Sponsors Link

10 Tips Memilih Meja Makan yang Paling Tepat

Dapur menjadi bagian yang sangat penting untuk semua jenis rumah, baik jika itu rumah dengan konsep minimalis, mewah atau kuno. Dari bagian dapur maka akan beranjak ke aktifitas masak memasak dan menghidangkan makanan. Lalu perabot lain yang sangat dibutuhkan adalah meja makan yang bisa diletakkan di ruang makan atau dekat dengan wilayah dapur. Meskipun ini hanya meja makan tapi perlu dipertimbangkan dengan baik.

ads

Termasuk jika Anda memiliki rumah kecil dengan konsep menata dapur kecil tanpa kitchen set namun rapi, maka meja makan tetap bagian yang sangat penting. Di meja makan semua anggota keluarga berkumpul untuk menikmati makanan. Di tempat ini banyak kenangan bersama keluarga yang dirangkai setiap makan pagi, makan siang atau makan malam. Berikut ini kami ulas mengenai tips memilih meja makan paling tepat.

  • Ukur ruang makan atau area dapur

Jika Anda memilih meja makan maka Anda harus memilih bentuk dan ukuran yang paling sesuai. Jadi pertama pertimbangkan apakah meja makan akan diletakkan di ruang makan yang khusus atau hanya di area dapur. Misalnya berdampingan dengan meja dapur atau meja memasak seperti konsep kafe. Prinsipnya sama seperti ketika merangkai kerangka kitchen set yang harus pas. Jadi jangan sampai meja dapur terlalu besar sehingga tidak sesuai dengan ruangan. Jadi Anda benar-benar harus mengukur ruangan yang tersedia untuk meja dan kursi makan lalu baru memilih bentuknya.

  • Pertimbangkan bentuknya

Salah satu cara menata perabot rumah termasuk di ruang makan atau dapur adalah harus sesuai dengan bentuknya. Bentuk dari meja makan harus kohesif dengan kondisi ukuran dan bentuk ruangan. Jika ruang makan berukuran besar maka bisa memilih model bentuk memanjang untuk 8 atau 12 kursi makan. Jika ukuran kecil maka bisa memilih bentuk bulat dengan 4 kursi. Atau jika ukuran lebih kecil lagi maka bisa menggunakan 2 kursi. Jadi pertimbangkan fungsi daripada kesan mewah yang ingin Anda tonjolkan tapi tidak sesuai dengan ukuran ruangan.

  • Tingkat kekokohan

Anda juga harus mempertimbangkan tingkat kekokohan meja makan dan fungsinya. Jangan sampai Anda memilih meja rapuh yang mudah rusak dan tidak kuat untuk digunakan meja makan. Karena pada meja makan akan dihidangkan berbagai jenis makanan, lauk, sayuran, buah, minuman dan beberapa set peralatan makan. Jadi penting sekali mengikuti cara menata peralatan dapur untuk meja makan.

  • Bahan meja makan

Bahan atau material yang digunakan untuk meja dapur memang harus dipertimbangkan dengan baik. Jangan sampai Anda memilih bahan yang mudah pecah, tidak tahan panas, mudah berkarat atau mudah lapuk. Perhatikan untuk memilih meja makan dengan kaki yang kuat dan kokoh. Misalnya seperti meja kayu dan kombinasi kaca, meja kayu dengan laminasi logam dan jenis yang lain. Termasuk seperti meja granit yang mewah dan kokoh untuk ruang makan yang mewah. Jika itu terlalu mahal untuk dibeli maka bisa mencoba cara membuat meja dapur granit.

  • Pertimbangkan gaya meja makan

Dekorasi ruang makan ternyata menjadi hal yang sangat penting untuk menerapkan konsep interior yang sesuai. Jadi meja makan harus dipilih sesuai dengan gaya yang paling Anda inginkan. Jika Anda ingin membuat ruang makan atau dapur yang modern maka pilih meja kaca atau meja dengan kombinasi kaca dan logam. Jika Anda membuat konsep kuno maka bisa memilih meja makan dari kayu dengan cat konsep kuno dan lapuk. Jika Anda ingin memiliki konsep tradisional maka konsep meja makan ukir dan kombinasi kaca bisa jadi pilihan paling tepat.

  • Konsep fleksibel

Jika Anda tinggal di apartemen dan memiliki luas ruangan yang terbatas maka bisa menerapkan fleksibilitas. Konsep ini sangat sesuai untuk anak muda atau pasangan muda yang tinggal di apatemen. Jadi meja makan dibuat bersatu dengan meja dapur sehingga memiliki fungsi ganda. Anda juga bisa mendapatkan keuntungan karena meja ini bisa memiliki berbagai fungsi. Jadi ini konsep yang sangat sesuai untuk ruangan kecil.

  • Pertimbangkan jenis kursi

Biasanya meja makan akan dijual dengan kursinya. Sehingga Anda tidak hanya harus mempertimbangkan ukuran meja makan saja tapi juga kursinya. Anda bisa mencoba apakah meja makan itu sesuai dengan ukuran kursinya. Apakah Anda bisa menyilangkan kaki ketika duduk sambil makan atau Anda bisa menyeberangkan kaki ke sisi yang lain. Jadi Anda harus memilih ukuran yang benar-benar sesuai.


  • Pertimbangkan perawatan

Semakin mewah bahan, material dan jenis meja makan yang Anda pilih maka semakin banyak perawatan yang dibutuhkan. Karena itu sangat penting untuk melihat perawatan meja makan yang akan Anda pilih. Misalnya ketika Anda memilih meja kaca maka harus diberi alas yang kuat dan tahan panas, kemudian juga harus dilap dengan pembersih kaca secara rutin. Sementara jenis meja kayu hanya membutuhkan perawatan mudah dengan kain basah saja.

  • Pikirkan untuk keperluan yang lebih besar

Aktifitas makan terkadang tidak hanya dibutuhkan oleh anggota keluarga saja tapi juga orang terdekat dan rekan kerja. Karena itu Anda perlu memilih meja makan dengan kapasitas lebih dari yang Anda butuhkan. Jika Anda memiliki empat anggota keluarga maka coba pilih meja makan bisa untuk enam orang. Dan selalu beri kelebihan kapasitas sehingga ketika Anda mengundang orang lain maka Anda bisa mengajak mereka ke meja makan.

  • Sisakan ruang lebih

Untuk memilih meja makan maka Anda tidak harus selalu memilih ukuran dan bentuk yang pas. Sebaiknya Anda juga harus berpikir untuk menyisakan ruang di ruang makan atau dapur. Misalnya jika ruangan kecil maka pilih meja dengan bentuk bundar. Sisa ruangan yang lain masih bisa digunakan untuk bergerak dan keperluan lain.

Begitulah ternyata beberapa tips memilih meja makan paling tepat. Anda bisa menerapkan maka tips yang paling sesuai termasuk disesuaikan dengan model dan konsep rumah atau ukuran rumah Anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Perabot