Sponsors Link

5 Cara Menjernihkan Air Aquarium Secara Alami Yang Keruh Agar Jernih

Sponsors Link

Cara menjernihkan air aquarium bisa dilakukan secara mandiri dengan alat dan bahan yang mudah untuk didapatkan. Aquarium merupakan suatu wadah yang biasa digunakan untuk memelihara hewan air laut atau pun hewan air tawar. Aquarium biasanya juga digunakan sebagai hiasan untuk membuat ruangan menjadi lebih hidup dan cantik. Oleh karena itu kebersihan pun sangat perlu untuk dijaga untuk menunjang kejernihan dari aquarium.

ads

Baca juga :

Cara Menjernihkan Air Aquarium

cara-menjernihkan-air-aquariumKehadiran aquarium di masyarakat kita sudah tidak asing lagi. Banyak toko-toko khusus yang menjual berbagai macam ukuran dan bentuk sesuai dengan kebutuhan anda. Dari mulai ukuran yang kecil sampai ukuran yang besar sekalipun bisa anda miliki. Selain itu juga sering ditawarkan pemesanan dengan metode custom. Jadi anda bisa request ukuran dan bentuk yang anda inginkan. (baca juga : cara memperbaiki genset)

Ketika kita memiliki aquarium bukan berarti kita hanya menikmati keindahan yang disajikan saja, namun diperlukan juga menjaga kebersihan dan kejernihan air agar keindahan tetap terjaga. Seringkali kita menemukan kesulitan untuk menjaga kejernihan air yang ada pada aquarium kita dirumah. Terlebih lagi jika pemberian makan kepada ikan yang kita pelihara seringkali dilakukan. (baca juga : cara merawat bunga)

Makanan yang kita berikan kepada ikan, seringkali meninggalkan sisa dan akhirnya hal itu akan ikut menyumbang proses mengeruhnya air aquarium. Kotoran ikan pun juga menjadi salah satu penyebab begitu cepatnya air aquarium menjadi kotor. Masalah semacam itu harus bisa diantisipasi dengan penanganan yang tepat tentunya, agar kejernihan air aquarium bisa tetap terjaga. Pada artikel kali ini akan membahas mengenai cara menjernihkan air aquarium. Yuk kita simak bersama-sama! (baca juga : cara memperbaiki kulkas tidak dingin

Berikut beberapa cara yang bisa anda gunakan sebagai bahan referensi dalam upaya menjernihkan air aquarium, penjelasannya sebagai berikut :

1. Berilah Makan Hewan Peliharaan Secukupnya

Pemberian makanan pun sangat berpengaruh pada keadaan kejernihan air aquarium anda di rumah. Anda wajib memahami kebiasaan dan juga karakteristik dari hewan peliharaan anda tersebut sehingga dapat memudahkan anda untuk mengatur porsi makannya. Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk memberi makan. Dan berapa kali makanan harus diberikan. (baca juga : cara membasmi laba laba)

Jika anda terlalu sering memberi makan hewan peliharaan anda tersebut, tanpa tahu kapan waktu yang tepat untuk memberi makan, pastinya hal yang anda lakukan tersebut terasa sia-sia. Bukannya makanan tersebut habis dimakan, melainkan makanan akan terombang-ambing saja dan tentunya akan membuat keruh air yang ada. Jadi hal seperti itu wajib anda pahami, agar tidak timbul rasa kesal karenanya. (baca juga : cara memasang tabung gas)

Setelah anda memahami mengenai waktu yang tepat untuk memberikan makanan, selanjutnya anda juga harus memperhatikan takaran makanan tersebut setiap harinya. Coba anda perhatikan jumlah makanan yang bisa dihabiskan oleh hewan peliharaan anda tersebut. Jika sudah memperoleh takaran yang tepat, lakukanlah hal tersebut setiap hari untuk  mencegah berlebihnya makanan yang ada sehingga bisa menyebabkan air aquarium menjadi keruh. (baca juga : cara membasmi gulma)

ads

2. Ganti Air Akuarium Secara Rutin

Melakukan penggantian air secara rutin sangat diperlukan untuk menjaga kejernihan air dan juga untuk menjaga kesehatan hewan peliharaan anda tersebut. Gantilah air aquarium minimal satu minggu sekali. Karena kotoran yang dihasilkan oleh hewan peliharaan anda, akan menyebabkan kondisi air menjadi lebih cepat keruh. (baca juga : cara membersihkan kipas angin)

Sebelum anda melakukan penggantian air, sebaiknya anda persiapkan air baru satu hari sebelum proses pengurasan. Biasanya hewan peliharaan seperti ikan ada yang sebagian tidak bisa langsung beradaptasi dengan air yang baru diambil dari kran atau pun sumur. Jadi diperlukan air yang sudah didiamkan paling tidak satu malam. (baca juga : cara membersihkan akuarium)

Nah pada saat hari penggantian air tiba, maka anda bisa memindahkan ikan ke dalam ember yang berisi air yang sudah didiamkan tersebut secara perlahan agar ikan tidak mengalami kondisi stres yang dapat memicu kematian ikan tersebut. Dengan demikian anda bisa menjadi lebih leluasa untuk melakukan pengurasan air dan tidak perlu cemas lagi karena ikan akan tetap dalam kondisi baik. (baca juga : cara membersihkan setrika)

