Sponsors Link

Mengintip Cara Memperbaiki Dinamo Vacuum Cleaner

vacuum cleaner dinamoSalah satu alat kebersihan rumah yang cukup sering digunakan untuk membantu bersih-bersih adalah vacuum cleaner. Pada zaman kini, penggunaan vacuum cleaner tentunya tidak asing lagi. Terlebih alat ini semakin memudahkan seseorang untuk membersihkan rumah, maka penggunaannya sangat marak. Tidak hanya digunakan untuk membersihkan berbagai jenis-jenis rumah tinggal, namun juga untuk mempersihkan restaurant, café, gedung perkantoran dan sebagainya.

ads

Vacuum cleaner awalnya berasal dari permasalahan kebutuhan orang-orang akan alat pembersih pada akhir tahun 1800-an. Pada zaman dahulu, satu-satunya cara yang dilakukan untuk membersihkan karpet adalah dengan memukul-mukul karpet tersebut hingga debu yang ada dapat keluar. Sehingga pada tahun 1901, seorang insinyur sipil bernama Herbert Cecil Bothe menemukan sebuah ide tentang bagaimana cara membuat sebuah mesin penghisap debu yang dapat mempermudah kegiatan bersih-bersih setiap harinya. Mesin tersebut semakin lama semakin berkembang dengan berbagai macam fitur menarik yang disajikan.

Selain berfungsi sebagai alat-alat bersih di berbagai jenis rumah tinggal, vacuum cleaner dapat dimanfaatkan untuk membersihkan banyak hal. Mulai dari karpet, lemari pakaian, sofa, spring bed dan sebagainya. Vacuum cleaner juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alat pembersih langit-langit rumah. Dengan menggunakan vacuum cleaner, cara menata rumah terasa lebih menyenangkan dan jauh lebih cepat. Bagi Anda yang selalu disibukkan oleh berbagai macam aktivitas, peranan vacuum cleaner memiliki manfaat yang sangat penting.

Namun seperti halnya barang elektronik pada umumnya, vacuum cleaner juga dapat mengalami kerusakan apabila terlalu sering digunakan. Masalah yang paling sering ditemukan pada vacuum cleaner adalah pada bagian penyedot debu vacuum cleaner, perlahan daya sedotnya akan mengalami penurunan. Sebab kantung debu dan filter yang terdapat di dalamnya tersumbat oleh banyaknya debu dan kotoran. Sehingga aliran udara yang masuk ke dalam semakin berkurang seiring menipisnya ruang untuk menampung sampah baru. Lama kelamaan terjadilah penurunan fungsi vacuum cleaner.

Selain masalah tersebut, masalah lain yang dapat menyerang vacuum cleaner adalah dinamo yang rusak. Jika dalam kondisi genting dan vacuum cleaner tidak dapat digunakan menjadi suatu masalah yang menyebalkan bukan? Namun jangan khawatir! Bersama dengan artikel ini, Anda akan mengetahui beberapa cara sederhana untuk memperbaiki vacuum cleaner yang rusak. Penasaran? Ini dia langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk cara memperbaiki dinamo vacuum cleaner, yakni :

  1. Cek keseluruhan bagian vacuum cleaner

Sebelum mengecek kondisi vdinamo vacuum cleaner yang rusak, periksa terlebih dahulu vacuum cleaner Anda secara menyeluruh. Hal ini dilakukan untuk mendeteksi adanya kerusakan lain yang terdapat di dalam mesin. Mulai dari bagian kabel daya, sakral, skering yang menggunakan tespen maupun multi tester untuk memeriksa kondisi vacuum cleaner tersebut. Jangan lupa diperiksa apakah masih dapat bekerja dengan baik dan semestinya atau sudah terdapat kerusakan.

  1. Cek kondisi terkini vacuum cleaner

Maksud dari pemeriksaan kondisi terkini vacuum cleaner adalah memeriksa bagian-bagian lain dari mesin penyedot debu seperti selang penyedot debu, filter debu, tabung air (jika ada saja) dan juga bagian-bagain lain yang terdapat pada permukaan vacuum cleaner secara visual. Apakah sudah ada bagian yang pecah dan retak? Apakah sudah ada bagian yang mengalami kerusakan dan sebagainya.

Sponsors Link

  1. Mencuci seluruh bagian vacuum cleaner

Tahap selanjutnya adalah mencuci bagian vacuum cleaner tersebut. Boleh dicuci secara keseluruhan ataupun dibasahi dengan menggunakan air seperti pada bagian tabung, filter dan juga beberapa perlengkapan lain. Membersihkan vacuum cleaner dengan air bersih juga merupakan salah satu bentuk perawatan alat agar dapat bertahan lama. Jangan lupa keringkan kembali bagian-bagain tersebut sebelum disatukan kembali.

  1. Memeriksa bagian motor vacuum cleaner

Sebenarnya memeriksa motor vacuum cleaner atau bagian dinamo merupakan salah satu pekerjaan yang cukup sulit. Mesin rusak dapat ditandai dengan suara vacuum cleaner yang lebih bising daripada sebelum-sebelumnya. Suara bising ini dapat disebabkan oleh bagian bearing yang goyang. Untuk memperbaiki dynamo vacuum cleaner, sebaiknya Anda meminta jasa tenaga ahli yang lebih mengerti persoalan ini. Sebab untuk membetulkannya Anda membutuhkan keahlian khusus. Jika sampai salah penempatan dan peletakan, kemungkinan besar vacuum cleaner Anda akan mengalami kerusakan total.

Sponsors Link

Vacuum cleaner sejatinya merupakan alat serba guna yang dapat membantu pekerjaan rumah terasa lebih ringan. Pekerjaan bersih-bersih yang dulunya seolah memakan waktu banyak kini berbeda karena ada vacuum cleaner. Karena menjaga rumah tetap bersih adalah salah satu ciri-ciri rumah sehat yang wajib dipenuhi oleh berbagai rumah tinggal. Termasuk di dalamnya rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis. Dengan kebersihan yang selalu terjaga, maka rumah menjadi lebih sehat dan terawat. Selain itu tingkat kenyamanan penghuni rumah juga semakin lama semakin meningkat. Demikianlah penjabaran singkat mengenai cara memperbaiki dinamo vacuum cleaner. Semoga bermanfaat!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Perabot