Sponsors Link

8 Kesalahan dalam Desain Interior Rumah Sederhana

Kesalahan dalam mendesain interior rumah seperti Desain Rumah Minimalis dari Desain Interior Kamar sampai dengan Cara Menata Ruang Tamu wajar dilakukan siapa saja. Namun Anda perlu bercermin dari pengalaman desainer yang sudah ahli agar tidak melakukan kesalahan terlalu banyak. Coba Anda perhatikan ruangan demi ruangan Anda. Apakah ada yang terasa kurang pas meskipun sudah banyak perabot dan hiasan berkualitas tinggi? Masalahnya bukan pada perabot dan hiasan Anda. Bisa jadi tata letak dan kombinasinya kurang pas, sehingga suasana harmonis dan serasi tidak terbentuk.

ads

Kesalahan dalam desain interior semacam ini harus harus segera disadari sejak dini sebelum terlanjur melakukan kesalahan yang sama dan membuat anggaran belanja perabot dan menata rumah jadi membengkak.

  1. Kesalahan Proporsi

Proporsi adalah keseimbangan sebuah ruangan dengan jumlah barang, motif, warna dan ukurannya. Bila barang dalam suatu ruangan terlalu banyak atau sebaliknya, maka akan tidak proporsional dalam pandangan mata.

Terlalu banyak meletakkan perabot, aksesori dan dekorasi dalam ruangan tentunya akan membuat ruangan terlihat sesak. Mungkin Anda ingin memajang foto-foto keluarga, perabot dan benda unik yang Anda beli pada ruang tamu dan keluarga Anda. Tentunya hal tersebut akan membuat pergerakan dalam ruangan terganggu

Menggunakan motif  dengan corak dan warna terlalu banyak juga kurang bagus hasilnya. Terlalu banyak motif diaplikasikan pada bantal sofa, gorden, karpet meskipun kualitasnya bagus dan mahal, namun akan memberikan kesan terlalu ramai dan penuh. Begitu juga dengan mengaplikasikan kombinasi warna. Cara Memilih Warna Cat Rumah Untuk Warna Cat Rumah Agar Terlihat Luas dalam satu ruangan maksimal Anda gunakan 3 warna saja. Bisa juga Anda aplikasikan lebih banyak, namun berikan satu saja Warna Cat Rumah Elegan yang dominan sebagai fokus. Sehingga, ruangan rumah anda yang terlihat sempit akan terlihat luas dan indah di pandang.

Baca juga :

  1. Kesalahan Ukuran Barang

Kesalahan dalam desain interior kedua adalah kesalahan ukuran perabot.  Ini masih berhubungan dengan proporsi dan penempatan. Barang yangterlalu besar atau sebaliknya memberikan nilai kurang harmonis pada ruangan Anda. Sebelum membeli perabot untuk ruangan Anda, pastikan mengukur luas ruangan. Sehingga Anda bisa menemukan perabit dengan ukuran dan model yang pas. Akan sangat disayangkan bila Anda terlanjur membeli model sofa yang sangat Anda sukai namun kurang pas di ruangan Anda karena lupa mengukur ruangan.

Ukuran keramik untuk lantai pun harus Anda sesuaikan. Ubin besar lebih cocok dipasang di ruangan luas. Sebaliknya ubin kecil cocok untuk ruangan yang lebih sempit. (Baja juga: Cara Membersihkan Marmer yang Kusam)

  1. Kesalahan Konsep

Kesalahan dalam desain interior ketiga adalah konsep yang bertumpuk. Memadukan konsep ruangan lebih dari dua akan memberikan kesan tidak harmonis. Maksimal perpaduan konsep rumah adalah dua konsep saja. Misalkan Rumah Minimalis futuristik, minimalis etnik, minimalis oriental.

Tidak perlu berlebihan menambahkan konsep lain karena akan menimbulkan ketidakteraturan. Majalah desain dan internet adalah surga desain-desain interior menarik untuk diaplikasikan. Anda mungkin berpikir sayang sekali bila tidak mencoba semuanya. Cara terbaik adalah tidak mengaplikasikannya dalam satu ruangan. Tapi bisa Anda coba di ruang lain.

  1. Kesalahan Fokus

Kesalahan dalam desain interior keempat adalah terlalu fokus pada perabotan dan pada Cara Membuat Hiasan Dinding. Perabot unik dan dekorasi menarik biasanya menjadi perhatian setiap wanita. Tanpa memperhitungkan ukuran ruangan, warna dinding dan pencahayaan ruangan Anda saat membelinya, akan membuat perabot tersebut kehilangan nilai unik-nya. Keharmonisan ruangan tidak hanya berfokus pada perabot dan hiasan dinding. Namun juga perpaduan keseluruhan ruang.

