Sponsors Link

8 Desain Ruang Jahit Di Rumah Agar Cantik Dan Menarik

Menjahit menjadi salah satu hobi yang bisa dikembangkan menjadi profesi paling dicari. Sekarang ini banyak ibu muda atau yang baru saja menikah mencari kesibukan di dalam rumah. Salah satunya adalah dengan menjahit berbagai jenis kerajinan atau bahkan baju. Hobi menjahit juga bisa dikembangkan dengan baik sehingga menjadi hobi yang bisa memberi penghasilan.

ads

Namun terkarang hobi menjahit muncul begitu saja sehingga tidak terbayang ketika membangun sebuah rumah. Artinya menjahit tidak hanya membutuhkan alat seperti mesin jahit tapi juga meja, kursi, tempat penyimpan berbagai peralatan dan material kain. Jadi Anda juga membutuhkan sebuah ruangan khusus yang bisa membuat proses menjahit menjadi lebih nyaman dan berkesan memberi inspirasi. Untuk itu kami akan memberikan beberapa inspirasi desain ruang jahit di rumah agar cantik dan menarik, seperti berikut ini.

  1. Gaya ceria, minimalis dan rapi

Mengatur atau menata ruang jahit pada dasarnya sama seperti menata kamar yang lain di rumah Anda. Anda juga bisa mengikuti dari macam-macam konsep desain interior. Gaya yang sangat menarik adalah menerapkan gambaran ruangan yang minimalis, rapi tapi juga ceria. Anda bisa memberi warna tosca pada cat dinding dan warna kuning muda untuk lantai. Pilih meja jahit berwarna putih dan posisikan menghadap jendela kaca yang terbuka. letakkan meja potong material di belakang kursi tempat duduk saat menjahit dan rak penyimpan di sampingnya. Beri hiasan berupa hiasan hasil desain karya Anda pada bagian dinding ruangan.

2. Ruang jahit di ruang keluarga

Terkadang ketika hobi menjahit muncul dan tidak terencana atau menjadi hobi baru maka Anda mungkin tidak memiliki cadangan ruangan. Terlebih jika Anda memiliki rumah dengan konsep minimalis terbuka. Tapi Anda tidak perlu takut karena Anda bisa menerapkan ruang jahit di ruang keluarga. Dengan pengaturan cara menata rumah ini maka rumah tetap rapi. Konsepnya adalah menyatukan rak penyimpan dengan meja jahit. Kemudian di samping dan belakang meja jahit bisa digunakan untuk tempat lemari penyimpan. Tambahkan aksen karpet untuk semua ruang jahit dengan motif berbeda, sehingga memberi kesan itu ruang jahit khusus untuk Anda.

3. Ruang Jahit untuk Tipe Apartemen Studio

Nah lain lagi jika Anda tinggal di apartemen dengan tipe studio. Karena tipe studio maka ruangan yang tersedia juga sangat terbatas. Namun Anda tidak perlu takut karena meski di tempat yang minimalis maka Anda tetap bisa memanfaatkan sedikit ruangan. Penataan ruang jahit harus mengikuti desain interior apartemen studio. Pada dasarnya Anda bisa memanfaatkan sisi dinding ruangan yang masih kosong.  Tempatkan mesin dan meja jahit menghadap dinding. Manfaatkan dinding di depan Anda untuk tempat menggantungkan berbagai material dengan cara yang unik dan rapi. Buat papan kecil untuk memajang koleksi benang, aksesoris untuk menjahit, dan rak di bawah meja untuk menyimpan kain. Pasang lampu mini yang terang di atas mesin untuk penerangan.

4. Perpaduan gaya minimalis dan modern

Mengatur mesin jahit bisa menjadi hal yang menyenangkan. Jika ruangan menjahit nyaman maka Anda bisa menghasilkan karya yang luar biasa. Salah satu caranya adalah memadukan gaya minimalis sekaligus modern. Konsep ini bisa diterapkan untuk berbagai jenis jenis rumah tinggal. Intinya adalah memberi warna cat kuning atau warna kayu pada semua bagian dinding. Tempatkan meja jahit berwarna putih lengkap dengan laci penyimpan dengan menghadap dinding. Kemudian pilih meja potong dengan warna senada dan tempatkan di sisi dinding di samping meja jahit. Pada papan khusus untuk memajang benang sehingga mempercantik ruangan. Jangan lupa memajang hasil karya Anda sebagai hiasan dinding.

5. Interior gaya vintage

Anda juga bisa memilih gaya vintage yang akan memberi sentuhan gaya tradisional pedesaan. Ini juga menjadi bagian dari  cara menata ruangan rumah dengan nyaman meskipun ukuran rumah tidak terlalu besar. Caranya adalah dengan membuat meja jahit dan laci rak penyimpan menempel pada dinding. Pilih wallpaper dengan konsep vintage seperti model papan-papan. Kemudian pilih salah satu bagian jendela di sisi samping meja jahit. Karena ruangan ini cukup sederhana maka gulungan kain-kain bisa disimpan dekat dengan jendela. Konsep ini memang sangat sederhana tapi juga rapi dan indah.

6. Ruang jahit profesional

Jika Anda memang sudah profesional maka Anda membutuhkan ruang jahit khusus yang nyaman dan menarik. Konsep ini bisa dimainkan untuk satu ruangan penuh khusus untuk ruang jahit. Caranya adalah membuat interior ruangan berwarna putih dengan dominasi meja dan lemari penyimpan besar berwarna putih juga. Meja jahit diletakkan membelakangi jendela kaca besar yang bisa dibuka dan ditutup dengan gorden tipis berwarna kuning. Lemari besar bisa digunakan untuk tempat pajangan, menyimpan benang, buku atau majalah dan kain-kain. Kemudian untuk memberi kesan profesional maka tempatkan manekin di sisi samping meja jahit dekat dengan lemari penyimpan.

7. Ruang jahit ala shabby chic

Jika Anda memang sudah menata rumah dengan konsep interior shabby chic maka Anda juga bisa menerapkan konsep ini untuk ruang jahit. Ruangan harus menghadap jendela sehingga meja jahit bisa diletakkan mengharap jendela. Warna utama dinding adalah putih dan lantai kayu berwarna putih kusam seperti kesan vintage. Lalu pilih kursi jahit dengan sofa berkain bunga-bunga berdasar warna merah. Tempatkan rak penyimpan besi di samping meja jahit. Tempatkan berbagai benda untuk keperluan menjahit dalam box-box yang dibungkus dengan konsep kain atau kertas bunga-bunga.

8. Ruang jahit sederhana dan klasik

Konsep lain yang juga bisa Anda terapkan adalah dengan membuat ruang jahit klasik yang berkesan kuno. Anda bisa memanfaatkan ruang lantai bawah yang tidak terpakai. Pilih meja jahit dari berwarna kayu dengan ukuran yang besar sehingga bisa digunakan untuk meja potong dan alat jahit. Anda juga bisa memasang mesin jahit yang lain sehingga lebih nyaman. Gunakan lemari penyimpan dan lemari pajangan untuk semua sisi dinding. Lengkapi dengan jendela dan penerangan yang baik.

Itulah beberapa inspirasi desain ruang jahit di rumah agar cantik dan menarik. Anda bisa memilih mana ruangan yang benar-benar nyaman untuk kebutuhan menjahit Anda.

, ,
Oleh :
Kategori : Desain