Sponsors Link

5 Cara Mengelola Rumah Kost agar Penghuninya Nyaman

Tidak kurang satu dekade terakhir ini, bisnis kost merupakan salah satu bisnis yang menjanjikan karena akan memberikan keuntungan yang melimpah ruah setiap bulan atau tahunnya. Meskipun pada awalnya harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit, namun ketika kost tersebut sudah jadi, maka si pemilik kost akan memiliki keuntungan yang tidak akan terbayangkan sebelumnya.

ads

Terlebih lagi jika kost tersebut berlokasi di tempat-tempat strategis, terutama dekat dengan kampus, tentu akan banyak sekali mahasiswa yang mengincarnya meskipun mereka harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk menyewanya.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa saat ini bisnis kost sudah mulai banyak digeluti karena selain memberikan keuntungan yang sangat besar, bisnis kost merupakan bisnis yang tidak terlalu repot karena memang hanya butuh dana untuk mendirikan kost tersebut dengan beberapa fasilitas yang memang dibutuhkan oleh para penghuni kost.

Meskipun begitu, bukan berarti anda tidak merawat dan mengecek kondisi kost anda tersebut. Sama halnya dengan cara menjaga kebersihan rumah dan lingkungan, anda juga harus menjaga kebersihan kost anda agar supaya para penghuni kost semakin betah berada di kost anda. Karena itulah, kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai bagaimana cara mengolah rumah kost yang bisa anda jadikan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi anda yang saat ini sedang atau telah memiliki rumah kost.

Namun sebelum itu, kami ingin membagikan informasi yang telah kami sediakan sebelumnya untuk anda yaitu cara membuat hiasan dinding dari kertas dan juga apa saja hiasan dinding dari barang bekas yang bisa anda manfaatkan untuk anda letakkan di kost anda.

1. Melibatkan penghuni kost

Cara mengelola rumah kost yang pertama adalah anda harus melibatkan penghuni kost untuk ikut andil di dalam menjaga kebersihan kost maupun lingkungan sekitar kost. Ada banyak cara yang bisa anda lakukan, yang pertama adalah anda bisa mengatakan kepada mereka yang ingin menyewa kamar kost tersebut untuk bersedia ikut andil di dalam menjaga kebersihan kost, minimal kebersihan kamarnya dan lingkungan sekitar kamar yang disewa oleh orang yang bersangkutan.

Hal ini tentu saja untuk mencegah agar supaya rumah kost anda tidak termasuk ciri-ciri rumah tidak sehat yang bisa menjadi tempat yang disenangi oleh bakteri, kuman, atau bahkan virus untuk berkembang biak yang nantinya malah akan menganggu kondisi para penghuni kost yang lainnya.

Maka dari itulah anda bisa meminta kerjasama kepada para penghuni kost untuk berperan aktif di dalam menjaga kebersihan kost demi keamanan dan kenyamanan bersama.

2. Menetapkan kebijakan sewa tahunan

Bagi anda yang saat ini menetapkan tarif bulanann untuk kost anda, maka kami sarankan agar anda mulailah untuk mengubahnya menjadi kost tahunan. Salah satu hal yang menjadi alasan mengapa kami menyarankan agar anda beralih ke bisnis kost tahunan adalah agar mempermudah anda di dalam menentukan biaya operasional apa saja yang anda butuhkan.

Jika anda menerapkan kost bulanan, hal ini memang akan memberikan keuntungan kepada anda, namun dikarenakan rentan waktu yang cukup singkat sehingga dikhawatirkan kost anda malah akan mengalami pembengkakan biaya operasional yang di kemudian hari dikhawatirkan malah akan merugikan anda.

Akan tetapi, anda masih bisa mencari solusi lainnya yakni dengan membagi kost anda menjadi dua bagian. Yang pertama untuk biaya sewa bulanan dan yang kedua untuk biaya sewa tahunan karena saat ini tidak sedikit orang yang ingin sewa kost bulanan. Namun ketika di tempat anda tidak ada tanda-tanda bahwa ada yang ingin menyewa bulanan atau mungkin di daerah anda sudah banyak kos bulanan, maka mungkin anda bisa beralih sepenuhnya ke kost tahunan.

3. Mempekerjakan tukang kebun

Tukang kebun di sini bukan hanya sekedar untuk membersihkan kebun atau pekarangan yang kotor di rumah anda, melainkan ia juga memiliki tanggung jawab untuk merawat tanaman dan menjaga kebersihan kamar mandi yang ada di kost anda.

Sekedar informasi saja bahwa tukang kebun yang dipekerjakan di kost lebih cenderung akan disuruh untuk menjaga keamanan kost dari hal-hal yang tidak diingikan karena memang seperti penjelasan di awal tadi bahwa kebersihan kost merupakan tanggung jawab bersama para penghuni kost.

Karena itulah, tukang kebun tersebut mungkin hanya akan diminta untuk membuang sampah, membakar sampah, atau mungkin diminta untuk mengirimkan galon air ke para penghuni kost jika kost tersebut merupakan kost wanita. Kemudian tukang kebun tersebut akan diminta untuk menjaga keamanan kost karena tidak jarang kost merupakan tempat yang diincar oleh para pencuri karena terkadang keamanannya yang tidak terlalu ketat dibandingkan dengan perumahan atau hotel.

Sponsors Link

4. Mengontrol kost

Cara mengelola rumah kost selanjutnya yang juga harus anda perhatikan adalah anda harus melakukan kontrol terhadap kost anda. Hal ini tentu sangat diperlukan karena dengan melakukan kontrol ini maka anda bisa tahu apa saja hal-hal yang mungkin menjadi kekurangan kost anda, misalnya kran yang tidak keluar air, atau mungkin cat di kost anda yang sudah mulai luntur.

Jika anda sudah menemukan permasalahan yang ada di kost anda, maka segeralah untuk memperbaikinya karena jika anda tidak kunjung memperbaiki kekurangannya, maka dikhawatirkan para penghuni kost akan berpikir untuk mulai pergi dari kost anda.

Selain itu, cobalah anda berkeliling ke kamar kost untuk menyapa para penghuni kost karena mereka akan senang jika anda merupakan orang yang ramah dan tentu saja cara sederhana ini akan membuat mereka berpikir bahwa kost anda memang layak untuk ditempati sehingga mereka tidak ingin pindah dari kost anda.

5. Tanya fasilitas yang diperlukan

Cara yang terakhir adalah anda bisa bertanya kepada para penghuni kost mengenai fasilitas apa yang mungkin masih kurang dan mereka butuhkan. Namun dalam tips yang kelima ini anda juga harus memperhatikan apakah hal tersebut memang benar-benar dibutuhkan atau malah tidak dan hanya membuang-buang uang anda.

Salah satu fasilitas yang sangat diinginkan oleh para penghuni kost adalah wifi, tentu tidak ada penghuni kost yang tidak ingin agar kostnya diberi fasilitas wifi. Jika sebelumnya kost anda tidak ada wifi dan anda ingin menyewa wifi, maka anda bisa membuat kesepakatan kepada para penghuni kost untuk mengeluarkan biaya iuran pembayaran wifi setiap bulannya sesuai dengan harga yang telah ditentukan.

Biasanya tidak semua penghuni kost yang mau ada fasilitas wifi sehingga mungkin anda hanya perlu bertanya kepada beberapa orang dan kemudian anda membuat kesepatakan tersebut.

Demikian informasi dari kami mengenai bagaimana cara mengelola rumah kost. Kami juga ingin menyarankan anda untuk mengetahui informasi lainnya yaitu cara membuat taman di rumah dan cara memilih warna cat rumah.

, ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik