Sponsors Link

6 Cara Membuat Kerangka Kitchen Set

kerangka kitchen setZaman dahulu mungkin dapur pada berbagai jenis-jenis rumah tinggal tidak terlalu diperhatikan dari segi estetika ruangan. Hal yang lebih diperhatikan hanyalah kenyamanan dalam melakukan kegiatan memasak. Namun kini, keindahan dapur menjadi faktor yang penting juga. Selain macam-macam konsep bangunan seperti rumah minimalis sederhana dan desain rumah minimalis, konsep interior dapur juga perlu diperhatikan. Terlebih karena dapur menampung aktivitas memasak yang menjadi penyebab utama keadaan dapur yang sering kali kotor.

ads

Anda pun juga mengetahui bahwa di dapur terdapat banyak alat perabot memasak, makan serta alat kebersihan rumah yang disimpan. Maka tidak heran apabila kondisi dapur terkesan pengap dan sedikit sesak oleh adanya perabot ini. Meskipun terdapat cara menata perabotan dapur, akan tetapi anda butuh sesuatu yang dapat menampung tumpukan alat-alat ini. Beruntungnya dengan semakin banyak perkembangan yang terjadi, perabot dapur juga semakin berkembang. Yakni salah satunya ditandai dengan ditemukannya kitchen set.

Dengan adanya kitchen set, dapur yang semula berfungsi hanya sebagai tempat memasak menjadi berubah dan berkembang. Bahkan dapur kini juga nyaman digunakan sebagai tempat bercengkrama dengan keluarga. Untuk mendapatkan kitchen set, sebenarnya Anda dapat membeli di toko-toko furniture. Selain itu, Anda juga dapat membuat kitchen set sendiri lho! Cara ini sangat disarankan apabila Anda merasa sulit untuk menemukan kitchen set yang tepat. Sebelum Anda mengetahui cara membuat kerangka kitchen set, Anda perlu menentukan bahan untuk membuat kitchen set apa yang akan Anda gunakan? Diantaranya bahan-bahan tersebut berupa:

  • Kayu lapis (polywood). Bahan polywood merupakan bahan yang paling populer digunakan. Mengapa demikian? Sebab bahan ini sangat mudah untuk dibentuk dan juga proses pemasangannya tidak sulit. Polywood tersedia dalam berbagai macam ketebalan, mulai dari 3 mm hingga 18 mm, semuanya tergantung pada kualitas yang Anda minta. Ketebalan yang semakin besar sebanding dengan daya tahannya yang semakin tinggi. Bahan ini disebut juga dengan sebutan multipleks.
  • Solid wood. Kualitas yang dimiliki oleh solid wood sudah tidak perlu diragukan lagi. Selain dapat dipakai pada jangka waktu yang lama, bahan solid wood ini juga memiliki daya tahan terhadap rayap dan juga air. Solid wood terbuat dari bahan dasar kayu balokan hasil pembelahan batang pohon. Alhasil proses pengolahannya menjadi tidak mudah dan cukup sulit. Namun sayangnya bahan ini bisa di dapatkan dengan harga yang cukup tinggi.
  • Block board. Anda pasti pernah mendengar bahan material block board. Bahan ini terbuat dari bahan dasar serpihan kayu yang kemudian dipadatkan hingga membentuk hasil akhir berupa papan. Dibandingkan dengan polywood, bahan ini cenderung lebih lunak. Tidak hanya dapat digunakan sebagai pembuat kitchen set, namun block board juga dapat dimanfaatkan sebagai daun pintu pelengkap furniture.

Masing-masing material tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Setelah Anda selesai memutuskan bahan apa yang akan digunakan, selanjutnya Anda dapat mengertahui cara membuat kerangka kitchen set yang baik dan benar. Berikut ini adalah langkah-langkahnya, simak!

  1. Menentukan desain

Sebelum Anda hendak mebuat sebuah kitchen set, pertama-tama tentukan terlebih dahulu dimana lokasi kitchen set akan diletakan. Dari lokasi tersebut, Anda akan mendapatkan dimensi panjang, lebar serta ketinggian kitchen set. Selain itu, Anda juga perlu menentukan desain apa yang diinginkan pada kitchen set Anda. Jangan lupa tentukan pula warna yang ingin digunakan. Apakah menyerupai warna cat rumah yang indah dan sejuk atau warna cat rumah elegan.

Sponsors Link

  1. Menyiapkan alat

Apabila proses desain sudah rampung, selanjutnya Anda dapat menyiapkan berbagai macam alat yang dibutuhkan seperti tabel sircular saw, bor listrik, obeng, lem, kuas roda, sekrup dan sebagainya. Jangan lupa siapkan pula material kitchen set yang ingin Anda gunakan.

  1. Proses pemotongan

Material yang digunakan, misalnya adalah polywood dan hpl kemudian dipotong menyesuaikan dengan bentuk kitchen set yang sudah di desain. Pastikan jumlah material mencukup kebutuhan desain dari hasil perhitungan yang sudah dikerjakan sebelumnya. Selain bahan dasar kitchen set, Anda juga perlu menyiapkan lem fox untuk merekatkan bahan satu sama lain. Pemotongan bahan ini dapat menggunakan alat bantu circle saw. Lakukan secara hati-hati untuk menghindari kesalahan.

  1. Tahap pengeleman

Bahan-bahan yang telah diolah kemudian direkatkan dengan menggunakan lem fox. Alat kuas roda juga digunakan supaya hasil pengeleman akhir lebih rata dan kuat.

Sponsors Link

  1. Proses pemasangan

Selanjutnya, pasangkan material-material kecil pada kitchen set yang sudah mulai terbentuk. Mulai dari pintu, rak di bagian dalam dan sebagainya.  

  1. Finishing

Kabinet yang sudah jadi dapat langsung dipasang pada area yang tersedia. Jangan lupa membersihkannya terlebih dahulu sebelum akan digunakan.

Demikianlah beberapa tips dan trik dari cara membuat kerangka kitchen set yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Dapur