Sponsors Link

Apakah Mungkin Kombinasi Kayu dan Baja Ringan?

kombinasi kayu dan bajaTerdapat banyak bahan-bahan dalam membangun rumah yang dapat digunakan. Namun apabila pertanyaan mengenai mana sajakah material yang populer digunakan, nama kayu dan baja ringan pasti akan mencuat ke permukaan. Dua material ini memang paling umum digunakan dalam pembangunan jenis-jenis rumah tinggal serta sebagai rangka bagi jenis-jenis atap rumah. Karena kedua material ini begitu populer, tidak jarang juga ada orang yang membanding-bandingkan kedua jenis material ini. Antara kayu dan baja ringan, manakah material yang paling baik? Namun selain pertanyaan tersebut, ada pula yang bertanya-tanya apakah material kayu dan baja ringan dapat dikombinasikan satu sama lain. Benarkah hal ini dapat dilakukan? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, sebelumnya Anda perlu mengenal terlebih dahulu mengenai kedua material tersebut.

ads

Kayu merupakan salah satu bahan konstruksi alami yang bisa diperoleh dengan menebang pohon. Jenis kayu konstruksi yang dapat digunakan terdiri dari beberapa macam. Namun Anda perlu menggunakan jenis kayu yang tidak dimakan rayap. Kayu merupakan salah satu bahan yang mudah untuk dibuat dalam berbagai macam bentuk. Tidak hanya sebagai material membangun rumah, namun juga dapat digunakan sebagai kusen, alat memasak, dekorasi , terdapat pula jenis kayu untuk furniture dan sebagainya. Maka dari itu, kayu merupakan salah satu material yang digadang-gadang oleh banyak orang.

Kayu memiliki kekuatan yang tinggi serta bobot yang ringan. Kayu juga memiliki daya penahan yang tinggi terhadap bahan kimia serta listrik. Maka dari itu, proses pengolahan kayu dapat dilakukan dengan mudah dan singkat. Karena merupakan material yang berasal dari alam, Anda tidak dapat menyamakan motif kayu tersebut. Sulit untuk menyamakan motif kayu yang akan digunakan, maka dari itu sebelum pemasangan Anda harus menentukan urutan pemasangan kayu agar terlihat lebih indah.

Lain halnya jika Anda berbicara tentang baja ringan. Baja ringan atau cold formed steel merupakan salah satu komponen struktur baja yang berasal dari lembaran atau pelat baja yang diperoleh dengan proses pekerjaan dingin. Profil baja ringan yang biasa Anda temukan di pasaran ini terbentuk dari pelat-pelat yang sudah jadi. Pelat-pelat tersebut kemudian diubah menjadi profil baja dalam temperature atmosfir.

Baja ringan merupakan salah satu material yang banyak digunakan saat ini. Material baja ringan dianggap dapat mengatasi masalah kelangkaan yang terjadi pada material kayu. Rangka atap baja ringan juga terkenal mendominasi dibandingan dengan pengaplikasian baja ringan lainnya. Kelangkaan kayu yang membuat harga jualnya semakin tinggi ini membuat peluang baja ringan menjadi semakin populer di pasaran. Tidak hanya dapat bertahan dalam jangka waktu pemakaian yang lama, salah satu kelebihan dari atap baja ringan adalah tidak akan terkena karat maupun rayap. Selain itu, atap baja ringan juga memiliki struktur yang bagus, kuat dan juga kaku.

Apakah Kombinasi Kayu dan Baja Ringan dapat dilakukan?

Apakah mengombinasi rangka kayu dengan rangka atap baja ringan mungkin untuk dilakukan? Karena baja ringan memiliki beberapa profil, maka terdapat keterbatasan dalam membentuk profil satu sama lain. Namun sebenarnya, terdapat pula aplikator baja ringan yang dapat membantu untuk memadukan keduanya. Hal ini biasa dilakukan untuk membuat variasi terhadap rangka atap baja ringan dengan rangka kayu. Penyatuan dua material ini dapat dikombinasikan pada bagian luar jurai serta overstek kayu.

Demikianlah beberapa penjabaran mengenai kombinasi kayu dan baja ringan yang wajib Anda ketahui dan pelajari. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Desain