Sponsors Link

9 Cara Menghilangkan Bau pada Kasur Paling Ampuh

menghilangkan bau kasurSalah satu ciri-ciri rumah sehat pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal tidak hanya dapat dirasakan melalui indera penglihatan, namun juga indera perasa. Rumah minimalis sederhana yang baik adalah rumah yang tidak hanya selalu dibersihkan menggunakan alat kebersihan rumah, namun juga rumah yang wangi dan harum. Aroma juga memiliki peranan penting dalam  kenyamanan penghuni di dalam rumah. Bagaimana tidak? Jika rumah Anda memiliki aroma yang tidak sedap maka aktivitas di dalam rumah akan terhambat secara tidak langsung.

Salah satu ruangan yang paling rentan mengalami bau tidak sedap adalah kamar tidur. Terlebih kamar tidur anak. Hal ini dapat berasal dari kasur yang digunakan, bisa karena sudah tidak lama dijemur atau dibersihkan, atau juga bisa disebabkan oleh adanya balita yang tidak sengaja mengompol. Hal ini tentunya umum terjadi dan merupakan hal yang wajar. Namun apabila tidak segera diatasi, maka bau yang tidak sedap itu akan menyisakan bercak pada permukaan kasur serta bau tidak sedap jadi mengendap di dalam ruangan.

Jika hal tersebut dibiarkan, maka dapat memicu timbulnya berbagai penyakit yang tidak diinginkan. Selain itu, hal ini juga termasuk ke dalam kategori ciri-ciri rumah tidak sehat. Menyebalkan bukan? Bau tidak sedap pada kasur harus diatasi sesegera mungkin. Untuk itu, Anda memerlukan tips dan trik dari cara menghilangkan bau pada kasur yang tepat. Sebelumnya, Anda dapat menggunakan dua bahan ini dalam proses pembersihan, yakni:

  • Baking soda. Sebagai bahan dasar untuk membuat kue, baking soda merupakan bahan serba guna yang dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam kegunaan. Diantaranya adalah sebagai cara membersihkan sofa dengan baking soda, cara membersihkan marmer dan sebagainya. Tidak hanya itu, baking soda juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada kasur. Caranya cukup dengan membasahi permukaan kasur yang terkena bekas urin, kemudian taburkan baking soda disekitarnya dan gosok hingga bersih. Selanjutnya keringkan dengan bantuan vacuum cleaner.
  • Cuka putih. Selain baking soda, cuka putih juga dinilai ampuh untuk menghilangkan noda bau pada kasur. Cara pemakaiannya pun cukup mudah, yakni dengan menyemprotkan cuka putih pada area yang ingin dibersihkan, kemudian lap kembali menggunakan handuk kering supaya bersih.

Kedua bahan tersebut memang dapat digunakan untuk membersihkan bau yang tidak sedap pada kasur rumah. Untuk melakukan proses pembersihan secara mendetail, ada beberapa tahapan langkah yang perlu Anda lakukan. Berikut ini adalah cara menghilangkan bau pada kasur yang baik dan benar, simak!

  1. Melepaskan seprai

Sebelum hendak menghilangkan bau pada kasur, Anda perlu melepaskan terlebih dahulu atribut yang menempel pada kasur. Atribut tersebut tidak lain adalah seprai kasur. Pelepasan ini juga dapat mempermudah proses penghilangan bau yang menempel di permukaan kasur. Pisahkan seprei yang terkena noda urin dengan pakaian kotor lain supaya aromanya tidak saling bercampur. Setelah itu segera cuci seprai tersebut supaya baunya cepat menghilang.

  1. Memindahkan kasur

Selanjutnya kasur dipindahkan pada area yang terkena terik sinar matahari supaya proses pengeringan berlangsung lebih cepat. Apabila Anda menggunakan alas kasur berupa kerangkan batangan, proses ini dapat dilakukan tanpa harus memindahkan kasur. Namun jika Anda menggunakan alas kasur berupa lembaran yang utuh, maka sebaiknya kasur dipindahkan ke lokasi berbeda. Hal ini ditujukan agar dua sisi kasur dapat mengalami proses pengeringan secara bersamaan dan lebih cepat.

  1. Memberikan baking soda

Jika persiapannya sudah selesai, selanjutnya Anda dapat menaburkan bubuk soda kue pada area kasur yang terkena bekas ompol. Bubuk soda kue ini digunakan untuk menyerap sisa kelembapan pada kasur. Tunggu beberapa saat sampai soda kue benar-benar bekerja. Setelah lima menit berlalu, soda kue tersebut kemudian disingkirkan.

  1. Membuat campuran pembersih

Langkah selanjutnya adalah pembuatan larutan air dengan detergen berenzim, Anda dapat menggunakan rinso atau daya sebagai contohnya. Dengan menggunakan takaran satu sendok makan detergen untuk setiap liter airnya. Namun Anda juga dapat menggunakan detergen cair karena proses pelarutan lebih baik dan juga tidak meninggalkan residu. Campuran tersebut kemudian dimasukan ke dalam botol semprot.

  1. Menyemprotkan pada bagian kotor

Kemudian semprotkan larutan pada area yang terkena bau tidak sedap. Tunggu hingga beberapa saat sebelum hendak membersihkan. Tidak hanya akan menghilangkan bau tidak sedap, namun larutan tersebut juga membersihkan bagian kasur yang kotor.

  1. Bersihkan dengan handuk

Setelah itu, gunakanlah handuk atau lap kering untuk membersihkan cairan pada permukaan kasur.

  1. Lakukan kembali

Kemudian kembali taburkan bubuk soda kue pada area yang disemprotkan tadi.

  1. Tunggu sampai kering

Kasur kemudian dijemur atau dikeringkan secara alami. Dalam kurun waktu tersebut, bau tidak sedap perlahan akan menghilang.

  1. Bilas kembali kasur

Kasur kemudian sudah bersih kembali dan dapat digunakan. Sisa bubuk soda dapat dihilangkan dengan menggunakan vacuum cleaner.

Demikianlah beberapa tips dan trik dari cara menghilangkan bau pada kasur yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Perabot