Sponsors Link

4 Model Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil dan Sempit

Sponsors Link

Ruang tamu biasa ditempatkan pada ruangan pertama setelah pintu masuk. Berbeda halnya jika anda memiliki rumah toko, maka ruang tamu diletakkan setelah toko. Meski begitu tetap saja fungsi utama ruang tamu adalah sebagai ruangan untuk tamu yang datang berkunjung ke rumah duduk beristirahat dan membicarakan keperluan kunjungannya datang ke rumah.

ads

Karena pertama kali masuk ke suatu rumah seorang tamu langsung dipersilahkan untuk ke ruang tamu, maka ruang tamu sering kali didesain sedemikian rupa agar dapat memberikan kesan yang mewakili keseluruhan suasana rumah. Furniture yang paling dominan berada di ruang tamu adalah kursi/sofa. Jika anda memiliki rumah minimalis, atau hanya ingin sekedar mendekorasi ruang tamu menjadi ruangan yang minimalis, berikut ini adalah beberapa model sofa untuk ruang tamu kecil :

Artikel terkait :

1. Sofa sectional

Sofa Sectional

Model sectional sofa merupakan suatu model sofa yang terdiri dari beberapa dudukan yang menyambung menjadi satu. Bentuknya biasanya membenruk huruf L, meski anda dapat pula mengubah susunan bentuknya menjadi bentuk yang lainnya. Namun susunan bentuk L adalah susunan yang paling cocok untuk dudukan sofa jenis ini.

Jika anda berniat ingin membeli sofa model sectional, maka anda harus dengan teliti mengukur berapa panjang maupun lebar ruang tamu anda. Jangan sampai anda nantinya membeli kursi yang terlalu panjang tempat duduknya sehingga kursi malah tidak terpakai.

Selain ukuran panjang dan lebar ruang tamu, anda harus cermat menghapal bagaimana bentuk ruang tamu anda, posisi pintu menuju ruangan selanjutnya menentukan bentuk kursi yang anda pilih.(baca : Fungsi Ruang Tamu)

Tak jarang orang kerap lupa memilih sofa yang bentuknya malah menutupi pintu sehingga rumah menjadi tersekat-sekat dan ruangan menjadi terlihat penuh. Jika terjadi kesalahan dalam memilih sofa sehingga malah menutupi pintu, anda bisa mengganti dengan Cara Membuat Pintu Geser. 

Ada Jenis-Jenis Pintu yang bisa anda pilih yang disesuaikan dengan ruangan rumah anda, yang sempit atau luas. Sehingga, jika anda menambah perabotan seperti sofa tidak akan mengganggu pintu keluar.

2. Sofa loveseat

Sofa Loveseat

Sofa loveseat sering kali disebut two seater sofa karena memang sofa model ini berukuran dua tempat duduk yang digabung menjadi satu. Bentuknya sederhana dengan dua sandaran tangan dibagian ujung kiri dan kanan. Untuk sandaran punggung bermacam-macam ada yang memang ada langsung sandaran punggung dan ada pula yang tidak. Beberapa model malah ada yang sandaran punggungnya bisa dipasang dan dicopot.

Sebagai hiasan sofa model loveseat adalah adanya bantal. Sarung bantal dapat dipilih sesuai dengan corak interior warna cat ataupun wallpaper. Meskipun begitu, pemilihan sarung bantal dapat pula dengan warna yang sangat berlawanan dengan warna cat dinding maupun wallpaper.

Fungsi Wallpaper memberikan nuansa kontras dan juga dapat menimbulkan kesan cantik pada ruang tamu. Ada beberapa Tips Memilih Wallpaper Dinding Pada Ruang Tamu yang tentunya bisa menjadi panduan anda dalam memilih wallpaper yang tepat untuk ruang tamu anda.

Artikel tentang wallpaper :

Bentuk sofa model ini terkesan sangat tegas berupa garis-garis lurus. Bentuknya hanya begitu saja tidak dapat diubah hanya mungkin jika anda ingin tampilan berbeda anda dapat menempatkan kain di bagian sandaran punggung. Sofa model loveseat juga sangat susah menimbulkan kesan mewah pada ruangan.

