Sponsors Link

5 Cara Memasang Kitchen Set ke Dinding

memasang kitchen setKitchen set merupakan inovasi baru pada dapur di berbagai jenis-jenis rumah tinggal. Kitchen set juga menjadi salah satu cara menata peralatan dapur  dan alat kebersihan rumah agar selalu tersusun rapi dan sistematis. Kitchen set memiliki dampak yang cukup signifikan dan dapat membuat tampilan dapur rumah lebih indah. Dimana awalnya dapur hanya digunakan sebagaipat aktivitas memasak, namun kini dapur juga dapat digunakan sebagai tempat bercengkrama dengan keluarga. Kitchen set sendiri sebenarnya bisa diperoleh pada toko-toko furniture dengan harga yang beragam. Namun apabila Anda ingin berkreasi sendiri, Anda dapat menggunakan cara membuat kerangka kitchen set sebagai panduannya.

ads

Kitchen set teridiri dari berbagai jenis yang dibedakan dari macam-macam bahan untuk membuat kitchen set. Setiap bahan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Salah satunya adalah memiliki daya tahan yang berbeda. Ada kalanya meskipun kita sudah merawat dengan sedemikian rupa, kitchen set masih rusak juga. Hal ini akan mendorong Anda untuk membeli kitchen set yang baru. Lalu apa yang Anda lakukan dengan kitchen set yang lama? Tentu saja membongkarnya bukan! Namun membongkar kitchen set tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan, yakni:

  • Memutuskan hubungan listrik. Apabila Anda hendak membongkar kitchen set yang lama, sebelumnya putuskan terlebih dahulu semua jaringan listrik dan gas yang terhubung pada kitchen set yang lama. Termasuk juga sistem air bersih dan kotor pada wastafel.
  • Memindahkan kitchen set lama. Dengan menggunakan sarung tangan, pindahkan kitchen set yang lama pada tempat yang sudah disiapkan. Apakah diletakan di dalam gudang, diberikan pada orang lain atau dijualkan pada pedagang barang bekas.
  • Finishing dinding dan lantai. Bekas dinding pada kitchen set yang lama kemudian dibersihkan, lalu di cat ulang dengan menggunakan warna cat rumah yang indah dan sejuk. Jangan lupa pada area lantai yang akan diberikan kitchen set dilapisis dengan lembaran supaya lantai terhindar dari goresan.
  • Marking atau penandaan. Supaya proses pemasangan lebih presisi, Anda dapat menandai bagian lantai dengan kapur sebelum kitchen set akan dipasang.
  • Pengecekan listrik dan sistem air. Jangan lupa untuk memeriksa kembali titik stop kontak, saklar, pengkabelan, pipa air dan sebagainya. Jangan sampai ketika Anda melakukan pengeboran yang merusak sistem tersebut.

Apabila kitchen set yang lama telah selesai dilepaskan dan area kerja juga sudah siap, maka Anda dapat melanjutkan proses pemasangan. Berikut ini adalah cara memasang kitchen set ke dinding yang baik dan benar, yakni:

  1. Mulai dari bagian atas

Pekerjaan diawali dengan pemasangan kabinet kitchen set bagian atas terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya proses pemasangan kabinet bagian bawah dapat berjalan lebih lancar, begitu juga sebagainya. Anda memiliki ruang gerak yang lebih banyak dan proses pemasangan akan lebih stabil. Mulailah dari pemasangan dibagian sudut. Apabila terdapat lemari tinggi, sebaiknya letakkan terlebih dahulu lemari pada titik yang sudah disediakan.

Sponsors Link

  1. Merakit bagian bawah

Pemasangan berikutnya adalah merakit dan memasangkan kembali kabinet bagian bawah dan kabinet tinggi. Sebelum meletakkan furniture, sebaiknya buatlah lubang-lubang terlebih dahulu sebagai saluran air, stop kontak dan juga peletakan pipa gas yang menyesuaikan dengan letak kabinet.

  1. Pemasangan papan meja dan fixtures

Setelah kabinet bagian bawah terpasang dengan baik, langkah selanjutnya adalah memasangkan permukaan bagian atas meja dapur. Permukaan ini dapat terbuat dari bahan marmer, granit, kaca dan sebagainya. Bagi kitchen set yang permukaan atasnya sudah terpasang, Anda hanya perlu melakukan proses penyetelan level ketinggian, termasuk wastafel, kran air, kompor serta penghisap udara.

  1. Pemasangan laci, ambalan, pintu

Apabila semua elemen kabinet utama sudah selesai dipasangkan dengan rapi, saatnya Anda mulai memasangkan elemen-elemen pendukung. Biasanya berupa pemasangan laci, pintu, ambalan dan sebagainya. Apabila kitchen set memiliki lampu aksesoris, Anda juga perlu memasangnya. Jika semua elemen pendukung sudah terpasang dengan baik, pastikan kembali apakah saluran air serta listrik dapat mengalir dengan lancar dan tampa hambatan.

Sponsors Link

  1. Finishing

Tahap pekerjaan akhirnya biasanya hanya berupa pemasangan pitu serta laci. Sebelum kitchen set mulai diisikan dengan perabotan dapur, alangkah lebih baiknya jika Anda melakukan pengecekan ulang terlebih dahulu. Apakah daun pintu sudah terpasang sejajar, apakah permukaan kabinet terpasang kuat dan tidaj mudah copot. Pastikan juga bagian sudut top meja, apakah tertutup rapat atau tidak. Terlebih pada bagian tertemuan top meja dan dinding pada samping ruang dapur Anda. Sebagai tambahan, Anda juga dapat menambahkan karet penahan pintu, sehingga apabila pintu dibuka tidak menimbulkan denyit bunyi yang keras.

Demikianlah beberapa tips dan trik untuk cara memasang kitchen set ke dinding yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , ,
Oleh :
Kategori : Dapur