Sponsors Link

6 Cara Membersihkan Kantong Debu pada Vacuum Cleaner

membersihkan vacuum cleanerSalah satu alat kebersihan rumah yang sangat digemari oleh ibu-ibu rumah tangga adalah vacuum cleaner. Siapa yang tidak mengenal alat ini? Vacuum cleaner merupakan mesin penghisap debu yang dapat membantu pekerjaan bersih-bersih rumah berlangsung lebih cepat jika dibandingkan dengan menyapu. Tidak hanya dapat membersihkan debu yang menempel pada karpet, vacuum cleaner juga dapat dimanfaatkan sebagai alat pembersih langit-langit rumah. Vacuum cleaner juga tersedia dalam harga yang beragam, mulai dari yang murah hingga yang mahal. Maka tidak heran vacuum cleaner menjadi sangat populer dikalangan konsumen.

Pemakain vacuum cleaner secara berskala harus diiringi dengan perawatan yang baik dan benar. Namun ternyata tidak semua orang mengetahui bagaimana cara membersihkan vacuum cleaner yang baik dan benar. Seperti halnya barang elektronik lain, vacuum cleaner juga perlu perawatan agar tidak mudah rusak. Beberapa masalah seputar vacuum cleaner yang biasa terjadi salah satunya adalah ketika dinamo vacuum cleaner rusak. Namun jangan khawatir, Anda dapat membaca cara memperbaiki dinamo vacuum cleaner untuk langkah pelaksanannya. Selain pada bagian dinamo, masalah lain yang sering menyerang pada mesin penghisap debu terletak pada kantong debu. Sebab pada bagian ini tertampung seluruh sampah, debu dan kotoran yang telah dihisap oleh vacuum cleaner.

Untuk membersihkan kantung debu vacuum cleaner, terdapat langkah-langkah dan tahap yang perlu Anda lakukan. Dalam membantu proses pekerjaan, Anda perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat berupa :

  • Cairan pembersih
  • Sikat
  • Kain lembut
  • Sarung tangan berbahan karet
  • Air secukupnya
  • Gunting
  • Tempat sampah

Setelah semua bahan telah terkumpul, berikut ini adalah langkah dari cara membersihkan kantong debu pada vacuum cleaner yang baik dan benar, yakni :

  1. Memutuskan aliran listrik

Perlu diperhatikan sebelum hendak membersihkan vacuum cleaner, periksa terlebih dahulu apakah aliran listrik sudah terputus atau belum. Jangan sampai ketika Anda sedang membersihkan, ternyata aliran listrik masih aktif dan dapat membahayakan keselamatan diri Anda. Gunakanlah sarung tangan karet untuk melindungi tangan agar tidak terkena debu dan kotoran, serta ditujukan untuk meredakan kejutan statis yang dapat terjadi pada peralatan elektronik ketika hendak dicabut.

  1. Mengosongkan wadah kotoran

Membersihkan bagian kantong vacuum cleaner sebenarnya dianjurkan untuk dilakukan setiap kali selesai membersihkan rumah. Namun Anda dapat melakukannya dalam kurun waktu beberapa hari sekali. Untuk membersihkan kantong debu pada vacuum clener, Anda dapat menggunakan pemukul karpet. Caranya adalah dengan menggunakan pemukul tersebut untuk mengeluarkan kotoran yang ada di dalamnya. Setelah itu rendamlah dalam larutan yang terbuat dari campuran sabun dan deterjen. Sebelum memasangkannya kembali pada mesin cuci, terlebih dahulu keringkan kantong tersebut sampai benar-benar tidak ada air tersisa.

  1. Beater bar cleaning

Beater bar cleaning atau brush roll merupakan bagian vacuum cleaner yang digunakan untuk membersihkan kotoran. Untuk membersihkan bagian ini, Anda perlu menarik kotoran-kotoran yang tersangkut pada gulungan ini.

  1. Membasuh kotoran pada roda

Ketika membersihkan vacuum cleaner, bagian roda juga tidak boleh tertinggal. Mebersihkan bagian roda dapat digunakan dengan bantuan kain lembab yang sebelumnya telah dilumuri oleh cairan bersih. Setelah selesai dibersihkan, jangan lupa bilas kembali roda tersebut hingga bersih dan mengkilap.

  1. Membersihkan filter

Di dalam buku manual, Anda dapat menemukan bagian filter pada mesin vacuum cleaner. Untuk membersihkan bagian ini, Anda dapat menggunakan cairan pembersih yang sama. Kotoran yang ada di dalamnya juga dapat dikeluarkan dengan menggunakan sikat. Setelah seluruh kotoran keluar, segera bilas dengan menggunakan cairan pembersih, baru setelahnya dibilas kembali dengan menggunakan air bersih. Jangan lupa untuk mengeringkan bagian ini terlebih dahulu sebelum hendak memasangnya kembali.

  1. Vacuum cleaner hose clean up

Yang dimaksud dengan vacuum cleaner hose clean up adalah bagian selang mesin. Bagian ini juga sangat penting untuk dibersihkan. Cara untuk menghilangkan kotorann di dalamnya adalah dengan menggunakan bantuan sapu lidi. Lidi tersebut dimasukan ke dalam selang doronglah kotoran yang ada di dalamnya. Anda juga dapat merendamnya dengan menggunakan cairan pembersih lalu dibilas kembali dengan menggunakan air.

Selama proses membersihkan dilakukan, bagian kabel yang terdapat pada mesin vacuum cleaner juga perlu diperhatikan. Jangan sampai bagian kabel ini terkena air basah. Sebab jika kabel basah dan Anda menyolokkan kabel tersebut pada stopkontak, Anda bisa terkena sengatan listrik. Selain itu, air tersebut juga dapat membuat kerusakan pada bagian dalam kabel sehingga mesin penghisap debu tidak dapat berfungsi dengan baik. Vacuum cleaner adalah salah satu alat kebersihan yang dapat digunakan untuk membersihkan berbagai jenis-jenis rumah tinggal termasuk rumah minimalis sederhana dan berbagai desain rumah minimalis lainnya. Demikianlah penjabaran dari cara membersihkan kantong debu pada vacuum cleaner yang baik dan benar. Selamat mencoba!

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Perabot