Sponsors Link

12 Macam-macam Konsep Desain Interior

konsep interior rumahRumah tinggal merupakan suatu kebutuhan pokok yang seyogyanya dipenuhi oleh hampir semua orang. Selain sebagai pelindung bagi penghuninya, rumah tinggal sendiri dapat memberikan rasa aman dan nyaman. Karena rumah tinggal sangat banyak, terlebih di ibukota, banyak orang yang berlomba-lomba mendesain huniannya menjadi semenarik mungkin. Salah satunya diaplikasikan melalui konsep interior rumah. Namun tahukah Anda bahwa terdapat macam-macam konsep desain interior pada rumah tinggal yang dapat Anda gunakan? Apakah saja konsep itu? penasaran? Berikut ini adalah macam-macam konsep desain interior rumah yang dapat Anda gunakan, yakni :

  1. Konsep interior minimalis

Konsep interior minimalis dapat dikatakan sebagai salah satu konsep ruangan yang paling banyak diaplikasikan pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Interior minimalis biasanya akan melengkapi rumah minimalis sederhana atau berbagai desain rumah minimalis lainnya. Konsep minimalis sendiri menganut pada filososi “desain mengikuti fungsi”. Oleh karena itu, desain minimalis cenderung lebih sederhana dan terlihat elegan. Pemilihan warna cat rumah yang indah dan sejuk juga di dasari untuk menciptakan ruangan yang terlihat lebih lapang. Selain itu, ciri khas ruangan ini juga biasanya tidak menggunakan aksesoris atau dekorasi yang berlebihan.

  1. Konsep interior modern

Selain minimalis, konsep modern juga banyak diterapkan pada hunian. Konsep ini biasanya mengacu pada desain rumah yang lebih bersih dan tajam, serta pemilihan material penutup dinding yang beragam seperti logam, kaca serta baja. Konsep ini meminimalisir elemen termasuk furniture rumah yang digunakan.

  1. Konsep interior kontemporer

Konsep modern dan kontemporer termasuk ke dalam dua gaya interior rumah yang sering kali digunakan. Meskipun kedua desain ini menganut beberapa konsep yang saling bertolak belakang, namun tidak jarang ditemukan ruangan yang menggabungkan gaya modern dan klasik ini. Gaya kontemporer lebih sederhana dan tidak perpegang pada suatu gaya tertentu. Tidak hanya pada rumah tinggal, konsep kontemporer juga banyak digunakan pada café dan restaurant.

  1. Konsep interior industrial

Sesuai dengan namanya, gaya ini memang mengambil inspirasi dari kondisi gudang atau loteng perkotaan. Anda akan mendapatkan nuansa ruangan yang terkesan setengah jadi, dengan material batu bata terbuka yang tidak ditutupi semen. Rumah bergaya industrial terlihat lebih artistik dan unik dengan pemilihan material yang di ekspos.

  1. Konsep interior klasik

Interior rumah klasik biasanya ditemukan pada desain rumah eropa. Mengapa demikian? Sebab konsep ini berasal dari Prancis pada abad ke-17 dan dengan cepat merambah ke pelosok eropa. Gaya ini menjadi begitu dominan selama dua abad lamanya, dengan ciri khas ukiran dan ornament yang menampilkan kesan elegan dan mewah di dalam rumah.

  1. Konsep interior futuristic

Futuristic memiliki artian masa depan, yakni dengan artian mengarah ke masa depan. Interior futuristic dapat dilihat dalam penanyangan di televisi dan film-film yang kini mulai merambah. Gaya futuristic biasanya cenderung menggunakan elemen lengkung dalam desainnya.

  1. Konsep interior naturalis

Gaya naturalis sebenarnya lebih mengacu pada interior ruangan yang menganut tema alam seperti penggunaan material alami, yang merupakan representasi pendekatan terhadap alam itu sendiri. Konsep ini juga sesuai dengan ciri rumah tropis yang memang bertujuan untuk mendekatkan dengan alam dengan memanfaatkan daerah sekitarnya.

  1. Konsep interior mid-century modern

Gaya ini diperkenalkan sebagai kemunduran gaya desain pada pertengahan 1900. Terdapatnya nostalgia retro pada desain modern di abad pertengahan ini sebenarnya merupakan gaya yang dapat melengkapi interior apapun serta membantu transisi mulus dari interior kepada eksterior.

  1. Konsep interior rustic

Konsep rustic juga hampir menyerupai dengan konsep naturalis yang sama-sama terinspirasi dari alam dan menggunakan elemen mentah. Beberapa elemen yang digunakan dalam konsep ini biasanya kayu dan juga batu. Desain rustic dapat menggabungkan beberapa detail desain yang mencakup balok kayu hingga langit-langit ruangan. Desain ini juga dapat dipadukan dengan furniture rumah yang lebih modern.

  1. Konsep interior tradisional

Konsep interior tradisional tentunya sudah tidak asing lagi. Gaya tradisional sebenarnya merupakan gaya klasik nan mewah yang sangat mengapresiasi detail ruangan. Meski demikian, gaya ini dinilai kurang populer di rumah-rumah Indonesia. Tren yang kini sedang populer justru gaya-gaya yang menganut konsep modern dan minimalis.

  1. Konsep interior bohemian

Konsep bohemian atau dikenal juga dengan istilah bobo-chis ini merupakan gaya yang mencerminkan individualitas. Gaya ini juga menjadi perwujudan kebebasan yang menggabungkan banyak kolesksi warna-warna. Gaya bohemian ini juga sangat cocok digunakan untuk mendefinisikan gaya personal.

  1. Konsep interior coastal style

Gaya ini sangat kental dengan nuansa berlibur ke pantai yang menenangkan hati. Dengan dekorasi yang lebih cenderung dengan elemen-elemen pantai seperti matahari, warna laut, pasir dan sebagainya.

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai macam-macam konsep desain interior yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Info Dasar