Sponsors Link

7 Cara Menata Perabot Rumah yang Baik dan Benar

menata perabot rumahMenata perabot di berbagai jenis-jenis rumah tinggal terkadang bisa menjadi hal yang yang sulit dilakukan. Mengapa demikian? Hal ini bisa terjadi jika Anda tidak mengetahui penyebab mengapa rumah Anda terlihat begitu sesak dan sumpek meskipun sudah dirapikan setiap hari. Penyebabnya mungkin terletak dalam penataan perabot yang salah. Meski terlihat sepele, namun penataan perabot yang baik dapat membantu meningkatkan kenyamanan di dalam rumah. Untuk itu, Anda akan membutuhkan tips dan trik yang tepat! Penasaran? Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan dalam cara menata perabot rumah yang baik dan benar, simak!

  1. Menyesuaikan dengan ruangan

Menata perabot dalam rumah akan lebih sulit dilakukan bila jumlah barang yang ada sangat banyak dan penempatannya tidak menyesuaikan dengan fungsi ruang. Contohnya adalah, barang-barang yang seharusnya berada di kamar mandi malah diletakan di dapur dan sebagainya. Peletakan perabot yang tidak sesuai dapat membuat rumah menjadi lebih berantakan dan tidak teratur. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, sesuaikanlah jenis perabot dengan fungsi ruang tersebut. Jika memungkinkan, siapkan tempat penyimpanan tetap agar barang-barang tersebut tidak tercecer. Jika membutuhkannya kembali, Anda pun tidak perlu merasa kesusahan.

  1. Menentukan skala prioritas

Dalam menyulap rumah biasa menjadi mewah tidak hanya dapat dilakukan dengan menggunakan material penutup dinding atau jenis-jenis lantai rumah yang indah, namun juga dapat dilihat dari pemilihan perabot yang digunakan. Akan tetapi, dalam memilih perabot rumah haruslah di dasari dengan skala prioritas. Maksudnya adalah, Anda juga perlu menyesuaikan kebutuhan perabot dengan luasan ruang yang dimiliki. Jangan sampai Anda membeli perabot rumah yang terlampau besar hingga akhirnya membuat ruangan nampak sesak. Namun pilihlah perabot yang dapat berfungsi dengan baik namun juga tidak memakan cukup ruang. Inilah salah satu cara menata perabot rumah yang perlu Anda ketahui.

  1. Memanfaatkan ruang kosong

Dalam menata perabot rumah harus dilakukan dengan cermat dan terliti. Terlebih jika Anda hanya memiliki luasan ruang yang kecil. Namun ketahuilah bahwa di dalam rumah Anda masih terdapat banyak ruang kosong yang terkadang luput dari penghilatan. Salah satunya adalah ruang kosong dibawah jenis-jenis tangga rumah. Ruang ini sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. Anda dapat memanfaatkan ruangan ini sebagai gudang untuk menyimpan perabotan rumah seperti sapu, pel, pengki, vacuum cleaner dan berbagai alat kebersihan rumah lainnya. Atau juga Anda dapat memanfaatkan ruangan ini sebagai tempat menaruh buku-buku dan lain-lainnya. Trik ini juga biasa dilakukan dalam cara menata peralatan dapur rumah yang begitu banyak.

  1. Merapikan rumah dengan rutin

Cara menata rumah paling efektif di dalam rumah adalah dengan membersihkannya. Selain dapat membuat ruangan selalu rapi, ini juga merupakan salah stau cara dalam mewujudkan ciri-ciri rumah sehat. Ingatlah bahwa pekerjaan membersihkan rumah tidak harus selalu dilakukan oleh Anda. Anda juga dapat membuat jadwal rutin bersama dengan anggota keluarga lainnya untuk membersihkan rumah dengan tuntas. Terlebih, bersihkanlah rumah dari kotoran dan debu menggunakan alat kebersihan rumah!

Ingatlah bahwa kegiatan membersihkan rumah tidak hanya menyapu atau mengepel saja, namun juga menata perabot rumah agar kembali tertata seperti semula. Kembalikan barang-barang pada tempat yang sudah dipersiapkan.

  1. Memilih perabot multifungsi

Jangan salah dalam memilih perabot rumah yang tepat! Apabila Anda ingin pekerjaan menata perabot rumah berlangsung dengan cepat, sebaiknya pilihlah perabot multifungsi yang dapat dimanfaatkan menjadi berbagai penggunaan. Dengan begitu Anda dapat meminimalisir penggunaan perabot rumah dan ruangan akan terlihat lebih lapang dan luas. Contohnya, pilihlah lemari kayu yang memiliki banyak ruang dan laci agar banyak barang cukup untuk disimpan. Atau Anda dapat menggunakan meja lipat, yang dapat dibuka tutup sesuai dengan kebutuhan. Hindarilah penggunaan perabot yang berbentuk oval atau bulat, karena akan memakan banyak ruang.

  1. Menata furniture di dalam ruangan

Menata perabot rumah bukan berarti hanya menempatkannya pada ruangan, namun posisinya harus juga dipikirkan dengan baik. Hal ini perlu dilakukan agar ruangan nampak luas dan lapang. Beberapa tips yang dapat dilakukan, misalnya pada ruang tamu, Anda dapat merapatkan sofa ruangan dengan dinding agar tidak ada sisa ruangan yang terbuang. Selain itu, dengan tidak memberikan ruang negative di ruang tamu dapat memperbesar jalur sirkulasi di dalam ruangan.

  1. Memanfaatkan lemari gantung

Ingatlah bahwa menatap perabot rumah tidak harus diletakkan di atas permukaan lantai. Agar menghemat ruangan yang ada, Anda juga dapat memanfaatkan lemari gantung. Cara membuat rak dinding melayang cukup mudah. Dengan memakai lemari ini, Anda masih memiliki sisa ruangan di area bawahnya yang dapat dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara menata perabot rumah yang dapat digunakan serta wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , ,



Oleh :
Kategori : Perabot