Sponsors Link

8 Cara Membuat Meja Dapur Cor

meja corDapur menjadi bagian dalam berbagai jenis-jenis rumah tinggal yang penting, karena di ruang ini terjadi kegiatan masak memasak yang menyokong keberlangsungan hidup penghuni rumah. Seperti yang sudah banyak orang ketahui, kalau dapur terdiri dari berbagai macam perabotan dan alat kebersihan rumah. Salah satu perabot vital yang wajib ada di setiap dapur adalah meja dapur. Meja dapur memiliki fungsi untuk membantu aktivitas memasak, tempat memotong bahan makanan, mencampurkan makanan, meracik makanan dan sebagainya. Semakin berkembangnya zaman, meja dapur tidak hanya disediakan dalam berbagai jenis kayu konstruksi, namun alumunium, triplek, stainless steel dan masih banyak lagi. Namun jenis meja dapur satu ini dikatakan paling kuat dan memiliki daya tahan jangka panjang. Siapa lagi kalau bukan meja dapur cor?

ads

Anda tentunya tidak jarang menemukan meja dapur cor bukan? Bahkan mungkin di rumah Anda juga menggunakan jenis batu ini. Terdapat beberapa alasan yang menyebabkan mengapa jenis meja ini populer untuk digunakan. Diantaranya adalah:

  • Memiliki struktur yang kuat dan kokor. Meja ini juga dikatakan memiliki daya tahan yang lama sehingga tidak mudah lapuk akibat rayap dan serangga.
  • Desain meja ini simple dan tidak membutuhkan ornament-ornamen tambahan. Namun tidak menurunkan kualitasnya dan tetap fungsional.
  • Meja cor mudah dikombinasikan dengan sistem sanitasi.
  • Perawatan meja cor terbilang lebih mudah dibandingkan dengan jenis meja dapur lainnya.

Bagaimana? Beberapa kelebihan tersebut mungkin juga sebenarnya Anda rasakan. Cara membuat meja dapur cor sebenarnya cukup mudah dan tidak terlalu sulit lho! Anda juga dapat melakukannya. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui hal-hal penting yang harus diperhatikan, yakni:

  • Ketinggian meja dapur cor harus disesuaikan dengan kebutuhan di dalam rumah. Karena setiap orang memiliki tinggi yang berbeda, Anda perlu menyesuaikan ketinggian meja dapur dengan tinggi orang yang paling sering beraktivitas di ruangan tersebut.
  • Saluran pembuangan dapur juga perlu diperhatikan. Bagaimana sistem pemasangan dan aliran pipa yang berada di bawah dapur. Pemasangan pipa ini harus dilakukan dengan benar supaya tidak terjadi kebocoran yang tidak diinginkan. Karena jika sudah bocor, mau tak mau Anda harus membongkar lantai tersebut.
  • Material penutup dinding yang digunakan pada dapur dapat berupa keramik dengan diameter minimal 8 mm.
  • Supaya dapur terkesan lebih mewah, untuk bagian lantai Anda dapat menggunakan material granit. Ketahui lebih dalam kelebihan dan kekurangan batu granit sebelum hendak digunakan.

Apabila Anda sudah paham, selanjutnya Anda dapat langsung ke proses pembuatan. Berikut ini adalah cara membuat meja dapur cor yang baik dan benar, yakni:

  1. Mendaur ulang material

Apabila dinding yang akan digunakan untuk meja dapur merupakan dinding yang lama, ada baiknya material tersebut dibersihkan terlebih dahulu sebelum hendak digunakan. Jika permukaan dinding masih dilapisi dengan cat, Anda dapat mengelupasnya dengan manggunakan sekrap elastis. Pahat beton juga dapat digunakan untuk membersihkan plesteran pada dinding dapur Anda.

Kemudian pada bagian dinding, buatlah beberapa lubang kecil sebagai tempat untuk menempatkan keramik. Buatkan campuran adukan semen supaya keramik dapat menempel secara sempurna.

Sponsors Link

  1. Mulai membangun meja dapur

Proses pembuatan meja dapur dapat segera dilakukan. Namun pastikan bahwa ketinggian meja dapur sudah disesuaikan dengan tinggi yang tepat. Meskipun standar yang digunakan di Indonesia adalah sekitar 65-70 cm, dimana ketinggian ini adalah ketinggian meja setelah dilakukan pengecoran dan pemasangan keramik.

  1. Mengaur posisi meja

Meja dapur cor sebaiknya diletakan pada sudut ruangan, bisa berbentuk panjang melurus atau berbentuk huruf L. Pada pemasangan ini Anda membutuhkan pipa berukuran ½ inchi yang akan ditanam pada bagian bawah keramik supaya meja tidak mengalami kebocoran apabila digunakan.

  1. Membuat bekisting papan kayu

Selanjutnya adalah proses pembuatan struktur meja, yakni di mulai dengan pembuatan bekisting dari papan kayu sebagai penopang. Bekisting yang dibuat berukuran 60 cm untuk meja kompor, sedangkan 70 cm digunakan pada wastafel. Nantinya akan terdapat jarak sekitar 10 cm antara dua meja.

  1. Memotong behel

Kemudian potonglah behel berdiameter 8 mm yang sesuai dengan panjang meja dapur cor.

Sponsors Link

  1. Memberikan sisa ruang wastafel

Jangan lupa untuk memberikan sisa ruang pada bagian bawah wastafel dengan ukuran yang sama. Anda tidak perlu memasang besi, namun pasanglah sisi pinggi ataupun sisi kanan dan kiri wastafel yang memanjang.

  1. Proses pemasangan

Apabila proses telah selesai, selanjutnya Anda dapat menutup permukaan pinggir dengan penggunakan papan hek dengan ketinggian sekitar 6-7 cm.

  1. Finishing

Tahap terakhir adalah melakukan pengecoran, lalu diamkan selama satu malam dan pasanglah dinding keramik pada keesokan harinya.

Demikianlah beberapa tips dan trik sebagai cara membuat meja dapur cor yang baik dan benar yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , ,
Oleh :
Kategori : Dapur