Sponsors Link

4 Cara Membuka Gagang Pintu Bulat yang Terkunci Paling Mudah

Salah satu pengaman pintu rumah tinggal yang paling banyak digunakan adalah kunci pintu. Kunci pintu akan mendatangkan rasa aman dan nyaman untuk si pemilik rumah yang ada di dalam rumah maupun saat keluar rumah. Dalam keadaan terkunci maka sangat sulit untuk membuka pintu. Bahkan perlu membobol bagian kusen atau pintu itu sendiri.

Masalahnya terkadang kita lupa meletakkan kunci sehingga pintu terkunci. Ini memang kejadian yang sangat biasa dan sering dialami oleh semua orang. Kunci hilang atau kunci terlupa membuat kita merasa panik. Terlebih dengan model gagang pintu bulat yang cenderung lebih rentan dan rumit. Bagian gagang pintu ini terdiri dari kepala dan gagang yang terhubung sampai ke dalam pintu. Lalu bagaimana cara membuka gagang pintu bulat yang terkunci paling mudah? Berikut ini solusi yang bisa Anda lakukan.

1. Gunakan Pembobol Kunci dari Penjepit Kertas

Kunci menjadi alat pengaman rumah yang harus ada di setiap pintu rumah. Salah satu modelnya seperti gagang pintu bulat yang cenderung sering dipakai untuk pintu utama dan pintu kamar mandi. Pada dasarnya model ini bisa dipilih sesuai dengan bentuk dan bahan gagang pintu. Ketika pintu terkunci maka Anda bisa membuat alat pembobol kunci tanpa merusak gagang dan kepala kunci. Berikut ini langkahnya:

  • Siapkan alat penjepit kertas, tang dan kawat. Jika tidak ada maka gunakan logam tipis yang keras sehingga bisa digunakan untuk mengungkit kunci.
  • Buat penjepit kertas menjadi bentuk L. Jika dirasa kurang kuat atau kurang keras maka buatlah dari kawat yang lebih tebal.
  • Bagian penjepit kertas yang lebih pendek digunakan untuk mencungkil dan kawat digunakan untuk menekan tombol pada bagian dalam kunci. Buat gerakan memutar sehingga seolah-olah seperti gerakan kunci.
  • Ketika sudah terdengar suara kunci terbuka maka segera tarik kepala gagang kunci dan buat gerakan memutar dengan cepat.
  • Tanpa butuh waktu lama kunci sudah terbuka dan pintu bisa dibuka dengan mudah. Dengan tehnik ini memang sangat aman dan tidak merusak kunci.

2. Gunakan Kunci yang Cocok  

Salah satu cara lain yang sangat mudah adalah dengan memukul gagang pintu yang langsung terhubung ke kunci. Rumah minimalis sederhana yang menggunakan kunci ini tentu bisa dicoba karena sangat aman untuk pintu dan kunci. Hanya saja prosesnya harus dilakukan hati-hati agar tidak merusak gagang pintu. Berikut ini tipsnya.

  • Siapkan kunci yang sama persis sehingga bisa masuk ke dalam lubang kunci tapi tidak bisa digunakan untuk membuka kunci. Hal yang paling penting adalah bentuk kunci itu bisa masuk sampai ke dalam tanpa merusak atau tidak dipaksakan.
  • Masukkan ke lubang kunci sampai ke bagian paling akhir, dorong terus sampai masuk ke dalam tanpa diangkat keluar.
  • Pukul sedikit sampai terdengar bunyi kemudian langsung putas gagang pintu.
  • Selanjutnya terdengar bunyi kunci yang sudah terlepas dan pintu bisa dibuka dengan mudah.

3. Menggunakan Kunci L

Mengunci pintu memang bisa menjadi cara mencegah rumah kemalingan. Hanya saja jika lupa membawa kunci saat keluar atau lupa menyimpan kunci juga akan menyusahkan Anda sendiri. Tapi jangan takut, karena Anda bisa membuka kunci pintu dengan menggunakan kunci L. Berikut ini caranya.

  • Cobalah membeli satu paket kunci L yang biasanya terbuat dari logam dengan berbagai ukuran yang berbeda.
  • Cobalah untuk mencari kunci L dengan bentuk dan ukuran yang sama seperti pada lubang kunci. Anda harus menemukan ukuran yang tepat dan sebaiknya kunci L tidak dirubah bentuknya.
  • Masukkan kunci L ke dalam lubang kunci dengan gerakan maju mundur. Kemudian jika dirasa sudah menyentuh pada pin terakhir kunci maka dorong dan putar gagang pintu.
  • Saat membuka gagang kunci pintu maka harus dilakukan pelan agar tidak merusak struktus pin dalam kunci pintu.

4. Gunakan Kartu Tebal

Semua jenis-jenis rumah tinggal memang harus dilengkapi dengan kunci pintu. Termasuk dengan menggunakan model kunci lama seperti gagang kunci bulat. Namun jika ternyata kunci hilang atau Anda lupa menaruh kunci maka cobalah membuka kunci pintu dengan bantuan kartu yang tebal. Anda bisa menggunakan kartu kredit atau kartu ATM yang sudah tidak terpakai. Berikut ini caranya:

  • Sebaiknya Anda memilih kartu yang sudah lentur dan bisa dilipat dengan mudah. Misalnya seperti kartu ATM bekas atau jenis kartu lain yang serupa. Jenis kartu yang sudah lentur mudah digunakan dan tidak akan patah.
  • Masukkan kartu ke celah pintu dan kusen yang langsung terhubung dengan slot kunci. Selipkan dengan kuat kemudian berikan dorongan agar slot kunci bisa masuk.
  • Saat Anda mendorong slot kunci masuk ke dalam maka bantu dengan tarikan arah membuka kunci pada gagang pintu.
  • Jika sudah ada setengah slot kunci yang masuk maka tarik kartu keluar sambil menarik penuh gagang pintu dengan arah seperti membuka kunci.
  • Nah akhirnya kunci pintu sudah terbuka dan tidak ada pin atau bagian kunci lain yang rusak.

Tips Memilih Kunci Rumah

Ketika Anda sudah berpengalaman mengatasi masalah gagang pintu bulat yang terkunci, kemungkinan kunci Anda sudah tidak bisa digunakan dengan normal. Nah jika Anda ingin mengganti jenis kunci rumah maka pertimbangkan tips memilih kunci rumah, seperti berikut ini:

  • Kualitas kunci. Pertimbangan pertama yang perlu Anda lakukan adalah kualitas kunci. Kunci yang berkualitas biasanya dijual dengan harga yang cukup mahal atau tidak terlalu murah. Fasilitas lain seperti anak kunci juga ada dan mudahnya penanganan ketika terkunci.
  • Sesuai desain rumah. Anda juga harus memilih kunci yang sesuai dengan desain rumah. Ada banyak jenis kunci seperti kunci digital, Mortise door handle-sets, Door knob, Medium duty tubular lever handle set dan jenis model lain. Pastikan kunci sudah sesuai dengan model pintu dan desain rumah.
  • Sesuai dengan anggaran. Ketika Anda sudah memperhatikan kualitas dan model kunci maka pertimbangkan dengan anggaran. Kunci dengan fasilitas yang lebih banyak tentu akan lebih mahal. Jadi sangat penting untuk mempertimbangkan anggaran.

Begitulah cara membuka gagang pintu bulat yang terkunci paling mudah. Dengan cara ini maka Anda tidak perlu repot saat ada masalah dengan kunci rumah.

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Keamanan