Sponsors Link

9 Desain Atap Rumah Tanpa Plafon yang Bagus

Keberadaan plafon di hamper semua rumah di Indonesia memiliki hukum wajib. Hal ini dikarenakan plafon memiliki fungsi sebagai bagian yang dapat mengurangi panas yang masuk ke dalam ruangan sehingga memang sangat cocok diterapkan di hunian negara tropis seperti Indonesia. Banyak sekali berbagai jenis-jenis plafon rumah yang dapat Anda gunakan, warna dan bahan plafon yang tersedia di pasaran.

ads

Akan tetapi, dengan semakin canggihnya teknologi dan bahan atap, maka penggunaan plafon di rumah sudah tidak menjadi kebutuhan primer. Sebagai gantinya, Anda dapat memasang alternatif bahan pengganti, seperti misalnya lembaran aluminium foil tepat di bagian bawah genteng. Bahan lain seperti kayu pun dapat menjadi solusi. Lalu bagaimana sih bentuk ruangan tanpa plafon yang indah? Nah, berikut ini kami sajikan 9 desain atap rumah tanpa plafon yang bagus  serta cocok diterapkan di setiap ruangan dengan berbagai tema.

1. Klasik dengan Rangka Kayu

Desain paling sederhana untuk ruang tanpa plafon adalah dengan menggunakan rangka kayu dengan finishing natural yang dipadu dengan lembaran plafon putih di antaranya. Ada berbagai macam jenis kayu untuk rangka plafon. Konsep seperti ini cocok digunakan pada seluruh ruangan, terutama ruang tamu, ruang keluarga, ruang makan maupun ruang tidur. Terlebih jika ruang yang dipilih tidak terlalu tinggi, maka ruang tanpa plafon akan membuat ruangan Anda terlihat lebih tinggi dan luas.

Agar lebih membentuk satu kesatuan pada ruang terbuka, gunakan finishing yang sama untuk rangka atap dan kolom ruangan. Untuk penerangan, Anda dapat menggunakan konsep lampu gantung untuk mengurangi kesan tinggi berlebihan di ruangan.

2. Kesederhanaan Dominasi Putih

Desain selanjutnya, masih menggunakan rangka kayu sebagai alternatif pengganti asbes untuk plafon. Penggunaan konsep tanpa plafon memang bertujuan untuk mengekspos keindahan rangka atap rumah Anda. Maka sudah pasti perlu finishing yang lebih agar ekspos rangka atap terlihat semakin menarik dan menambah nilai estetika ruangan.

Agar tampilan lebih bersih, maka Anda dapat menggunakan rangka kayu dan penutup atap yang juga dari kayu. Finishing cat putih yang bersih akan sangat cocok diterapkan untuk ruang bertema skandinavian atau klasik sederhana. Tambahan lampu gantung klasik pasti akan mempercantik langit-langit kamar tidur Anda. Pastikan Anda mengetahui cara membersihkan plafon rumah agar plafon putih Anda selalu indah.

3. Ekspos Kuda-kuda Kayu

Kuda-kuda kayu yang terdiri dari balok horizontal dan balok miring akan sangat menarik untuk dipamerkan, termasuk sambungan besi yang merangkai kuda-kuda tersebut. Konsep seperti ini akan sangat layak digunakan untuk konsep ruang country maupun industrial klasik. Untuk kesan yang lebih bersih, Anda dapat menggunakan penutup atap kayu berwarna putih agar kuda-kuda yang terekspos semakin jelas.

Selain itu model lampu gantung stainless dengan finishing chrome maupun cooper yang berkabel warna hitam akan semakin mempercantik ruangan Anda. Tambahkan juga pintu sliding model garasi untuk menambah nilai industrial pada ruangan.

4. Kolaborasi Kayu dan Kaca

Siapa yang tidak pernah memimpikan memiliki ruang tidur di bawah atap? Akan sangat cantik dan juga nyaman tentunya jika ruang tidur bawah atap Anda menggunakan atap tanpa plafon. Konsep ini tentu akan membuat ruangan yang memang langit-langitnya rendah menjadi lebih tinggi. Material kayu dapat dijadikan pilihan yang tepat, terlebih jika dipadu dengan lantai kayu. Kayu dapat menambah kesan hangat di dalam ruangan.

