sangat rentan terkena sengketa atau perselisihan di kemudian hari yang akan merugikan anda dan terlebih lagi akan merugikan pihak developer. Untuk mencegah hal tersebut, maka pihak developer tidak akan tertarik terhadap tanah yang tidak jelas kondisinya atau batas-batasnya karena mereka tidak ingin ada permasalahan yang menimpanya di kemudian hari.

5. Menentukan harga ideal

Pembahasan yang kelima ini mengenai harga yang akan anda tawarkan kepada pihak developer. Namun harga tersebut hanya boleh anda sebutkan atau utarakan ketika proses-proses sebelumnya sudah dilalui dan memang pihak developer sudah percaya kepada anda.

Dalam menentukan harga, kami sarankan agar anda jangan sampai menjual dengan harga yang terlalu mahal, namun juga tidak terlalu murah. Anda harus menyesuaikan harga tersebut dengan harga tanah yang ada di pasaran, dan salah satu cara yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan survei.

Itulah penjelasan dari kami mengenai bagaimana cara menawarkan tanah ke developer. Kami juga menyarankan agar anda menyimak informasi mengenai cara membangun rumah dengan dana minim serta apa saja desain rumah minimalis.

, , ,



Oleh :
Kategori : Jual Beli