Sponsors Link

8 Tips Menghias Aquarium untuk Berbagai Jenis Ikan

Memiliki aquarium tentunya akan menjadi hal yang sangat menyenangkan. Anda bisa meletakkan aquarium di ruang tamu, ruang tunggu, lobi, teras, ruang keluarga dan bahkan kamar pribadi. Tentu saja semua itu menjadi lebih indah lagi jika Anda memelihara ikan favorit dan merawatnya dengan baik. Aquarium sering dianggap sebagai hiasan yang mahal karena tampilan aquarium yang terlihat mewah.

ads

Namun semua itu dianggap tidak berlebihan karena dengan melakukan cara menjernihkan air aquarium maka aqurium terlihat sangat menarik. Dan jika Anda melihat aquarium maka Anda akan melihat berbagai jenis hiasan yang tidak hanya digunakan untuk keindahan tapi juga untuk menunjang kehidupan ikan. Biasanya aquarium dibentuk seperti habitat asli ikan sehingga sangat menarik sekali. Dan semua itu memang dibuat dengan dekorasi yang sempurna. Karena itu kami akan menjelaskan mengenai tips menghias aquarium untuk berbagai jenis ikan.

1. Persiapan peralatan aquarium

Langkah pertama untuk menghias aquarium adalah menyiapkan berbagai keperluan aquarium. Nah berikut hal yang tidak boleh Anda lewatkan:

  • Cobalah untuk memilih bentuk aquarium sesuai dengan ukuran ruangan dan ukuran yang cukup.
  • Persiapkan alat yang sangat penting untuk aquarium seperti filter penyaring air dan bisa dibeli dalam bentuk jadi khusus untuk aquarium karena berbeda dengan cara membuat filter kolam ikan.
  • Masukkan karbon yang bisa membantu membasmi kuman, bakteri, dan racun yang ada dalam air.
  • Persiapkan alat penghangat air dan termometer, terutama jika Anda memelihara ikan dengan perawatan yang lengkap.
  • Lengkapi aquarium dengan aerator yang berfungsi untuk mengendalikan dan mengatur kadar oksigen dalam air.
  • Persiapkan aquarium dengan posisi yang pas misalnya dekat dengan saklar sehingga akses untuk alat listrik dalam aquarium bisa dijangkau dengan mudah.

2. Pilih jenis alas untuk aquarium

Kemudian setelah persiapan selesai maka Anda perlu memilih jenis alas aquarium. Alas aquarium sangat penting untuk membuat dekorasi aquarium bisa terlihat lebih indah dan menarik. Jenis alas aquarium bisa Anda pilih sesuai dengan tema yang akan digunakan untuk menghias aquarium misalnya batu-batuan alam, alas plastik, stiker bertema laut, tanaman vegetasi air dan berbagai jenis macam alas sintetis. Hal yang sangat penting untuk dipikirkan adalah cobalah untuk memilih alas sesuai jenis ikan misalnya ikan yang sangat sensitif, ikan yang menyukai tanaman air dan jenis ikan yang lain. Dan pertimbangkan alas agar bisa melakukan cara membersihkan akuarium dengan mudah.

3. Desain hiasan aquarium dari plastik

Lalu tips yang lain adalah dengan memilih desain hiasan aquarium yang berbahan plastik. Berbagai jenis hiasan plastik ini menjadi jenis yang paling banyak disukai. Alasannya memang cukup sederhana karena hiasan ini biasanya dijual murah, bentuk yang sangat lengkap seperti habitat ikan di air, tampak lebih hidup ketika terkena cahaya dan mudah untuk dibersihkan.

Hanya saja Anda harus memilih kualitas hiasan plastik ini. Jangan sampai bahan plastik mengandung racun sehingga bisa membuat ikan keracunan dan mati. Biasanya  jenis hiasan yang mengandung logam beracun sangat berbahaya untuk ikan.


4. Dekorasi hiasan kayu

Model hiasan yang lain adalah dengan menempatkan hiasan kayu dalam aquarium. Jenis kayu ini biasanya sudah dijual dalam bentuk jadi sehingga Anda hanya perlu memasangnya. Hiasan kayu terbuat dari kayu alami yang sudah membusuk dan memiliki banyak lubang. Kayu tidak akan membusuk meskipun dimasukkan dalam aquarium.

Karena bentuknya yang sangat estetik sehingga bagian dalamnya bisa digunakan untuk tempat selang oksigen atau filter. Sehingga dari luar aquarium tampak indah. Jika Anda tidak menyukai hiasan kayu maka bisa memilih model hiasan kayu dari bahan plastik yang aman untuk ikan. Hal yang terpenting dari memilih hiasan ini adalah selalu menjaga agar air kolam tetap jernih sehingga aquarium semakin indah.

5. Menggunakan hiasan dari batu keramik

Hiasan batu yang berbentuk khas identik dengan suasana kolam ikan memang sangat menarik untuk aquarium. Hal ini karena hiasan batu ini bisa membuat ikan menyukai suasana dalam aquarium. Efeknya bisa membuat ikan tidak stres sehingga ikan makan dengan baik dan tenang. Ini langkah yang sangat penting karena ketika ikan sehat dan tenang maka air dalam aquarium juga tidak banyak mengandung amoniak. Hanya saja hiasan dari batu asli memang harganya relatif lebih mahal. Nah solusinya Anda bisa memilih hiasan batu sintetis dari bahan plastik yang berkualitas. Langkah ini juga menjadi cara membuat aquarium sederhana jadi lebih menarik.


6. Konsep hutan dalam air

Konsep untuk membuat sebuah taman atau hutan di dalam aquarium ternyata bisa diwujudkan dengan mudah. Anda bisa memilih berbagai jenis hiasan dengan konsep hutan seperti rumput, bunga hijau dan jenis tanaman hijau lain. Konsep ini akan membuat hutan dalam aquarium menjadi sangat indah. Untuk menghidupkan kesan hutan maka Anda bisa menambahkan hiasan batu, lumut, pakis dan jenis hiasan yang lain. Dengan cara ini maka aquarium terlihat sangat indah dan menarik.

7. Stiker hiasan untuk aquarium

Model hiasan lain adalah stiker hiasan khusus untuk aquarium. Anda bisa memilih stiker dengan berbagai tema dan bisa ditempelkan pada aquarium di bagian alas atau dinding belakang.

Stiker dianggap sebagai hiasan yang paling mudah digunakan dan tema yang sangat lengkap. Setelah itu Anda hanya perlu menambahkan hiasan sederhana seperti batu-batu alam dengan berbagai bentuk.

8. Hiasan dari dapur sederhana Anda

Jangan salah karena ternyata Anda bisa mendapatkan berbagai hiasan aquarium dari dapur sederhana Anda. Coba lihat apakah di dapur Anda ada beberapa benda yang tidak terpakai.

Misalnya cangkir keramik yang sudah pecah, piring kecil yang tidak terpakai, gelas kaca yang indah, teko dan berbagai benda lain yang aman untuk ikan dan aquarium. Cobalah menyusun dengan bentuk yang Anda sukai kemudian tambahkan dasar alas dari lumut, rumput hijau dan hiasan yang lain.

Itulah semua tips menghias aquarium untuk berbagai jenis ikan. Anda bisa memilih sendiri mana hiasan yang sesuai dengan tema aquarium yang bisa Anda pertimbangkan.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik