Sponsors Link

15 Cara Menata Rumah Kecil Agar Terlihat Luas dan Menarik

Cara menata rumah kecil agar terlihat lebih luas membutuhkan tips-tips tertentu untuk mewujudkannya. Saat anda melakukan suatu persiapan perancangan rumah kecil sebaiknya juga dipikirkan matang-matang mengenai hal ini. Pertimbangannya adalah bahwa  hal ini akan dapat berpengaruh terhadap faktor kenyamanan setiap orang yang akan menempati hunian tersebut.

ads

Ada beberapa tips yang dapat dicoba didalam menentukan cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Tips dan trik ini akan dibutuhkan apabila anda mempunyai permasalahan hunian yang tidak terlalu besar luasannya. Selain dapat membantu anda didalam perencanaan awal suatu bangunan, tips dan trik  ini juga dapat diaplikasikan bagi anda yang hanya ingin merubah suasana ruangan agar terlihat lebih luas saat anda sudah menempatinya.

Sebagai patokan perhitungan yang biasa dipakai dalam dunia real estate, ruang gerak setiap manusia ideal membutuhkan 10 m² atau sama dengan 3×3 m², sebagai tempat tinggalnya. Perhitungan tersebut diambil berdasarkan skala aktifitas manusia pada saat bergerak, pada saat melakukan kegiatan dan pada saat vakum atau tidak bergerak.

Silakan disimak untuk tips dan trik berikut ini untuk dapat dijadikan bahan inspirasi anda, sebagai bagian dari cara menata rumah kecil agar terlihat luas.

Baca juga: Tips Memilih Furniture

1. Gunakan Warna –Warna Terang Atau Muda

Warna –warna pada interior ruang yang digunakan sebaiknya selalu mengacu pada warna-warna terang, warna-warna netral atau warna-warna muda pastel. Efek dari warna terang terhadap ruangan yang sempit akan memberikan kesan yang lebih luas dan lapang. Sementara warna-warna gelap akan memberikan kesan ruangan menjadi lebih kecil dan sempit. Aplikasi dari warna-warna terang ini dapat diterapkan pada semua unsur ruangan seperti dinding, jendela, ceiling, lantai dan interior ruangan.

Interior ruangan yang dapat dipakai sebagai pendukung contoh dekorasi adalah:

  • Sofa
  • Meja
  • Lukisan
  • Tirai
  • Bantal-bantal
  • Karpet
  • Dll

Anda dapat juga menggunakan warna-warna terang yang mempunyai pola seperti wallpaper dengan warna dasar netral. Jika ada sedikit percikan warna-warna tua pada wallpaper tetap dapat digunakan asalkan warna tersebut bukan warna yang dominan.

Baca juga: Tips Memilih Gorden

2. Penggunaan Furniture Ruangan Dengan Ukuran Besar

Tidak ada salahnya menggunakan furniture dengan ukuran yang besar pada ruang keluarga anda, selama warna yang dipilih masih dalam jenis warna-warna cerah. Mengingat fungsi dari suatu ruang keluarga merupakan tempat bertemunya seluruh personil keluarga, justru penggunaan furniture dengan ukuran kecil akan sangat sia-sia karena tidak dapat memenuhi kebutuhan fungsinya.

Sebagai cara menata rumah kecil agar terlihat luas, yang perlu diperhatikan adalah keseimbangan pemakaian furniture tersebut dengan ukuran ruangnya. Jika pemakaian sofa lengkap dirasa terlalu besar, jumlah sofa bisa dikurangi, dan diganti dengan pemakaian karpet dengan assesori berupa bantal-bantal sebagai tempat berkumpul tambahan tanpa merubah fungsi ruangan tersebut.

Baca juga: Tips Memilih Keramik

Sponsors Link

3. Aplikasikan Cermin Ukuran Besar Pada Ruangan

Tips yang cukup popular untuk digunakan oleh sebagian orang adalah menggunakan trik cermin ukuran besar yang diletakkan pada sudut strategis didalam ruangan. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan kesan luas pada ruangan yang kecil. Jika memungkinkan, anda dapat meletakannya pada posisi berseberangan dengan jendela yang menghadap ke pemandangan luar.

