Sponsors Link

8 Cara Membuat Tempat Cuci Piring dari Barang Bekas Paling Mudah

Memiliki rumah minimalis sederhana pasti akan sangat menyenangkan. Selain dari ukuran yang minimalis maka Anda juga merasa ditantang untuk mendesain ruangan dengan baik. Termasuk untuk pertimbangan desain interior dan eksterior. Salah satu bagian yang sangat penting di rumah ini adalah dapur yang digunakan untuk memasak dan bahkan makan bersama keluarga.

ads

Jika kita melihat dapur maka ada beberapa titik penting yang tidak boleh terlewatkan. Misalnya seperti posisi kompor untuk memasak, wastafel khusus dapur untuk area mencuci dan area untuk menyiapkan bahan masakan. Kali ini kami akan membahas khusus mengenai tempat untuk mencuci piring. Nah berikut kami jelaskan beberapa ide cara membuat tempat cuci piring dari barang bekas paling mudah.

1. Dari bahan ember galvanish

Jika Anda memiliki ember galvanish maka ini bisa jadi ide yang sangat menarik. Bayangkan saja karena ember ini tahan karat, kuat, tidak mudah bocor dan sering dibuat dengan bentuk yang unik. Jika kebetulan Anda memiliki satu yang sudah tidak terpakai maka masukkan ke dalam lemari tempat mencuci piring di dapur Anda. Idenya adalah mengganti bagian wastafel keramik dengan ember galvanish. Karena warna galvanish memang sudah berkesan kuno maka pasang kayu sebagai penutup meja wastafel. Namun karena ukuran yang lebih kecil maka pertimbangkan dari jenis piring dan fungsinya saat akan mencuci piring.

2. Meja bekas dan kolam batu

Jika Anda memiliki meja bekas dan kolam batu maka dua benda bekas ini sangat unik sehingga bisa dijadikan tempat mencuci piring. Idenya adalah meja bekas tersebut dijadikan papan sedangkan kolam batu bekas dijadikan tempat untuk mencuci piring. Pastikan Anda memasang kolam batu dengan ukuran yang sesuai sehingga sangat pas. Kemudian lakukan cara memasang kran wastafel pada dinding atau papan meja kayu. Mungkin dari rangkaian benda bekas ini agak sulit untuk memasang pipa pembuangan. Tapi Anda bisa mengakalinya dengan memasang lubang kecil dari sisi samping. Dan modelnya juga tidak bisa dipasangi kran jadi cukup dibuat model portabel saja.

3. Ember bulat kaleng

Siapa sangka ternyata ember kaleng juga bisa digunakan untuk membuat tempat cuci piring yang unik dan menarik. Model tempat cuci piring ini sangat sesuai untuk dapur minimalis. Atau juga untuk  cara menata dapur sempit sederhana. Idenya adalah dengan menempatkan ember kaleng yang berbentuk bulat pada rak cuci piring. Kemudian kran dipasang pada bagian dinding atau meja rak piring yang cukup tinggi. Hanya saja Anda tidak mungkin menerapkan lubang pembuangan karena sangat sulit untuk melepas bagian bawah ember kaleng. Jadi solusinya adalah Anda harus membuang air dengan mengangkat ember ke saluran pembuangan terdekat. Jadi meskipun bentuk ini cukup unik tapi juga agak menyulitkan.

4. Dari panci tembaga dan meja kayu

Panci tembaga yang biasanya digunakan untuk memasak juga bisa digunakan untuk tempat mencuci piring. Model panci tembaga memang sangat klasik sehingga bisa menambah kesan unik dan kuno pada dapur Anda. Model tempat cuci piring ini dibuat dengan lebih mudah dibandingkan model yang lain. Jadi posisi panci tembaga cukup dipasang pada meja kayu bekas. Kemudian pasang kran yang sesuai dan arahnya tepat pada panci. Hanya saja untuk mengeluarkan air bekas cuci piring harus dengan cara mengangkat panci. Tentu saja fungsinya menjadi kurang leluasa karena pasti lebih berat panci tembaga dengan air. Namun karena ini menarik jadi bisa digunakan untuk berbagai jenis-jenis rumah tinggal.

5. Tempat cuci piring dari kontainer plastik

Ide lain yang tidak kalah menarik adalah membuat tempat cuci piring dari kontainer plastik. Kotak kontainer yang digunakan bisa berukuran kecil atau besar sesuai dengan ruang yang tersedia di dapur Anda. Pasang dua kontainer yang bisa digunakan untuk tempat merendam cucian piring dan satu kontainer untuk membilas. Tempatkan dalam meja dapur yang sudah dilubangi sesuai dengan ukuran kontainer. Pasang kran bercabang untuk memudahkan air mengalir. Anda bisa menerapkan lubang pembuangan dengan tehnik pemasangan pipa pralon seperti dispenser air.

6. Meja dari palet bekas dan wastafel stainless steel

Menggabungkan barang bekas dan barang baru bisa menjadi ide yang sangat cemerlang untuk memberi kesan pada dapur Anda. Anda bisa merangkai kayu palet bekas menjadi meja dapur untuk tempat cuci piring. Palet bisa dibersihkan, dicuci kemudian dikeringkan. Amplas palet agar lebih halus kemudian beri cat kayu sesuai warna yang Anda inginkan. Rangkai palet menjadi meja dapur yang tertutup pada sisi samping dan depan. Kemudian pasang wastafel stainless steel pada atas meja sesuai dengan ukuran. Untuk saluran pembuangan bisa diletakkan pada bagian dalam sehingga tampak lebih rapi. Hasilnya sangat bermanfaat bukan?

7. Kaca bekas olahan dan ember kaleng

Jika Anda memiliki dapur dengan konsep modern namun ingin menggunakan barang bekas maka ide ini bisa sangat menarik. Anda bisa membuat meja dapur untuk tempat cuci piring dari kaca bekas. Biasanya model kaca ini sudah diolah oleh pabrik pengolahan kaca. Kemudian dibentuk menjadi meja dapur dengan berbagai ukuran. Kemudian lengkapi bagian tempat cuci piring degan ember kaleng bekas untuk tempat menampung air dan piring kotor. Sebenarnya model ini tidak terlihat sebagai barang bekas karena kesan kaca yang berkilau dan bersih.

8. Tempat cuci piring dari bekas meja rias

Meja rias bekas yang sudah tidak terpakai juga bisa dirubah menjadi tempat cuci piring. Hasilnya justru sangat berkesan karena memadukan gaya retro dan kuno. Idenya adalah dengan menambahkan tempat cuci piring dari kolam yang berukuran agak besar. Kemudian meja rias digunakan untuk penopang tempat cuci piring. Jadi meja rias tidak perlu dilubangi lagi. lalu model kran bisa dipasang di dinding sehingga ini bisa menjadi tempat cuci piring permanen di dapur Anda.

Itulah cara membuat tempat cuci piring dari barang bekas paling mudah. Jadi Anda bisa melihat benda bekas apa saja di sekitar rumah Anda dan manfaatkan sebagai tempat cuci piring di dapur Anda.

, ,



Oleh :
Kategori : Dapur