Sponsors Link

7 Cara Membuat Tempat Cuci Piring dari Kayu Agar Indah dan Menarik

Piring menjadi salah satu peralatan makan yang harus Anda miliki. Ada banyak jenis piring dan fungsinya yang memang menjadi pengetahuan dasar. Ini hal yang sangat penting karena setiap rumah akan membutuhkan piring untuk tempat makan dan berbagai macam lauk pauk. Tentu saja dengan begitu Anda akhirnya akan sering menggunakan piring.

Saat piring kotor maka harus dicuci dan dikeringkan sebelum digunakan lagi. Pada dasarnya siklus penggunaan piring akan berulang seperti ini. Namun ada satu hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan yaitu kebersihan piring itu. Piring yang kotor harus dicuci di tempat cuci piring yang biasanya diletakkan di dapur. Uniknya tempat cuci piring ini bisa terbuat dari kayu. Berikut ini beberapa cara membuat tempat cuci piring dari kayu agar indah dan menarik.

1. Dari papan kayu motif

Jenis kayu yang akan digunakan untuk tempat mencuci piring sebaiknya kayu yang kuat dan tahan terhadap air. Papan yang dipilih juga harus yang berukuran tebal sehingga tidak mudah bocor. Idenya adalah membuat tempat cuci piring kayu yang tampak alami dengan motif kayunya. Jadi proses untuk mengeruk kayu sampai membuat tempat penampungan dilakukan dengan mengikuti motif kayu. Mulai dari lubang yang paling besar sampai ke bagian paling kecil. Kemudian pasangi dengan lubang pembuangan pada bagian bawahnya. Dan akhirnya wastafel untuk mencuci piring siap dipasang di dapur rumah minimalis sederhana.

2. Papan kayu dengan konsep modern

Jika Anda melihat wastafel modern maka bentuknya memang terlihat sangat solid. Dengan bentuk ini maka Anda bisa mencuci piring dengan mudah dan lebih cepat. Ternyata ide ini juga bisa diterapkan jika Anda menggunakan papan kayu. Proses untuk melubangi arena kayu bisa diukur sesuai dengan kebutuhan. Kemudian lubangi bagian bawahnya untuk memasang lubang pembuangan. Setelah itu kayu diamplas agar halus dan bisa diberi cat dengan warna kayu yang mencolok. Lengkapi wastafel kayu dengan kran modern dan hasilnya sangat sesuai. Lakukan cara memasang kran wastafel dengan tepat sehingga tidak bocor.

3. Tempat cuci piring dan rak piring dibawahnya dari kayu

Jika Anda memiliki kayu yang kuat dan berukuran tebal maka Anda bisa membuat tempat cuci piring yang lengkap dengan rak piring dibawahnya. Pertama Anda harus mengukur kayu lengkap dengan bagian untuk meletakkan piring kotor dan area cekungan kayu untuk mencuci. Tempat cuci ini dilengkapi dengan dua kaki yang menopang meja cuci piring. Kemudian kran dipasang pada bagian tembok dan pada bagian bawah saluran air dipasang rak piring dari bambu untuk meletakkan piring yang masih basah. Dengan model tempat cuci piring ini maka Anda harus menjaga kebersihan agar tidak ada penyebab kecoa datang ke rumah.

4. Tempat cuci piring bentuk abstrak

Pada dasarnya jika Anda memiliki bentuk rumah dengan konsep desain rumah ala Korea, maka Anda bisa menerapkan konsep tempat cuci piring ini. Konsepnya adalah tempat cuci piring yang dibuat sesuai dengan bentuk kayu pada awalnya. Langkah ini dilakukan untuk menjaga agar bentuk kayu tidak banyak berubah. Jadi bisa terlihat bahwa lekukan pada bagian tempat cuci piring dibuat alami sesuai diamater dan lebar kayu. Kemudian pada bagian bawahnya menggunakan tiang penyangga dari batang kayu yang sudah berusia tua dan bentuknya tidak dirubah. Jadi perajin akan menghaluskan dan merubah sedikit bentuknya.  

5. Konsep kayu dan keramik

Ide yang lain adalah dengan menggabungkan wastafel keramik atau stainless steel dengan meja kayu pada bagian dapur. Hanya saja konsep ini hanya sesuai untuk dapur mewah yang berukuran lebih luas. Jadi pada dasarnya wastafel dan meja dapur dibuat dari bahan keramik atau stainless steel. Kemudian pada bagian luarnya di tutup dengan kayu. Jika dilihat dari jauh maka tempat cuci piring Anda sepenuhnya dari kayu, sedangkan jika dari dekat maka masih ada wastafel dari bahan keramik atau besi tahan karat. Wah, mengesankan sekali model wastafel ini.

6. Konsep stainless steel dan kayu

Ide yang tidak kalah menarik adalah memadukan antara bahan wastafel dari stainless steel dengan kayu. Jadi bagian yang digunakan untuk mencuci air bisa menggunakan wastafel stainless steel yang aman dan tahan terhadap air. Kemudian pada bagian sisi mejanya dipasangi kayu yang solid dan kuat. Pada bagian bawahnya bisa digunakan untuk tempat penyimpanan berbagai peralatan dapur. Dengan model ini Anda tidak perlu khawatir dengan kebocoran karena bahan yang sangat aman terhadap air. Kemudian jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian kayu dan wastafel agar tidak meninggalkan sisa makanan.

7. Renovasi tempat cuci piring sudah jadi

Jika Anda tidak suka dengan beberapa ide di atas maka Anda bisa membuat tempat cuci piring kayu dari tempat cuci piring solid yang sudah jadi. Biasanya model tempat cuci piring ini sudah dilengkapi dengan bagian rak penyimpanan sehingga lebih memudahkan Anda. kemudian Anda hanya perlu menutupi bagian sisi samping dan atas dengan kayu yang solid. Jenis kayu yang dipilih juga harus kayu yang tahan terhadap rayap dan air. Setelah itu bagian tempat cuci piringnya tidak perlu dirubah. Model seperti ini jika dilihat dari depan memang akan terlihat sepenuhnya dari kayu.

Keuntungan Tempat Cuci Piring dari Kayu

  1. Sangat mudah untuk dirawat asalkan Anda membersihkan setelah menggunakannya dan tidak menyimpan sisa makanan di atasnya.
  2. Lebih bersih karena pengguna cenderung membersihkan secara teratur.
  3. Memiliki tingkat ketahanan yang baik terhadap air, rayap dan binatang pengerat lain.
  4. Memiliki bentuk unik yang bisa disesuaikan dengan interior rumah.
  5. Ukuran bisa disesuaikan dengan luas dapur dan kebutuhan sehingga sangat nyaman.

Nah begitulah berbagai cara membuat tempat cuci piring dari kayu agar indah dan menarik. Anda bisa memilih modelnya sesuai dengan ukuran dan konsep dapur sehingga hasilnya sangat memuskan dan menarik.

, ,



Oleh :
Kategori : Dapur