Sponsors Link

5 Cara Membersihkan Plafon Rumah Paling Efektif

membersihkan plafonMembersihkan rumah adalah salah satu kegiatan yang melekat pada daftar aktivitas rumah. Tidak hanya melakukan berbagai cara menata rumah yang baik, namun cara membersihkan rumah yang baik juga perlu untuk menghadirkan ciri-ciri rumah sehat. Sebab rumah yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya dapat menimbulkan berbagai dampak buruk pada semua penghuni rumah. Walaupun semua lantai dan debu sudah bersih dan hilang, bukan berarti rumah Anda telah bersih sepenuhnya. Terkadang banyak orang yang suka melewatkan bagian pembersihan untuk langit-langit rumah atau plafon.

Plafon termasuk ke dalam elemen-elemen rumah yang mudah kotor dan terkena noda. Bukan hanya noda debu, tapi juga kotoran-kotoran lain seperti sarang laba-laba dan sebagainya. Akan tetapi, masih banyak yang lupa untuk membersihkannya atau pun malas dengan dalih jaraknya yang terlalu jauh sehingga sulit untuk dibersihkan. Benarkan begitu? Tenang! Bersama artikel ini, Anda akan mengetahui cara membersihkan plafon rumah yang baik dan benar. Berikut ini adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan, yakni :

  1. Kenali jenis plafon rumah

Langkah pertama yang dilakukan ketika hendak membersihkan plafon rumah adalah dengan mengetahui terlebih dahulu jenis atau material plafon yang digunakan di rumah. Apakah kayu, gypsum, triplek dan sebagainya. Perlu diketahui bahwa setiap jenis material plafon terkadang memiliki perawatan yang berbeda. Salah satu tips hemat membangun rumah adalah agar tidak merugi, maka dari itu Anda perlu mengetahui perawatan apa saja yang baik dilakukan pada jenis material yang dipilih. Supaya kesalahan-kesalahan tidak diinginkan bisa terhindari dan plafon tidak akan mudah rusak.

  1. Memulai dengan kotoran ringan

Tidak hanya terdapat jenis plafon, namun juga terdapat jenis-jenis kotoran mulai dari kotoran yang ringan dibersihkan dan kotoran yang sukar dibersihkan. Selalu memulai pekerjaan membersihkan dengan kotoran-kotoran yang ringan dan mudah dihilangkan seperti debu yang menempel atau pun sarang laba-laba. Setelah itu, Anda dapat beralih pada kotoran-kotoran yang lebih sulit sehingga pekerjaan akan terasa lebih ringan.

  1. Menggunakan alat pembersih

Untuk membersihkan plafon yang jaraknya sekitar 2,5 meter hingga 3 meter dari lantai, Anda akan membutuhkan bantuan alat pembersih tersebut. Alat itu bahkan dapat dirangkai sendiri dan caranya pun tidak terlalu sulit. Anda akan membutuhkan gagang sapu yang banyak ditemukan dipasaran. Selain itu, siapkan pula lap atau bisa serta seutas tali raffia dan beberapa karet.

Cara pembuatanya adalah dengan menggunakan gagang sapu tersebut, kemudian ditempelkan lap atau busa pada ujung gagang. Sambungkan keduanya dengan menggunakan karet dan tali rafia supaya makin erat dan kuat. Pastikan bahwa ikatan benar-benar kencang supaya lap atau pun busa tidak jatuh ketika hendak digunakan.

Untuk menggunakannya Anda hanya cukup mengooreskan lap kepada bagian langit-langit yang nampak kotor. Alat ini juga dapat membantu Anda membersihkan sudut-sudut plafon serta sela-sela lampu gantung. Jika plafon masih cukup tinggi, Anda dapat menggunakan bangku untuk menjangkaunya. Jangan lupa minta bantuan salah satu anggota keluarga untuk memegangi bangku Anda supaya tidak jatuh.

  1. Menggunakan alat tambahan

Dalam beberapa kasus, membersihkan langit-langit rumah dengan menggunakan gagang sapu tersebut tidaklah efektif. Apalagi jika ternyata plafon sudah berjamur atau pun terkena kotoran hewan. Untuk itu, Anda dapat menggunakan alat-alat seperti kape scrap dan amplas untuk membersihkannya. Ingatlah untuk selalu berhati-hati ketika hendak menghilangkan kotoran tersebut dengan amplas. Jangan menggosok terlalu keras supaya lapisan plafon tidak tergores dan rusak.

  1. Mengecat ulang plafon

Sudah di gosok menggunakan kape scrap dan amplas, namun noda kotoran masih belum hilang juga? Jika sudah begini maka satu-satunya jalan keluar yang Anda miliki adalah dengan mengecat ulang plafon rumah Anda. Sangat menyangkan tentunya karena Anda akan mengeluarkan beberapa uang untuk membeli cat kembali. Pastikan warna cat sesuai dengan warna cat rumah elegan yang sebelumnya digunakan. Lakukan tahap-tahap pengecatan plafon dengan seksama dan hati-hati supaya tidak terjadi kesalahan lainnya.

Akan menjadi pembelajaran bahwa membersihkan plafon bukanlah sesuatu hal yang dapat dianggap sebelah mata. Jika sudah terdapat kotoran pada plafon, segera bersihkan sebelum kotoran itu mengeras dan jadi semakin sulit jika ingin dibersikan. Terlebih pada plafon-plafon yang sering kali terlebih orang banyak orang seperti plafon ruang tamu, plafon kamar mandi, plafon ruang keluarga serta plafon ruang makan. Dengan plafon yang bersih tentunya rumah akan semakin indah dan nyaman, bukan?

Jika Anda tidak mempunyai cukup banyak waktu luang untuk membersihkan plafon rumah, Anda dapat menggunakan jasa pembersih. Namun alangkah lebih baik jika Anda menjaga kebersihan rumah Anda sendiri. Karena kenyaman rumah timbul dari rutinitas kita sehari-hari. Demikianlah cara membersihkan plafon rumah di berbagai jenis-jenis rumah tinggal yang baik, selamat mencoba!

, , , ,



Oleh :
Kategori : Tips & Trik