Sponsors Link

8 Tips Dapur di Bawah Tangga Menurut Feng Shui

Feng Shui menjadi ajaran tata letak peninggalan budaya Tionghoa yang masih diterapkan hingga saat ini. Bahkan sekarang bukan hanya peranakan Tionghoa saja tapi juga semua masyarakat umum. Ada satu kepercayaan bahwa mengikuti feng shui bisa menjaga kondisi kesehatan dan rumah tangga menjadi seimbang. Karena itu sebaiknya memang mengikuti aturan merancang feng shui rumah agar rejeki lancar.

ads

Termasuk juga jika Anda ingin membangun rumah dua lantai namun memiliki luas tanah yang cukup kecil. Langkah ini sering dilakukan untuk membuat ruang tambahan di rumah. Misalnya lantai dua untuk kamar anak-anak dan ruang yang lain. Terkadang karena ruangan yang sempit, akhirnya Anda harus meletakkan tangga ke lantai dua dekat dengan dapur atau bagian bawahnya digunakan untuk dapur. Agar Anda tidak salah maka ikuti jawaban dari boleh tidak dapur dibawah tangga menurut feng shui dan tipsnya. Silahkan mengikuti informasi dibawah ini.

Sebenarnya jika mengikuti ajaran feng shui maka bagian bawah tangga sebaiknya tidak boleh digunakan sebagai mini bar atau dapur. Salah satu alasan yang sangat kuat adalah bahwa proses memasak atau masakan yang sudah selesai dimasak kemungkinan akan dilangkahi ketika ada yang berjalan di atas anak tangga. Tentu saja proses ini memang tidak terjadi secara langsung. Sementara itu bagian bawah anak tangga sering digunakan untuk dapur karena tidak ada ruang lagi yang tersisa, terutama jika rumah berukuran kecil. Namun Anda masih bisa mengunakan ruangan ini untuk tempat lemari penyimpan berbagai barang. Tapi ketika Anda benar-benar harus membuat dapur dibagian ini maka pertimbangkan beberapa tips dibawah ini.

  • Posisikan di bagian belakang

Karena Anda memiliki rumah dengan ukuran yang kecil dan terdiri dari dua lantai maka Anda harus mengatur tata letak tangga. Pertimbangan ini karena bagian bawah tangga akan digunakan untuk ruang dapur. Jadi ambil sisi dinding yang paling belakang sehingga tangga tersebut tidak terlihat dari bagian ruang tamu atau ruang keluarga. kemudian posisikan bagian kompor atau wastafel tidak dibagian anak tangga tapi disampingnya. Jika Anda memiliki ruangan yang kecil maka terapkan menata dapur kecil tanpa kitchen set.

  • Posisi kompor

Kemudian pertimbangan yang lain adalah posisi kompor. Jangan sampai Anda meletakkan kompor tepat dibawah balok beton. Dalam adat Feng shui ini larangan yang harus dipatuhi. Sebab dapur Anda terletak dibawah tangga maka posisi kompor harus menjauh dari beton tangga. Anda bisa mengatur dengan jarak yang sesuai. Selain itu posisi ini sangat penting karena ketika kompor ada dibawah balok beton maka asap memasak bisa menyebar dengan cepat dan membuat rumah berbau. Jadi tetap pertahankan ciri-ciri rumah sehat yang nyaman dan tidak berbau.

  • Buat dapur terbuka

Aturan yang sangat khas dalam feng shui adalah untuk tidak membuat pintu dapur yang menghadap toilet. Karena itu ketika Anda membuat dapur kecil dibawah tangga maka buat konsep dapur terbuka. Anda tidak akan memasang pembatas atau pintu untuk dapur. Sehingga dari bagian dapur itu maka bisa langsung terlihat ruang santai atau meja makan. Dengan konsep ini maka dapur berkesan luas dan nyaman.

  • Ruang penyimpan tepat dibawah tangga

Kemudian untuk posisi yang tepat dibawah tangga sebaiknya adalah digunakan untuk ruang penyimpan. Ruang penyimpan sangat penting untuk bagian dapur karena Anda bisa meletakkan berbagai peralatan dapur dan keperluan lain di sana. Jadi buat kerangka kitchen set yang menempel tepat dibawah tangga. Karena bentuk ruang dibawah tangga yang unik maka Anda bisa merancang kitchen set dengan ukuran yang berbeda. Justru konsep ini akan membuat dapur menjadi lebih menarik.

  • Pertimbangkan bentuk dapur

Karena dapur akan diletakkan dibawah tangga maka jangan membuat bentuk dapur yang biasa. Anda tidak bisa menerapkan bentuk dapur kotak seperti pada ruangan dapur umum. Namun Anda masih bisa menggunakan bentuk dapur terbuka. Jadi misalnya kitchen set ada di bagian bawah anak tangga, kemudian jarak dari situ maka bagian tengah digunakan untuk meja dapur. Lalu ide meja dapur bisa digunakan sebagai meja makan. Hanya saja Anda harus memilih meja dapur dengan kompor yang modern. Manfaatkan bagian bawah meja dapur untuk ruang penyimpanan yang lain. Dan perhatikan kebersihan dapur dengan konsep ini agar tidak banyak kecoa bersembunyi atau lakukan cara membasmi kecoa di rumah agar tepat bersih.


  • Lantai dapur diberi satu anak tangga

Kemudian jika Anda ingin menerapkan posisi ruang makan dan dapur yang jelas maka buat satu selisih anak tanga. Jadi posisi dapur ada di bawah satu anak tangga dibandingkan dengan ruang makan. Konsep ini tidak hanya menarik tapi juga memperjelas bagian mana yang digunakan sebagai dapur dan bagian mana yang digunakan sebagai ruang makan.

  • Pertimbangkan dekorasi

Dekorasi untuk dapur yang terletak dibawah anak tangga juga tidak boleh diabaikan. Setelah mempertimbangkan posisi kompor, wastafel, kitchen set, meja makan atau ruang makan maka lihat lagi interior rumah. Anda harus menerapkan pencahaan ganda untuk siang dan malam, karena bagian bawah tangga cenderung lebih gelap. Anda juga harus memasang lampu untuk bagian atas wastafel dan area memasak. Jenis lampu untuk dekorasi bisa dipilih dari model lampu dinding, lampu gantung atau jenis lampu yang lain.

  • Jangan menghubungkan dapur langsung dengan kamar mandi

Larangan lain untuk membuat dapur dibawah tangga adalah jangan sampai membuat pintu terhubung dengan kamar mandi. Artinya Anda harus melewati dapur untuk pergi ke kamar mandi. Ini kebiasaan yang sangat buruk dan sebaiknya tidak dilakukan. Dapur dan kamar mandi memiliki fungsi yang sangat bertolak belakang. Jika Anda menghubungkan area ini maka dipercaya bisa membuat orang di rumah mudah terkena penyakit dan rejeki tidak lancar.

Nah begitulah semua jawaban boleh tidak dapur dibawah tangga menurut feng shui dan tipsnya? Sebaiknya anda mengikuti aturan tersebut jika ingin menerapkan nilai-nilai feng shui dalam rumah.

, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Dapur