Cara ini akan memberikan ilusi seolah-olah ruangan mempunya dua sisi jendela, yang pastinya efek ruangan menjadi terasa lebih luas. Pilihlan jenis cermin yang mempunyai warna senada dengan ruangan, dan dapat dipastikan juga model cermin yang dipilih agar disesuaikan dengan konsep interiornya. Jika konsep interior anda menggunakan klasik, sebaiknya pilih cermin dengan desain vintage. Tetapi jika konsep interior anda adalah moderen, pilihlan cermin dengan  bentuk minimalis dan lebih sederhana.

Baca juga: Cara Memilih Warna Cat Rumah

4. Furniture Yang Dapat Bersifat Multifungsi

Salah satu permasalahan yang biasa ditemukan pada rumah yang berukuran kecil adalah tidak mempunyai tempat penyimpanan barang yang cukup. Anda dapat berkreasi dengan membuat desain furniture anda agar dapat dibuat multi fungsi peruntukannya. Sebagai contoh adalah:

  • Pada tempat tidur dapat dibuat semacam lemari tambahan dibagian bawahnya sebagai tempat penyimpanan selimut, bed cover dan sebagainya.
  • Dibagian atas lemari pakaian, dapat dibuatkan semacam rak atau ruang tambahan sebagai tempat penyimpanan koper atau travelling bag.
  • Jika anda membutuhkan tempat penyimpanan sepatu, pakailah salah satu sudut yang tidak terlalu terlihat untuk dapat dibangun semacam rak ataupun lemari tipis dengan hiasan cermin agar terlihat lebih indah bentuknya.

Baca juga: Cara Membuat Taman di Rumah

5. Jangan Terlalu Banyak Menggunakan Sekat Ruangan

Dalam desain Arsitektur moderen di jaman ini, hampir tidak ada lagi perancang yang menggunakan sistim sekat masif pada ruangan yang kecil. Selain akan semakin membatasi ruang gerak yang sudah sempit, dinding sebagai pembatas ruangan juga dapat dikatakan sangat ketinggalan jaman. Sekat ruangan dapat digantikan dengan bentuk elemen lain yang dapat berfungsi sebagai bagian dari interior ruang. Contohnya:

  • Pembatas berbahan kayu, anyaman ataupun bambu yang sekaligus dapat berfungsi sebagai hiasan pot bunga.
  • Gunakan karpet dengan perbedaan warna untuk membedakan fungsi masing-masing ruangan.
  • Perbedaan ketinggian lantai ataupun ceiling, juga dapat digunakan sebagai solusi untuk membedakan fungsi ruangan.

Baca juga: Tips Membuat Rumah Minimalis Modern

ads

6. Pergunakan Unsur Elemen Interior Yang Mempunyai Bentuk Ramping

Sangat penting untuk memastikan bahwa anda akan menggunakan elemen interior anda dengan bentuk-bentuk yang ramping  sebagai salah satu cara menata rumah kecil agar terlihat luas. Contoh nya adalah:

  • Furniture ruangan seperti sofa, meja, kursi dan lainnya mempunyai kaki-kaki berbentuk panjang dan bukan bulat atau bentuk lain
  • Lemari-lemari ruangan sebaiknya mempunyai bentuk-bentuk yang ramping dan memanjang. Hindari penggunaan asessori berbentuk tebal, bulat dan bentuk-bantuk lain.
  • Begitupun pada furniture lainnya usahakan mempunyai konsep yang sama.

Bentuk-bentuk ramping pada ruangan anda akan memberikan efek ringan dan luas, sementara bentuk lain akan memberikan efek berat dan sempit pada ruangan.

Baca juga: Cara Memasang Kusen Aluminium

7. Buatlah Desain Jendela Dengan Dan Pintu Dengan Ukuran Besar

Desain jendela dan Pintu dengan ukuran besar selain akan mengoptimalkan pencahayaan alami kedalam ruangan, efeknya lainnya juga akan memberikan ilusi ruangan yang terang dan akan membuatnya terlihat lebih besar. Gunakan juga elemen kaca bening pada jendela ataupun pintu, untuk menghindari kesan sempit dan pengab pada ruangan. Dengan ukuran jendela dan pintu-pintu besar ini pun akan memberikan keuntungan pada sirkulasi udara pada ruangan yang dapat menjadi maksimal pergantiannya.