Jika anda hendak memunculkan nuansa mewah pada ruang tamu tetapi tetap ingin mempertahankan sofa model ini, maka anda dapat menggabungkan dengan wallpaper, meja, lampu hias, ataupun pernak pernik lainnya seperti bunga plastik yang berukuran tinggi yang biasanya ditempatkan di pojokan ruangan.

Sponsors Link

3. Sofa Recliner

Sofa recliner

Sofa model recliner merupakan sofa yang dapat diatur ketinggian sandaran punggung dan sandaran kaki. Model sofa yang satu ini hanya dapat kita tempatkan satu saja di ruang tamu kecil. Hal ini karena ketika kita menurunkan sandaran punggung dan menaikkan sandaran kakinya maka sofa ini akan menjadi lebih besar dan cukup memakan tempat.

Keunggulan sofa recliner adalah kenyamanan yang bisa didapat orang yang mendudukinya. Dengan pengaturan sandaran punggung dan kaki, memang sofa jenis ini sangat tepat sebagai tempat beristirahat melepas lelah. Terbuat dari kulit dengan sandaran tangan yang nyaman serta hanya dapat diduduki satu orang menjadikan sofa ini kerap kali dilengkapi dengan mesin pemijat. Sehingga seringkali kursi ini dijadikan rebutan untuk berlama-lama mendudukinya.

Harga sofa recliner lebih mahal dibandingkan sofa model lainnya, terutama jika terdapat mesin pemijatnya, maka soda recliner akan semakin mahal harganya. Jenis sofa ini sangat cocok untuk Rumah Minimalis Sederhana.

4. Stool

Stool

Model sofa stool merupakan sofa yang memiliki kaki kursi namun tidak memiliki sandaran punggung. Jika kaki stool cukup tinggi maka stool tersebut sering kali disebut bar stool. Bentuknya yang mungil hanya untuk tempat duduk satu orang sangat cocok ditempatkan di ruang tamu mungil.

Anda dapat mengkombinasikan sofa model loveseat dengan beberapa stool di ruang tamu anda untuk mengantisipasi jumlah tamu yang datang kerumah anda jumlahnya lebih dari satu orang.

Jika memang ruang tamu anda berukuran cukup kecil, maka anda dapat mendekorasinya menjadi ruang tamu minimalis. Untuk mendapatkan tampilan ruang tamu minimalis, pilihan furniture yang anda tempatkan di ruang tamu haruslah minim pula. Yang dimaksud minim disini adalah, jumlahnya yang sedikit serta ukurannya juga tak terlalu besar. beri batas antara dinding tembok dengan furnitur agar dinding rumah tetap awet dan terhindar dari kelembapan berlebih dan jamur (baca : cara mengatasi dinding lembab dan berjamur).

Kesan minimalis akan semakin tampak dengan menjaga kerapian ruang tamu, sediakan satu tempat sampah kecil nan menarik sebagai tempat sampah. Ruangan yang kotor adalah salah satu dari sekian banyak ciri-ciri rumah yang tidak sehat, tentunya anda pasti ingin menghindarinya bukan.

Sponsors Link

Untuk mendapatkan fungsi ventilasi rumah maka anda harus sering-sering membuka pintu rumah ataupun jendela rumah. Ketika membuka pintu rumah maka anda harus senantiasa berhati-hati, Karena rumah yang pintunya terbuka seringkali dimanfaatkan maling untuk menyambangi rumah anda (baca : cara menghindari rumah dari kemalingan).

Alternatif lainnya untuk menghindari kemalingan, maka anda dapat memasang pagar atau grill. Terdapat bermacam jenis-jenis grill rumah yang dengan motif yang cantik mulai dari motif jeruji baik mendatar maupun vertical, motif melengkung, motif bunga dan bentuk-bentuk lainnya yang juga dapat mempercantik tampilan rumah anda.


Artikel Lainnya


Kombinasikan pemasangan grill jendela dengan memasang tirai cantik maka tampilan ruang tamu akan semakin terlihat cantik tampilannya. Pemasangan tirai cantik juga dapat berfungsi sebagai salah satu cara untuk mencegah adanya lampu yang sering menyorot ke dalam rumah, terlebih jika rumah anda terletak di tusuk sate (baca : bahaya rumah tusuk sate).

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 20th, August 2016 / 09:15 Oleh :
Kategori : Ruang Tamu