Sponsors Link

7 Cara Membuat Kursi Santai Dari Ban Bekas Mobil

Kursi-ban-bekasSetelah membahas mengenai model sofa untuk ruang tamu kecil, maka kali ini kami ingin membagikan informasi yang juga tidak kalah penting kepada anda yaitu bagaimana cara membuat kursi santai dari ban bekas yang bisa menginspirasi anda. Kursi merupakan salah satu perabotan rumah yang harus dimiliki karena seperti yang kita tahu bahwasanya fungsi kursi itu sendiri adalah sebagai tempat bersantai sambil mengobrol, menonton tv, maupun juga sambil mengamati pemandangan yang ada di dalam rumah dan sekitarnya.

ads

Banyak kursi yang saat ini dijual dengan berbagai macam harga dan juga bahan, dan bahkan ada kursi yang dijual dengan harga yang sangat mahal. Tentu hal ini membuat orang yang tidak memiliki budget yang besar akan merasa kesulitan untuk membeli kursi tersebut. Kebanyakan kursi memang dibuat dari bahan kayu dan juga besi dengan berbagai ukuran dan juga motif yang tentu saja ada yang paling mahal sampai dengan yang paling murah.

Akan tetapi, sebenarnya anda tidak perlu khawatir karena anda masih bisa membuat kursi dengan memanfaatkan ban bekas yang tidak digunakan. Nantinya, kursi tersebut bisa anda letakkan di teman, teras, maupun juga ruangan lain di rumah anda yang memang menunjang untuk peletakan kursi dari ban bekas tersebut.

Selain itu, cara membuat kursi santai dari ban bekas juga bisa menjadi salah satu tips mengisi perabotan rumah baru yang tentu saja juga mengindikasikan bahwasanya rumah anda termasuk ke dalam ciri-ciri rumah minimalis sederhana yang akan membawa nuansa keunikan tersendiri meskipun sebenarnya anda memiliki rumah berukuran cukup besar.

1. Menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika ingin membuat sebuah kreasi tertentu adalah dengan mempersiapkan berbagai macam peralatan yang memang wajib ada jika anda ingin berhasil di dalam membuat karya anda tersebut.

Bahan utama yang harus anda siapkan tentu saja ban bekas yang sudah tidak terpakai. Jenis ban yang harus anda gunakan adalah ban mobil dan bukan ban sepeda motor. Alasan memilih ban mobil adalah karena ukurannya yang lebih besar dan tebal dan juga memiliki ketahanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan ban motor.

Selain itu, bahan-bahan lainnya yang juga harus anda siapkan adalah seperti penjelasan kami di bawah ini:

  • Gunting
  • Pensil
  • Kertas karton
  • Lemak tembak
  • Tambang
  • Cutter
  • Kain Jeans
  • Cat,
  • Obeng
  • Triplek
  • Bor listrik
  • Baut, dan lain-lain

Khusus untuk cat, anda harus menyiapkan cat yang sesuai dengan konsep yang ingin anda angkat dan juga sesuaikan dengan warna atau konsep yang ada di dalam rumah anda. Artinya, jika rumah anda bernuansa alami atau natural, maka warna cat yang harus anda siapkan adalah hijau, putih, dan kuning, dengan beberapa kombinasi warna lain yang akan semakin membuat kursi hasil kreasi anda lebih mengagumkan.

2. Potong triplek sesuai ukuran ban

Langkah kedua yang harus anda lakukan adalah dengan memotong triplek dengan menyesuaikan ukurannya pada ban bekas yang sudah anda siapkan sebelumnya. Yang harus anda lakukan sebelum itu adalah dengan mengukur ban bekas anda sehingga nanti ketika melakukan pemotongan triplek tidak sampai mengalami kesalahan. Anda harus memotong triplek sebanyak 2 buah karena nanti akan digunakan sebagai kombinasi untuk posisi atas dan bawah.

3. Mengebor triplek dan memasang baut

Setelah itu, barulah anda mulai mengebor triplek tersebut hingga nantinya anda merasa bahwa bor anda sudah mengenai bagian ban. Setelah anda merasa bahwa lubangnya sudah cukup dan sudah mengenai ban, maka kemudian barulah anda mulai memasang baut yang sudah anda siapkan dengan menggunakan obeng.

4. Melitikan tali paracord

Langkah ketiga yang harus anda lakukan adalah dengan mulai menyiapkan tali paracord yang nantinya akan anda gunakan untuk mengikat ban. Yang harus anda lakukan adalah mulailah melilitkan tali tersebut mulai dari tengah-tengah triplek sampai nanti sampai menutupi seluruh bagian dari permukaan ban.

Anda bisa menutupnya menggunakan lem tembak atau lem non tembak asalkan memiliki daya perekat yang sangat tinggi karena jika anda salah menggunakan lem, maka dikhawatirkan lem tersebut tidak kuat yang kemudian akan menimbulkan kerusakan setelah kursi tersebut digunakan dalam beberapa hari.


5. Mulai potong ujung tali dan rapikan secara hati-hati

Setelah anda mengikatnya menggunakan tapi paracord, maka langkah selanjutnya yakni anda harus mulai merapikan tali tersebut agar bentuknya bisa beraturan yakni dengan cara memotongnya. Namun anda harus tahu bahwa ketika anda memotongnya, maka anda harus melakukannya dengan berhati-hati agar tidak sampai malah membuat hasil potongan anda jelak yang malah membuat ikatan tali tersebut mejadi kendor. Sekedar informasi bahwasanya anda juga bisa menggunakan venis agar hasilnya nanti bisa lebih memuaskan karena hasil potongan anda akan lebih rapi.

6. Mulai mengecat

Sebenarnya, cara membuat kursi santai dari ban bekas bisa anda cukupnya hanya sampai poin keempat karena dengan menerapkan sampai poin keempat pun kursi santai anda sudah jadi. Namun, untuk cara lain yang juga bisa anda terapkan dan akan membuat kursi santai anda semakin lebih menarik adalah dengan mengecatnya, Dan tentu saja ketika anda mengecat ban bekas, anda sudah tidak perlu tali paracord lagi.

Pastikan bahwa cat yang akan anda gunakan sesuai dengan konsep anda dan juga sesuai dengan warna dominan yang ada pada rumah anda. Jangan sembarang mengecat ban bekas untuk dijadikan kursi, padahal tidak sesuai dengan cat yang ada di rumah anda yang mana jika anda paksakan, maka akan membuat kursi anda tempak lebih mencolok dan kurang menarik.

7. Melilitkan kain

Cara membuat kursi santai dari ban bekas terakhir adalah dengan mengkombinasikan antara tali paracord dengan kain yang sebelumnya sudah anda siapkan. Kami sarankan agar anda jangan memilih kain yang tipis karena akan mudah robek. Namun pilihlah kain yang sedang sehinga ketika nanti digunakan tidak sampai robek. Anda juga bisa menggunakan beberapa kain bekas yang sudah tidak terpakai.

Demikian penjelasan dari kami. Di bawah ini beberapa informasi lainnya yang juga tidak boleh anda lewatkan:

, ,



Oleh :
Kategori : Desain