Jangan lupa lakukan pembersihan secara menyeluruh pada seluruh area permukaan kacanya, baik pada bagian permukaan dalam atau pun bagian permukaan luar. Bersihkan juga batu-batu kerikil dengan sikat serta aksesoris-aksesoris lain agar tidak memicu timbulnya kotoran dalam waktu yang relatif cepat. (baca juga : cara membersihkan peralatan dapur dari stainless steel)

3. Gunakan Filter Untuk Menjaga Kejernihan Air

Cara menjernihkan air aquarium bias anda lakukan dengan menggunakan filter. Filter merupakan alat yang tepat digunakan pada aquarium. Filter akan bekerja dengan cara menyaring semua kotoran yang di aquarium sehingga kotoran akan terjebak pada filter tersebut. Selain itu filter sangat berguna dalam upaya menyediakan pasokan oksigen karena adanya perputaran air yang menimbulkan gelembung-gelembung penghasil oksigen. (baca juga : cara menghilangkan bau lemari baru)

Jika filter mulai penuh dengan kotoran, maka sebaiknya anda segera membersihkannya dengan melakukan proses pencucian sampai benar-benar bersih kemudian bisa anda gunakan lagi untuk menghindari kotoran meluap dan akhirnya masuk ke dalam aquarium kembali. Yang perlu diingat adalah selalu nyalakan filter dalam waktu 24 jam non stop untuk selalu membersihkan kotoran yang dihasilkan oleh ikan setiap waktu sehingga bisa tetap jernih.(baca juga : cara membersihkan oven listrik)

Bagian lain yang perlu diperhatikan adalah perangkat dari filter seperti selang yang menjadi alat perantara air menuju ke filter. Selang seringkali menjadi tempat favorit lumut berkembang biak. Karena pada bagian tersebut selalu terkena air 24 jam non stop sehingga mempunyai tingkat kelembaban yang baik. Kotoran yang terbawa airpun kadang ada yang menempel di bagian kerutan selang sehingga lama kelamaan menjadi menumpuk. (baca juga : bahan bahan dalam membangun rumah)

4. Ganti Spons Atau pun Kain Yang Ada Pada Filter

Untuk lebih mempermudah perawatan filter agar air aquarium tetap jernih, maka anda wajib rajin-rajin mencuci spons atau pun kain penyaring yang ada pada bagian filter. Segera cuci jika dirasa spons atau pun kain filter sudah terlihat kotor. Untuk mengantisipasi pencucian yang memakan waktu lama, maka anda harus mempunyai back up spons atau pun kain filter lebih dari satu. (baca juga : cara membersihkan closet

Jika anda biarkan kotoran yang menempel pada spons atau pun kain filter dan mengendap dalam waktu yang cukup lama, hal tersebut akan mempersulit anda sendiri saat melakukan proses mencucinya. Padahal jika dilakukan pencucian secara rutin, sangat mudah untuk dilakukan. Pasalnya kotoran yang mengendap terlalu lama akan terasa sulit untuk dibersihkan karena sudah menempel seperti hal lem. Perlu dilakukan proses perendaman beberapa saat terlebih dahulu untuk mengangkat semua kotoran yang menempel tersebut. (baca juga : cara membersihkan freezer)

Selanjutnya apabila spons atau pun kain filter sudah terlihat rusak dan sudah tidak layak untuk digunakan, sebaiknya segera ganti dengan yang baru agar tidak percuma anda menyalakan mesin filternya. Jika spons atau pun kain filter dalam kondisi rusak dibiarkan, maka kotoran yang masuk tidak akan tersaring dengan baik, justru malah kembali lagi masuk ke dalam air aquarium. Nah, kondisi seperti itu merupakan hal yang sia-sia saja dan pemborosan listrik. (baca juga : tips merawat peralatan rumah tangga)

Sponsors Link

5. Menggunakan Arang

Arang yang selama ini hanya digunakan sebagai bahan bakar untuk memasak, ternyata bisa digunakan dalam upaya membantu menjaga kejernihan dan kesehatan hewan yang hidup di dalam aquarium. Sebelum anda menggunakannya, sebaiknya pastikan terlebih dahulu bahwa arang sudah terbebas dari debu atau pun kotoran lain. (baca juga : cara menghilangkan karat)

Selanjutnya anda bisa meletakkan beberapa arang tersebut di dalam kotak filter yang telah disediakan. Air yang masuk ke filter dan terkena arang akan masuk ke dalam aquarium. Nah, kandungan zat yang terdapat dalam arang bisa membantu membuat kondisi air menjadi lebih jernih, sehat dan juga bebas klorin. Demikianlah cara kerja sederhana yang akan terjadi sehingga kejernihan dan kesehatan lingkungan aquarium dapat terus terjaga. (baca juga : cara mengatasi toilet mampet)

Lakukan pengecekan terhadap kondisi arang yang anda letakkan tersebut. Jika dalam kurun waktu tertentu arang sudah mulai mengalami pelapukan karena kondisi lembab yang ada, maka anda harus segera mengganti dengan arang yang baru. Hal tersebut perlu dilakukan agar serpihan-serpihan arang hasil pelapukan tersebut tidak mengotori isi air yang ada di dalam aquarium anda.

Baca juga :

Dapat diambil kesimpulan bahwa cara menjernihkan air aquarium di atas bisa anda jadikan sebagai bahan referensi yang baik dalam upaya menjaga kejernihan dan kesehatan pada air aquarium anda tersebut. Sampai disini dulu ya artikel kali ini yang membahas mengenai cara untuk menjernihkan air aquarium. Semoga bermanfaat dan terima kasih.




Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Tuesday 13th, June 2017 / 07:33 Oleh :
Kategori : Kebersihan