Baca juga: Cara Menata Rumah Minimalis

8. Jangan Menggunakan Detail Elemen Interior Yang Berlebihan

Saat menerapkan detail elemen interior yang akan digunakan, pilihlah secukupnya saja dan jangan berlebihan. Contohnya:

  • Hindari pemasangan tirai yang berumbai-rumbai.Karena akan memberikan efek penuh pada ruangan.
  • Sebaiknya menggunakan pelapis meja dengan desain sederhana terbuat dari bahan yang ringan. Jangan menggunakan pelapis meja dari bahan tebal atau dengan motif yang terlalu ramai.

Baca juga: Warna Cat Rumah Ruang Keluarga

9. Penempatan Furniture Yang Tidak Dirapatkan Pada Dinding

Merapatkan furniture anda pada dinding akan membuat ruangan terlihat lebih sempit. Sebaiknya didalam cara menata rumah kecil agar terlihat luas, anda dapat menempatkan  furniture beberapa sentimeter dari dinding untuk menciptakan suasana ruangan yang lebih luas.

Baca juga:  Cara Membuat Kusen Kayu Jati

10. Jangan Gunakan Ornamen-Ornamen Perabot Yang Terlalu Banyak

Sebagai pelengkap interior anda, dapat menggunakan ornamen-ornamen perabot untuk lebih mempercantik ruangan anda. Hanya saja, hindari menggunakannya dengan jumlah yang terlalu banyak dan dengan ukuran dan bentuk-bentuk yang besar. Pemakaian lukisan  dengan desain sederhana dan warna-warna terang serta kontras dimungkinkan untuk dilakukan dengan cara menggantungnya di dinding.

Baca juga: Cara Menata Kamar Tidur Yang Sempit

11. Aturlah Rak Buku Anda Dalam Keadaan Teratur Dan Rapi

Kelompokkan dan aturlah buku-buku anda secara teratur dan rapi dengan posisi vertikal dan horizontal pada setiap bagian raknya. Kesan minimalis yang tercipta akan menjadikan ruangan anda terlihat lebih luas dan moderen.

Baca juga: Cara Membuat Gorden

 

 

Sponsors Link

12. Pasang Penempatan TV Pada Dinding

Tempatkan TV dengan cara menggantungnya pada dinding. Cara ini akan membantu mengurangi pemakaian lantai sebagai tempat penempatan barang, sehingga ruangan terhindar dari kesan penuh dan sesak.

Baca juga: Desain Ruang Tamu Minimalis

13. Pakailah Corak Garis-Garis Memanjang Pada Ruangan

Cara menata rumah kecil agar terlihat luas diantaranya dengan  menerapkan corak garis-garis memanjang pada beberapa elemen interior seperti:

  • Karpet
  • Tirai/gorden
  • Pelapis meja
  • Hiasan dinding

Baca juga: Cara Membuat Jendela Bersekat Enam

14. Perhatikan Keseimbangan Dan Keselarasan Ruangan

Metode ini dapat diterapkan dengan melihat tema dan warna dari setiap ruangan. Usahakan selalu konsisten menggunakan warna dan tema yang sama disetiap ruangan. Hindari penggunaan warna dan konsep yang berbeda-beda disetiap ruangan, karena hanya akan membuat ruangan kehilangan identitas dari segi fungsi, dan dapat menyebabkan ruangan terlihat penuh atau sempit karena penerapan konsep warna yang tidak sesuai dengan tema dan fungsinya.

Baca juga: Jenis Jenis Grill Rumah

15. Gunakan Pencahayaan Lampu Mengarah Ke Ceiling

Salah satu yang dapat mengubah ambiens ruangan terasa lebih besar adalah dengan menggunakan pencahayaan buatan. Posisikan beberapa lampu di titik-titik pojok ruangan dengan mengarahkan cahaya lampu ke ceiling agar cahaya ruangan pada ceiling menjadi lebih terang. Hal ini akan memberikan kamuflase untuk menciptakan ruangan seperti lebih tinggi.

Baca juga: Desain Rumah Minimalis

Memiliki hunian yang kecil bukan berarti akan membuat anda seperti tinggal didalam sangkar burung. Anda hanya perlu sedikit mengandalkan kreativitas, imaginasi dan mendekorasikannya secara seksama didalam mendapatkan cara menata rumah kecil agar terlihat lebih luas. Dengan cara ini anda bisa mengupayakan untuk merubah hunian anda yang sempit menjadi hunian yang nyaman dan terasa cukup luas untuk dihuni.

Selamat berkreasi….!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Monday 23rd, October 2017 / 16:25 Oleh :
Kategori : Desain