Sponsors Link

8 Tips Merenovasi Rumah dengan Biaya Murah

renovasi rumahMemiliki berbagai jenis-jenis rumah tinggal adalah impian hampir semua orang. Entah rumah minimalis sederhana dengan berbagai desain rumah minimalis, hunian dengan desain rumah modern eropa dan sebagainya. Namun seiring dengan bertambahnya waktu, tidak akan menutup kemungkinan kondisi rumah Anda akan mengalami perubahan sedikit demi sedikit. Perubahan ini bisa ditandai dengan material penutup dinding yang terkelupas, warna cat rumah yang indah dan sejuk perlahan mulai memudar dan sebagainya. Ada pula dalam beberapa kasus ruangan yang semula dirancang dapat menunjang kebutuhan di rumah, nyata tidak cukup. Jika sudah begini, tidak ada cara lagi yang dapat Anda lakukan selain merenovasi rumah bukan?

ads

Merenovasi sebuah rumah memang membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Bahkan dalam beberapa kasus tidak jarang ditemukan anggaran biaya melebihi dana yang suah direncanakan. Untuk itu perlu adanya cara menghitung biaya renovasi rumah secara merinci. Tidak hanya itu, dalam merenovasi rumah Anda juga membutuhkan tips dan trik yang tepat. Apa saja itu? Berikut ini adalah beberapa tips merenovasi rumah dengan biaya murah yang dapat Anda lakukan, simak!

  1. Membuat susunan perencanaan

Dalam membangun ataupun merenovasi sebuah hunian, membuat rencana anggaran biaya adalah hal yang penting. Dengan perhitungan tersebut, Anda dapat mengetahui kisaran harga yang akan dikeluarkan selama proses renovasi berlangsung. Tidak hanya itu, RAB yang dibuat secara merinci juga dapat memaparkan biaya yang diperlukan untuk upah, material dan biaya tak terduga lainnya. Tujuan pembuatan RAB ini adalah mengontrol pengeluaran dana yang terjadi selama proses renovasi dan mencegah Anda mengalami kerugian yang fatal.

  1. Membuat skala prioritas

Setelah rencana anggaran biaya selesai dibuat, apabila ternyata hasilnya begitu tinggi Anda perlu membuat skala prioritas. Fokuskan anggaran pengeluaran pada renovasi yang benar-benar diperlukan dan bersifat mendesak. Contohnya adalah mendahulukan renovasi dinding yang berlubang dibandingkan dengan mengganti tempat tidur dan sebagainya.

  1. Menggunakan bahan yang masih dapat dimanfaatkan

Merenovasi rumah tidak sepenuhnya berarti mengganti keseluruhan ruang tersebut. Nyatanya Anda masih dapat memanfaatkan bahan-bahan dalam membangun rumah yang masih layak pakai. Point ini juga penting dan dapat menghemat dana pengeluaran secara signifikan dan ampuh digunakan sebagai tips hemat membangun rumah. Misalnya adalah jika Anda membutuhkan berbagai jenis kayu konstruksi, Anda dapat memanfaatkan daun pintu yang sudah tidak terpakai dan sebagainya.

  1. Memahami rumus dasar renovasi

Apakah yang dimaksud dengan rumus dasar renovasi? Yakni memahami pengetahuan dasar seputar renovasi rumah, seperti metode perhitungan budget dan sebagainya. Dengan perhitungan anggaran yang terperinci Anda dapat menghemat biaya-biaya yang dirasa berlebih dan juga tidak penting.

  1. Membeli bahan bangunan sendiri

Belanja bangunan dalam proses membangun rumah ataupun renovasi sebenarnya dapat diserahkan pada pihak kontraktor dan juga tukang bangunan. Namun tidak jarang terjadi kasus banyak melebih-lebihkan anggaran belanja bahan bangunan. Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka dari itu pekerjaan membelanjakan bahan dapat dilakukan oleh Anda pribadi. Mungkin sebagian dari Anda berpikir kalau pekerjaan ini melelahkan dan membuang banyak energi. Namun ternyata, berbelanja bahan bangunan dapat menjadi kegiatan yang menyenangkan. Dengan proses ini sedikit demi sedikit Anda akan mulai memahami tentang material bangunan lebih mendalam.

Sponsors Link

  1. Menghitung rencana pengeluaran

Selain rencana anggaran biaya ada rincian lagi yang perlu Anda hitung, yakni rencana pengeluaran. Untuk hasil yang lebih tepat dan terpercaya, Anda dapat berkonsultasi pada pakar yang lebih ahli seperti teman dekat yang professional, tukang maupun konsultasi online melalui media penyedia layanan konsultasi bidang bangunan. Semua anggaran biaya harus disesuaikan dengan jenis material yang benar-benar digunakan. Jangan lupa untuk selalu menggunakan list harga terbaru dalam pembuatan rencana pengeluaran.

  1. Teliti dalam memilih kontraktor dan tukang bangunan

Jasa dalam merenovasi bangunan terbagi menjadi dua, dapat berupa kontraktor atau tukang bangunan. Meskipun kontraktor umumnya digunakan pada bangunan tingkat tinggi dan komersil, namun pada pembuatan rumah tinggal juga tidak jarang digunakan. Dalam menggunakan jasa ini, pilihlah kontraktor atau tukang bangunan yang memang memiliki prestasi kerja baik dan berkualitas. Anda tentunya tidak ingin proses renovasi rumah berujung merugi bukan? Maka dari itu, hal ini dapat menjadi salah satu penentunya.

Sponsors Link

  1. Berhemat anggaran

Biaya tak terduga dalam proses pembangunan apapun memang tidak jarang terjadi. Dana tersebut bisa berupa pembelian material yang kurang, biaya kerusakan yang parah dan sebagainya. Oleh karena itu pada proses perencanaan anggaran biaya, Anda perlu merinci berapa dana yang akan dikeluarkan untuk biaya tersebut. Anda harus dapat mengontrol dana tak terduga supaya tidak berujung melebihi dana yang sudah dianggarkan sebelumnya.

Demikianlah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan sebagai cara merenovasi rumah dengan biaya murah. Selamat mencoba!

, , , ,
Oleh :
Kategori : Info Dasar