Sponsors Link

8 Desain Interior Ruang Keluarga Menyatu Dengan Dapur untuk Rumah Minimalis

Ketika Anda memiliki rumah dengan ukuran minimalis maka akan menjadi tantangan tersendiri. Rumah mungkin hanya memiliki beberapa ruangan sehingga Anda harus pintar dalam mengatur interior ruangan. Salah satunya dengan cara menata ruang makan minimalis yang bisa berfungsi ganda. Dengan begitu dalam satu ruangan bisa difungsikan dengan beberapa ruangan dan membuat rumah menjadi lebih lengkap.

ads

Tehnik ini juga dilakukan dengan tidak menerapkan sekat-sekat pada rumah yang bisa membuat rumah menjadi sempit. Kemudian untuk ruang yang bersifat santai dan pribadi bisa digabungkan menjadi satu. Misalnya seperti ruang keluarga dan dapur. Memang ada kesan tersendiri ketika dua ruangan ini digabung menjadi satu. Namun Anda tidak perlu takut dan bisa mencoba ide desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur untuk rumah minimalis, seperti berikut ini.

  • Sofa santai, meja makan dan dapur

Jika Anda ingin menggabungkan tiga fungsi dalam satu ruangan maka Anda bisa memilih sofa santai untuk ruang keluarga, meja makan dan dapur. Sofa santai diletakkan tepat di depan meja dapur dengan jarak kurang lebih 1 meter saja. Kemudian di samping meja dapur diletakkan set meja makan kecil dengan dua kursi. Anda bisa memilih meja berbentuk kotak atau bulat kecil. Lalu ruangan di belakangnya digunakan untuk dapur yang lengkap dengan kabinet penyimpan berbagai alat makan. Lakukan juga beberapa tips menata dapur agar lebih rapi dan nyaman.

  • Desain dapur ala cafe

Ide yang kedua adalah membuat desain dapur dan ruang keluarga menjadi ala cafe. Tentunya konsep ini memang sudah tidak asing lagi karena sering ditemukan di cafe-cafe sekitar kita. Idenya adalah membuat dapur tertutup dengan meja dapur, sementara tempat memasak terletak pada sisi dinding di belakang meja dapur. Meja dapur bisa ditambahkan dengan kursi-kursi tinggi sehingga bisa digunakan untuk meja makan. Sementara itu manfaatkan sisi dinding yang lain untuk tempat sofa yang menyatu dengan dinding. Buat jendela besar terbuka dengan kaca pada sisi dinding ini sehingga dapur terlihat terbuka dan menyatu dengan alam. Anda juga bisa menerapkan  menata dapur kecil tanpa kitchen set untuk dapur mini ini.

  • Dapur lurus dengan meja makan kayu

Jika ukuran rumah Anda memang kecil maka Anda bisa menerapkan model dapur lurus menyatu dengan dinding yang dilengkapi dengan meja makan kayu. Fungsi utama dari meja makan kayu ini tidak hanya untuk makan saja tapi juga bisa digunakan sebagai tempat berkumpul bersama keluarga. Konsep ini sangat sesuai untuk rumah minimalis sederhana. Terlebih jika pada meja dapur diberi kursi tinggi sehingga bisa digunakan untuk makan juga. Lengkapi ruangan dengan jendela kaca lebar sehingga udara di dapur dan ruang keluarga bisa lebih segar.

  • Dapur terbuka untuk rumah berlantai 2

Ide untuk menggabungkan ruang keluarga dan dapur juga bisa diterapkan untuk rumah berlantai 2 dengan konsep minimalis. Dapur dibuat pada bagian ruangan yang dekat dengan tempat terbuka di lantai 1. Kemudian di sebelahnya dapur diberi sofa berpotongan lebar dan panjang sehingga bisa digunakan untuk ruang keluarga.

Bagian sempit antara dapur dan ruang keluarga bisa dimanfaatkan untuk meletakkan meja makan kayu yang panjang. Set meja makan ini bisa digunakan untuk 6 atau 8 orang. Konsep rumah ini sangat terbuka sehingga bisa mewujudkan ciri-ciri rumah sehat.


  • Gaya modern dan klasik

Memadukan interior bergaya klasik dan modern bisa menjadi salah satu konsep yang sangat menarik. Pada dasarnya perpaduan untuk ruang keluarga dan dapur bisa dibagi menjadi beberapa peran yang berbeda. Dapur dibuat dalam ruangan tersendiri yang terbuka pada salah satu dinding sehingga memiliki bentuk seperti cafe atau restoran.

Lengkapi sisi dinding ini dengan penal kayu sehingga lebih terlihat klasik. Kemudian tepat di depan dapur bisa diberi meja makan berwarna putih, sementara disampingnya diberi kursi gantung untuk bersantai dengan keluarga. Tambahkan karpet bernuansa biru untuk memberi batas sebagai ruang keluarga.

  • Konsep apartemen

Jika Anda tinggal di apartemen maka bisa mencoba untuk membuat dapur dan ruang keluarga yang menyatu sehingga tampak merampingkan ruangan. Model interior yang bisa Anda pilih dengan memadukan konsep modern yang lebih berani.

Dapur kecil terletak disudut ruangan dan diberi pemisah berupa meja makan kecil yang menghadap dapur. Lalu di ruangan yang berdampingan dengan dapur diberi sofa santai dengan sandaran tangan yang cukup nyaman. Lengkapi dengan meja kopi yang berpotongan rendah sehingga lebih nyaman lagi.


  • Konsep ruang keluarga dan dapur mungil

Jika Anda benar-benar memiliki ruangan yang kecil maka tidak perlu berputus asa. Ada salah satu cara yang bisa Anda lakukan dengan menggabungkan ruang keluarga dengan dapur. Cara ini dilakukan dengan cara membuat dapur kecil serbaguna. Anda bisa menempatkan alat memasak yang lengkap dengan meja dapur persegi yang kecil. Tambahkan 2 atau 3 kursi kayu di depan meja dapur sehingga bisa menjadi ruang keluarga. Lalu di samping kursi tersebut bisa digunakan untuk ruang keluarga baik dengan sofa santai atau kursi kayu yang santai. Konsep ini menjadi lebih nyaman lagi dengan memberi jendela terbuka dengan penutup kaca sehingga udara tetap segar di dalamnya.

  • Dapur dan ruang keluarga berkonsep mewah

Menyatukan ruang keluarga dan dapur ternyata tidak hanya untuk rumah minimalis saja tapi juga bisa diterapkan untuk rumah mewah. Artinya adalah ada ruangan yang luas untuk menyatukan dua ruangan ini. Idenya adalah membuat konsep dapur vintage dan modern. Dinding pada meja dapur dibuat dari susunan batu bata yang tidak ditutup dengan dinding lagi sehingga batu bata itu terlihat sangat klasik. Kemudian pada bagian tempat memasak dan ruang wastafel tetap dibuat dengan konsep modern dengan dominasi warna putih. Tepat di depan meja dapur diberi kursi tinggi yang modern. Lalu lengkapi dengan sofa besar dan mewah berwarna biru untuk memberi kesan pada dominasi warna putih. Jangan lupa untuk menambah meja kopi santai di depan sofa.

Itulah berbagai ide desain interior ruang keluarga menyatu dengan dapur untuk rumah minimalis. Anda bisa memilih ide mana yang sesuai dengan konsep rumah dan ukuran rumah Anda.

, , , ,



Oleh :
Kategori : Desain