Sebaga inovasi, paduan atap kayu dan kaca akan menjadi terobosan yang layak dicoba. Dengan atap kaca Anda dapat bersantai sambil melihat pemandangan langit yang indah. Selain itu kaca juga dapat berfungsi untuk memasukkan cahaya alami di siang hari yang dapat menghemat penggunaan listrik.


5. Atap Datar dengan Rangka Kayu

Untuk desain atap rumah tanpa plafon yang bagus dan murah selanjutnya masih menggunakan kayu. Hanya saja tidak diaplikasikan pada atap segitiga seperti sebelumnya karena ada berbagai jenis-jenis atap rumah . Tatanan kayu yang apik secara mendatar dapat berfungsi sebagai atap datar dan plafon yang sederhana namun menarik. Anda dapat menggunakan penutup atap kaca di bagian terluar untuk memasukkan pencahayaan alami.

Tatanan kayu pada plafon dapat membuat efek pembayangan di dalam ruangan menjadi lebih dramatis nantinya. Selain itu dengan menggunakan kaca, Anda dapat lebih hemat dalam penggunaan energi lampu nantiniya. Konsep ini akan cantik bila diterapkan di area ruang tamu maupun teras.

6. Sederhana dengan Bambu

atap dari bambuKonsep selanjutnya yang sederhana adalah dengan menggunakan rangkaian bambu, baik rangka plafon maupun penutup atapnya. Agar tampak lebih elegan, Anda dapat menggunakan finishing cat putih di keseluruhan bambu agar nampak lebih bersih, selalu pastikan warna cat sesuai dengan warna cat rumah elegan . Desain plafon bamboo ini akan menjadi menarik untuk ruang dengan konsep eklektik, vernakular maupun skandinavian. Anda dapat menggunakan lampu gantung bohlam sederhana untuk pencahayaan dalam ruangan.

7. Nuansa Modern Rangka Besi

Selanjutnya adalah desain atap tanpa plafon dengan konsep modern. Modern yang memang identik dengan penggunaan bahan non-kayu, akan lebih terlihat canggih dengan menggunakan besi dan kaca. Konsep rangka besi dan atap kaca akan membuat ruang Anda tampak lebih kokoh dan kekinian. Penggunaan kaca dapat membuat ruang terasa lebih hangat dengan cahaya yang mampu menembus ke dalam ruangan secara keseluruhan. Rangkaian atap kaca akan cocok digunakan untuk konsep ruang terbuka karena dengan kaca akan membuat ruang Anda semakin menyatu dengan alam.


8. Gaya Industrial Tanpa Finishing

Saat ini memang konsep ruangan dengan tema industrial benar-benar menjadi primadona. Konsep finishing dengan tampilan unfinished yang merupakan ciri dari industrial pun menjadi sangat populer, dan ini termasuk salah satu tips hemat membangun rumah . Anda dapat menggunakan konsep ini untuk ruangan Anda yang memang ingin tidak menggunakan plafon. Konsep ini dapat digunakan jika rumah Anda merupakan rumah dua lantai atau rumah yang menggunakan atap dak beton.

Langit-langit tanpa plafon dapat terbentuk dari ekspos beton lantai di atasnya. Biarkan saja langit-langit beton Anda memiliki penampilan unfinished yang memang sengaja diekspos. Agar lebih industrial, Anda dapat menggunakan lampu downlight dengan tampilan luar berwarna hitam.

9. Modern Industrial dengan Plafon Kombinasi

Selain ekspos mentah dari dak beton seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda jgua dapat mengkombinasikan plafon dak beton dengan model yang lebih atraktif. Misalnya dengan tambahan plafon yang digantung pada langit-langit beton dan menggunakan finishing putih bersih, termasuk untuk dinding dan kolom. Tambahan lampu gantung metal akan mempercantik ruangan Anda.

Itulah tadi beberapa desain atap rumah tanpa plafon yang bagus  yang dapat menjadi solusi desain ruangan tanpa plafon dengan tampilan unik dan menarik. Selain itu tanpa menggunakan plafon dan ekspos rangka atap, tentu akan semakin menghemat pengeluaran Anda dalam konstruksi pembangunan tempat tinggal. Rawat plafon dengan mengetahui solusi tepat untuk mengatasi plafon berjamur maupuna cara mengatasi plafon bocor. Selamat mencoba!

, , , , ,



Oleh :
Kategori : Desain