Perabot dan hiasan dinding akan memancarkan suasana harmonis bila mendapatkan pencahayaan yang pas. Selalu pastikan ruangan Anda mendapatkan pencahayaan yang sama saat siang dan malam hari. Gorden bisa Anda andalkan untuk mengatur pencahayaan saat siang hari.

Baca juga:

 


5.Kesalahan Tema

Kesalahan dalam desain interior kelima adalah tidak memperhatikan tema dalam ruangan. Tema dalam sebuah ruangan tidak perlu diaplikasikan di setiap sudut ruangan, muali dari Tips Memilih WallpaperTips Memilih Gorden, Cara Membuat Hiasan Dinding, , Tips Memilih Sofa, carpet, dan lain-lain. Cukup diletakkan dalam salah satu sudut dinding sebagai hiasan dinding dan 4 aksesoris yang senada untuk menunjukkan tema dalam ruangan anda. Terlalu banyak hiasan sesuai tema juga akan membuat ruangan kurang nyaman dilihat karena terlalu penuh.

Oleh karena itu, saat membeli aksesoris untuk ruangan, Anda harus memikirkan kembali sudut mana dari ruangan Anda yang belum tersentuh dekorasi, apa warna dinding, suasana apa yang sejak awal Anda ciptakan dalam ruangan tersebut? Dengan memberikan batasan pada diri sendiri, ruangan Anda akan tetap aman dan sesuai pada tema awal.(Baca :Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Wallpaper Dinding)

  1. Kesalahan Meletakkan Barang

Kesalahan keenam dalam desain interior adalah kesalahan meletakkan barang. Utamanya peletakkan foto dan lukisan di dinding. Tidak disarankan meletakkan lukisan dan foto hanya asal menempel di dinding kosong. Sebab bisa memberikan kesan berantakan. Meletakkan lukisan dan foto bisa dibilang gampang-gampang susah. Atau bisa juga ketepatan insting dan intuisi. Bila Anda memiliki Model Sofa Untuk Ruang Tamu Kecil dan meletakkannya rapat ke dinding, maka Anda harus meletakkan lukisan dan foto agak ke atas, jangan terlalu rendah mengenai sandaran sofa. (Baca juga : Cara Membersihkan Sofa)

Menempatkan lukisan dan foto keluarga tentunya juga perlu menyesuaikan warna dinding dengan ukuran dan bentuk frame lukisan dan foto keluarga Anda.(Baca juga: Cara Membuat Kusen Kayu Jati)


  1. Kesalahan Fokus Dekorasi

Fokus dekorasi bukan soal menambahkan hiasan dinding dan pernik-pernik yang Anda suka ke dalam ruangan. Itu malah akan membuat ruangan tambah ramai. Namun fokus dekorasi adalah titik fokus yang akan menarik perhatian orang yang memasuki ruangan tersebut. Dalam satu ruangan hanya butuh satu fokus dekorasi agar orang nyaman melihatnya.

Di ruang tamu misalnya Anda bisa memberikan fokus dekorasi dengan lukisan besar di dinding strategis. Di ruang keluarga, fokus dekorasi foto keluarga juga bisa Anda  aplikasikan. Untuk Dekorasi Kamar sesuaikan dengan kesukaan anak-anak dan tidak terlalu banyak pernak-pernik. (Baca juga: Menjaga Kebersihan Rumah dan Lingkungan)

  1. Kesalahan Memilih Aksesoris

Ini masih berhubungan tema desain interior yang Anda pilih. Interior rumah adalah cerminan kepribadian Anda. Ketika seseorang datang berkunjung, maka orang tersebut akan menilai Anda dari pilihan-pilihan Anda mendekorasi rumah. Oleh sebab itu, Anda perlu meletakkan beberapa benda yang sesuai dengan kepribadian Anda. Misalkan benda-benda yang Anda peroleh saat bepergian. Namun jangan terlalu banyak meletakkan barang-barang kesukaan Anda. Cukup dua atau tiga aksesoris untuk mewakili siapa diri Anda. (Baca juga: Cara Membuat Jendela Besekat Enam)

Nah, itu tadi rangkuman yang kami himpun tentang 8 Kesalahan dalam desain interior rumah. Semoga bisa menjadi inspirasi yang berharga.

Artikel Lainnya :

, , , , , ,



Oleh :
Kategori : Desain